Blogkimia – Berbicara mengenai alat-alat laboratorium kimia, banyak orang yang belum tahu bahwa terdapat alat laboratorium yang diklasifikasikan kedalam alat non gelas. Salah satunya yaitu rak tabung reaksi.

Rak tabung reaksi merupakan tempat atau wadah untuk menyimpan, mengeringkan, maupun meletakkan tabung reaksi. Dengan adanya alat ini, tabung reaksi bisa tertata dengan rapih dalam posisi berdiri. Rak tersebut dilengkapi sejumlah lubang dengan diameter tertentu yang digunakan untuk meletakkan tabung reaksi.

Apa sih Fungsi Rak Tabung Reaksi?

Gambar Rak Tabung Reaksi

Gambar Rak Tabung Reaksi

Sebagai salah satu alat laboratorium non gelas, ternyata rak tabung reaksi memiliki fungsi di dalam laboratorium. Ya, rak tabung reaksi berfungsi untuk meletakkan, mengeringkan, serta menyimpan tabung reaksi sehingga bisa tetap berdiri dan tertata rapih.

Selain itu, tabung reaksi dalam jumlah yang banyak juga bisa diletakkan di rak tersebut karena sudah dilengkapi sejumlah lubang sebagai tempat untuk menyimpannya.

Saat sedang menjalankan praktikum di laboratorium, Anda akan sangat terbantu dengan alat ini ketika harus menunggu pengujian reaksi kimia. Pasalnya, Anda tidak perlu terus-terusan memegang tabung reaksi dalam genggaman tangan Anda. Letakkan saja pada rak tabung reaksi selama menunggu proses reaksi kimia.

Jenis-Jenis Rak Tabung Reaksi

Banyak orang yang berfikir bahwa rak tabung reaksi terbuat dari kayu. Padahal, jenis rak tabung reaksi di laboratorium kimia sebenarnya beragam jenisnya. Jenis tersebut dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya. Ada yang terbuat dari kayu, plastik, maupun besi stainless steel.

Meskipun terbuat dari bahan yang berbeda, kegunaan dari rak tersebut tetap sama yaitu sebagai wadah untuk mengeringkan, meletakkan atau menyimpan tabung reaksi agar bisa tertata rapih dengan posisi berdiri.

Agar Anda tidak penasaran, berikut ini telah kami rangkum mengenai 3 jenis rak tabung rekasi kimia:

1. Rak Tabung Reaksi Kayu

Rak Tabung Kayu

Rak Tabung Kayu

Rak yang pertama yaitu rak tabung reaksi kayu. Sesuai dengan namanya, rak ini terbuat dari bahan dasar kayu. Kelebihan dari rak tabung kayu yaitu harganya lebih murah, lebih ringan, cara pembuatannya lebih mudah, serta tidak bereaksi dengan zat kimia saat pengujian.

Namun rak tabung yang berbahan kayu juga memiliki beberapa kelemahan, seperti mudah rusak, kurang kokoh dan mudah sekali berjamur.

2. Rak Tabung Reaksi Plastik

Rak Tabung Plastik

Rak Tabung Plastik

Jenis rak tabung yang kedua yaitu rak tabung reaksi plastik. Rak tabung ini berbahan dasar plastik, dengan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan rak tabung stainless.

Selain murah, rak jenis ini memiliki beberapa kelebihan, seperti mudah dibongkar pasang dan tidak mudah pecah. Namun ada kelemahan dari rak ini, yaitu kurang kokoh dan mudah bergeser ketika sedang praktikum.

3. Rak Tabung Reaksi Besi atau Stainless Steel

Rak Tabung Stainless Steel

Rak Tabung Stainless Steel

Jenis rak tabung yang ketiga yaitu rak tabung reaksi besi. Rak jenis terbuat dari bahan dasar besi atau stainless steel dan dibalut dengan krom agar tidak mudah berkarat.

Rak tabung jenis ini memiliki harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis rak yang pertama dan kedua. Namun rak jenis ini tentu memiliki banyak kelebihan, seperti lebih kokoh, tahan lama, serta bisa dicuci menggunakan air.

Kekurangan dari rak tabung berbahan besi yaitu lebih berat, harganya lebih mahal dan juga dapat bereaksi dengan bahan kimia.

Cara Menggunakan Rak Tabung Reaksi

Cara menggunakan rak tabung reaksi sangatlah mudah untuk dilakukakan. Anda hanya perlu meletakan rak ini di atas permukaan yang datar agar tidak mudah bergoyang. Selanjutnya letakan tabung reaksi ke dalam lubang rak yang tersedia.

Secara umum tabung reaksi terbuat dari kaca yang tahan terhdap panas dan tidak mudah untuk bereaksi dengan bahan kimia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tabung reaksi akan bereaksi dengan rak tabung.

Anda dapat menggunakan rak tabung ini sebagai temapt penyimpanan tabung reaksi biasa atau tabung reaksi yang ada penutupnya.

Harga Rak Tabung Reaksi

Harga rak tabung reaksi tentu bervariasi tergantung dari besar, jumlah lubang dan bahan dasar yang digunakan. Umumnya rak yang memiliki lubang lebih sedikit akan lebih murah, begitupun sebaliknya.

Berikut ini kami telah merangkum rentang harga dari rak tabung reaksi yang ada di marketplace. Silahkan Anda lihat pada tabel di bawah ini:

Tabel di atas adalah kisaran harga rak tabung reaksi yang ada di marketplace online. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkannya langsung dengan klik tombol beli yang sudah kami sediakan.

Kesimpulan

Setelah membaca tulisan di atas maka dapat ditarik kesimpulan jika penggunaan rak tabung di laboratorium adalah sebagai tempat/wadah untuk meletakan tabung reaksi. Tujuannya agar penelitian lebih efisien karena tidak harus memegang tabung reaksi satu persatu.

Saat ini terdapat 3 jenis tabung reaksi yang bisa ditemukan di laboratorium, yaitu tabung reaksi berbahan kayu, tabung reaksi berbahan kayu dan tabung reaksi berbahan besi. Harga dari rak tabung ini bervariasi tergantung dari bahan dan jumlah lubangnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi mengenai rak tabung reaksi dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.