Alat Laboratorium yang Terbuat dari Kayu

Meidi Yuwono

Berbicara mengenai alat laboratorium yang terbuat dari kayu memang tidak terlalu banyak tersedia di lab manapun. Peralatan laboratorium yang sering kita temukan kebanyakan terbuat dari kaca, porselen, dan besi.

Namun di laboratorium kita juga bisa menemukan beberapa peralatan laboratorium yang terbuat dari kayu loh. Kira-kira apa saja saja yah?

5 Daftar Alat Laboratorium yang Terbuat dari Kayu

1. Penjepit Tabung Reaksi

Penjepit Tabung Reaksi Kayu

Kamu yang banyak beraktivitas di laboratorium pasti sering menggunakan tabung reaksi bukan? Pada saat kamu melakukan pengujian dengan tabung reaksi menggunakan bahan kimia berbahaya, tentu kamu tidak boleh memegangnya dengan tangan kosong.

Melainkan kamu harus menggunakan alat laboratorium yang bernama penjepit tabung. Penjepit tabung reaksi juga kerap digunakan untuk pengujian yang menggunakan uji panas. Kamu juga bisa menggunakan penjepit tabung untuk mengambil sampel yang berada di oven laboratorium.   

2. Rak Tabung Reaksi

Rak Tabung Kayu

Sama halnya dengan penjepit tabung, rak tabung reaksi juga kerap kita temui di laboratorium. Fungsi rak tabung adalah sebagai tempat untuk meletakan tabung reaksi agar tertata rapih pada saat pengujian. Sehingga akan memudahkan praktikan dalam melakukan pengujian. 

Selain itu rak tabung reaksi juga bisa digunakan untuk mengeringkan tabung reaksi yang basah dengan cara membalikan posisi tabungnya. 

3. Rak Pipet

Gambar Rak Pipet

Hampir semua laboratorium memiliki rak penyimpanan untuk perawatan peralatannya, termasuk juga rak pipet. Beda halnya dengan rak tabung, rak pipet digunakan untuk menyimpan pipet laboratorium agar tidak mudah rusak.

Adanya rak pipet juga membantu praktikan saat preparasi alat laboratoium sebelum pengujian nantinya. Karena pipet akan mudah terlihat oleh praktikan dan laboran.

4. Stand Funnel

Gambar Stand Corong - Alat Laboratorium yang Terbuat dari Kayu

Stand funnel atau penyangga corong juga salah satu alat laboratorium kimia yang terbuat dari kayu. Fungsi alat ini yaitu sebagai penyangga corong kaca pada saat proses pemindahan larutan. Selain itu ada varian lain dari alat laboratorium ini, yaitu varian untuk menyangga corong pemisah.

5. Statif dan Klem Kayu

Gambar Statif dan Klem - Alat Laboratorium yang Terbuat dari Kayu

Statif dan klem yang terbuat dari kayu memang masih terdengar aneh di telinga kita. Pasalnya alat laboratorium ini biasanya terbuat dari bahan besi atau steel. Namun fakta di lapangan, ternyata ada statif dan klem yang terbuat dari kayu.

Fungsi dari statif dan klem ini juga sama seperti kembarannya, yaitu sebagai penyangga buret pada saat proses titrasi

Itulah beberapa alat laboratorium yang terbuat dari bahan kayu. Beberapa dari alat di atas tidak begitu familiar di telinga kita karena sebagian sudah tergantikan dengan bahan besi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar