Blogkimia – Alat laboratorium yang satu ini memiliki bentuk yang unik di laboratorium. Bentuknya kerucut dan terbuat dari bahan gelas. Ya, nama alat ini adalah corong gelas laboratorium.

Artikel kali ini kita akan belajar mengenai pengertian dan fungsi corong gelas di laboratorium. Berikut ini adalah penjelasannya:

Pengertian Corong Gelas

Gambar Corong Gelas

Gambar Corong Gelas

Corong gelas adalah peralatan gelas laboratorium yang berbentuk kerucut dan memiliki pipa silinder (batang corong) yang relatif panjang. Corong gelas biasanya memiliki beberapa ukuran diameter, mulai dari 50 mm hingga 120 mm.

Fungsi Corong Gelas

Fungsi Corong Laboratorium

Fungsi Corong Laboratorium

Banyak orang yang mengira jika kegunaan corong gelas hanya untuk memindahkan zat cair dari satu tempat ke tempat lainnya. Padahal tidak hanya itu saja, corong gelas ternyata memiliki beberapa fungsi di laboratorium.

Berikut ini adalah beberapa fungsi corong gelas di laboratorium:

  1. Alat untuk memindahkan : Apabila kalian sedan ingin memasukan cairan atau bahan kimia maka perlu menggunakan corong gelas. Hal ini penting untuk dilakukan agar bahan kimia tidak tumpah dan membahayakan diri kita.
  2. Sebagai alat bantu penyaringan : Apabila kalian ingin melakukan penyaringan, maka kalian dapat menempatkan kertas saring di atas permukaan corong gelas. Penyaringan ini biasanya dilakukan pada saat memisahkan endapan atau residu dengan sampel.

Cara Menggunakan Corong

Cara menggunakan corong gelas di laboratorium sangatlah mudah. Corong gelas hanya diletakan pada lubang wadah tempat sampelnya, seperti labu ukur, erlenmeyer ataupun gelas beaker.

Hal yang paling penting pastikan leher corong muat terhadap lubang dari tempat sampel yang ingin dijadikan wadah Setelah itu tuangkan sampel larutan ke area bibir corong dengan perlahan agar cairan sampel tidak meluap keluar.

Harga Corong Gelas

Corong gelas memiliki beberapa diameter di laboratorium. Diameter yang berbeda tentu akan menyebabkan perbedaan harga terahadap alat laboratorium ini.

Berikut ini adalah kisaran harga dari corong gelas laboratorium yang telah kami kutip dari marketplace online:

  • Corong gelas 50 mm memiliki kisaran harga Rp. 20.000 -> Beli Disini
  • Corong gelas 75 mm memiliki kisaran harga Rp. 25.000 -> Beli Disini
  • Corong gelas 100 mm memiliki kisaran harga Rp. 40.000 -> Beli Disini

Harga corong diatas merupakan harga kisaran yang kami temukan di beberapa toko online. Namun jika kalian tertarik, kalian bisa membelinya langsung pada tombol beli diatas.

Kesimpulan

Setelah membaca tulisan diatas kita bisa menarik kesimpulan jika corong gelas adalah satu alat laboratorium yang berfungsi untuk memindahkan larutan kimia dari satu tempat ke tempat lainnya. Corong juga bisa digunakan sebagai alat bantu penyaringan cairan kimia.

Itulah pengertian dan fungsi corong di laboratorium. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari referensi mengenai corong gelas dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.