Blogger kimia – Di laboratorium kimia,  beragam alat untuk keperluan pengujian laboratorium bisa Kita jumpai. Mulai dari alat yang berbahan kaca, logam, hingga alat laboratorium berbahan kayu. Selain rak tabung reaksi, ternyata masih ada alat laboratorium yang juga terbuat dari kayu, yaitu penjepit tabung reaksi.

Alat laboratorium ini merupakan alat yang digunakan untuk mengambil atau menggenggam tabung reaksi. Selain pemakaiannya yang digunakan bersamaan dengan tabung reaksi, penjepit ini  juga menjadi alat yang sangat membantu pengujian di laboratorium.

Bentuk dan Fungsi Penjepit Tabung Reaksi

Gambar Penjepit Tabung Reaksi

Gambar Penjepit Tabung Reaksi

Bagi kalian yang sering ke laboratorium kimia tentu sudah tahu bagaimana bentuk penjepit tabung ini. Nah, bagi kalian yang sama sekali belum mengetahui bagaimana bentuknya, tentu masih kebingungan terhadap wujud dan bentuknya.

Perlu kalian ketahui jika penjepit ini memiliki 2 jenis bahan dasar, yaitu kayu dan besi/logam. Bentuk umumnya seperti capit kepiting dan mampu menjepit tabung reaksi yang berdiameter sekitar 10 hingga 25 mm. Selain itu, alat laboratorium ini juga berfungsi untuk mengambil kertas saring maupun benda lainnya saat kondisi masih panas.

Cara Menggunakan Penjepit Tabung Reaksi

Penjepit tabung reaksi bentuknya memang terlihat sangat simpel, namun apabila belum pernah menggunakannya pasti kalian akan merasa kebingungan. Akan lebih fatal lagi apabila tabung reaksi terjatuh hanya karena kita salah menggunakan alat ini. Nah, pada kesempatan kali ini akan kami ulas secara singkat dan jelas mengenai cara menggunakan alat ini.

Caranya yaitu pada penjepit tabung reaksi, peganglah bagian ujung yang panjang. Kemudian tekan bagian penjepit dengan jari tengan dan telunjuk, selanjutnya arahkan bagian depan kearah tabung reaksi hingga tabung reaksi masuk kedalam penjepit. Lalu, lepaskan tekanan sehingga tabung reaksi bisa terjepit. Tentu sangat mudah kan cara menggunakannya!

Selain itu, agar alat tersebut bisa tetap awet, kita harus rajin merawatnya. Caranya bersihkan penjepit tabung reaksi menggunakan air setelah selesai digunakan. Jangan lupa untuk mengelap hingga kering. Agar tidak berjamur, simpanlah penjepit tabung reaksi di tempat yang tidak lembab.

Jenis Penjepit Tabung Reaksi

Penjepit tabung reaksi terbuat dari kayu dan logam besi, kedua bahan inilah yang sering ditemukan saat kita berada di laboratorium. Mengetahui semua jenis alat yang satu ini merupakan suatu keharusan bagi kalian yang ingin beraktivitas di laboratorium.

Berikut ini adalah jenis penjepit tabung reaksi yang perlu diketahui.

1. Penjepit Kayu

Penjepit Tabung Reaksi Kayu

Penjepit jenis ini terbuat dari bahan dasar kayu yang dikunci menggunkan kawat per untuk mencengkram tabung reaksi. Bentuk hampir kotak persegi panjang serta ringan. Selain itu penggunaan penjepit ini sangatlah mudah karena tabung akan di cengkram secara otomatis, sehingga tangan kita tidak akan merasakan kelelahan.

Penjepit tabung berbahan kayu memiliki kelebihan pada harga yang jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan penjepit tabung jenis logam. Namun penjepit ini sangat cepat sekali untuk rusak, terutama pada bagian kawat per nya.

2. Penjepit Logam

Penjepit Tabung Reaksi Logam

Penjepit jenis ini terbuat dari bahan dasar besi logam dengan lubang khusus untuk tabung reaksi. Selain itu ada banyak bentuk penjepit yang terbuat dari logam, namun secara fungsi tetaplah sama.

Penggunaan penjepit jenis ini tidak hanya digunakan untuk tabung rekasi saja. Melainkan bisa digunakan untuk mengambil sampel dengan suhu panas seperti cawan porselen yang sedang dipanasakan di oven ataupun furnace.

Penjepit berbahan dasar logam memiliki keawetan yang cukup lama jikka dibandingkan dengan penjepit jenis kayu karena lebih kokoh. Namun untuk penjepit jenis logam tentu memiliki harga yang lebih mahal.

Harga Penjepit Tabung Reaksi

Alat penjepit ini memiliki harga yang variatif, tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Biasanya harga penjepit kayu akan lebih murah apabila dibandingkan dengan penjepit logam.

Namun pada tulisan ini, kami akan melampirkan rincian harga yang ada di marketplace online. Kalian bisa melihatnya pada tabel di bawah ini:

Tabel diatas adalah rincian harga dari penjepit tabung reaksi. Kalian juga bisa membelinya langsung melalui tombol beli yang sudah kami sediakan.

Kesimpulan

Setelah membaca tulisan diatas maka bisa ditarik kesimpulan bahwa penjepit tabung reaksi merupakan alat laboratorium yang digunakan untuk menjepit tabung reaksi pada saat pengujian. Selain itu alat ini juga bisa digunakan untuk mengambil beberapa bahan dan alat laboratorium lainnya.

Terdapat 2 jenis penjepit yang ada di laboratorium, yaitu penjepit tabung berbahan dasar kayu dan penjepit tabung berbahan dasar logam. Masing-masing kedua alat ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari referensi mengenai penjepit tabung reaksi dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.