Blogkimia –  Pernahkah kalian mendengar dan melihat tabung reaksi laboratorium? Tabung reaksi merupakan bagian penting dari peralatan laboratorium. Alat ini juga memiliki kegunaan dan fungsi yang cukup beragam.

Pada tulisan kali ini kita akan belajar mengenai tabung reaksi dan fungsinya sebagai alat laboratorium.

Apa itu Tabung Reaksi?

Gambar Tabung Reaksi

Gambar Tabung Reaksi

Tabung reaksi adalah alat laboratorium yang digunakan sebagai wadah untuk menampung cairan dalam jumlah sedikit pada saat melakukan eksperimen di laboratorium. Tabung reaksi sendiri diklasifikasikan sebagai alat gelas laboratorium.

Tabung reaksi memiliki bentuk silinder dan memanjang. Panjang dari tabung ini berkisar antara 50 mm hingga 250 mm dan lebarnya berkisar anatara 13 mm hingga 20 mm.

Tabung reaksi biasanya terbuat dari kaca dan plastik, namun yang sering kita lihat di laboratorium kimia biasanya adalah tabung reaksi kaca. Hal ini wajar karena di laboratorium kimia biasanya tabung reaksi digunakan untuk proses pemanasan, sehingga sering dikenal sebagai tabung didih.

Fungsi Tabung Reaksi Laboratorium

Fungsi Tabung Reaksi

Fungsi Tabung Reaksi

Banyak yang bertanya-tanya mengenai fungsi tabung rekasi di laboratorium? Tabung reaksi berfungsi untuk mempermudah perkerjaan saat pengujian laboratorium. Biasanya tabung ini diletakan pada rak tabung reaksi dengan berbagai ukuran.

Adapun fungsi dari tabung reaksi laboratorium secara rinci sebagai berikut:

  • Sebagai wadah untuk menampung cairan dari reaksi kimia dalam skala medium.
  • Sebagai wadah untuk perkembangbiakan mikroorganisme, mikroba, bakteri dalam media cair pada praktikum mikrobiologi.
  • Sebagai tempat untuk mencampur, menampung dan memasakan bahan kimia pada saat analisa, baik itu kuantitatif maupun kualitatif.

Untuk mempermudah pengujian laboratorium maka dalam penggunaan tabung reaksi harus ada rak tabung dan penjepit tabung reaksi. Terlebih lagi pada pengujian yang menggunakan panas api, tentu alat diatas akan sangat membantu.

Harga Tabung Reaksi Laboratorium

Sama seperti peralatan laboratorium lainnya, ukuran tabung reaksi kimia cukup beragam. Ukuran yang berbeda tentu akan menyebabkan harga dari alat gelas ini berbeda juga. Berikut ini merupakan rincian harga dari tabung reaksi laboratorium:

  • Tabung Reaksi 5 mL memiliki harga Rp. 6.800 – Beli Disini
  • Tabung Reaksi 10 mL memiliki harga Rp. 12.000 – Beli Disini
  • Tabung Reaksi 15 mL memiliki harga Rp. 12.900 – Beli Disini
  • Tabung Reaksi 25 mL memiliki harga Rp. 16.000 – Beli Disini
  • Tabung Reaksi 50 mL memiliki harga Rp. 76.000 – Beli Disini

Harga diatas merupakan harga kisaran yang kami temukan di beberapa toko online. Kalian bisa jadikan harga diatas sebagai referensi pada saat ingin membeli tabung reaksi laboratorium ini.

Kesimpulan

Dari tulisan diatas maka dapat ditarik kesimpulan jika tabung reaksi merupakan salah satu peralatan gelas laboratorium. Tabung reaksi memiliki fungsi sebagai wadah atau tempat yang digunakan pada pengujian kuantitatif maupun kualitatif. Alat gelas ini juga dapat dijadikan sebagai tempat perkembangbiakan mikroorganisme di laboratorium mikrobiologi

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari referensi mengenai tabung reaksi laboratorium dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.