Minggu lalu kita sudah belajar mengenai cawan krusibel, dan sekarang kita akan belajar alat laboratorium yang sejenis yaitu cawan porselin. Seperti yang kita tahu jika laboratorium memiliki banyak sekali peralatan di dalamnya.

Oleh karena itu, apabila kita ingin melakukan penelitian di laboratorium kita harus mengenal dan paham cara penggunaan dari alat tersebut. Berikut ini sudah kami rangkum ulasannya untuk kita semua:

Apa Itu Cawan Porselin?

Gambar Cawan Poselin Laboratorium

Gambar Cawan Poselin Laboratorium

Cawan porselin (evaporating dish) adalah alat laboratorium yang terbuat dari porselin, yaitu bahan perlatan laboratorium yang tahan terhadap panas. Jika kita perhatikan alat ini memiliki bahan yang sama seperti krusibel, namun bentuk dan kegunaan cawan porselin sedikit berbeda dengan krusibel. Cawan porselin biasanya digunakan  untuk menguapkan pelarut yang ada dalam sampel.

Cawan porselen memiliki bentuk setengah bola yang mirip dengan mangkok kecil. bentuk inilah yang memudahkan proses evaporasi atau penguapan lebih mudah karena luas permukaannya yang lebar.

Fungsi Cawan Porselin

Seperti yang kita sebutkan diatas jika bahan dari cawan ini dapat menahan suhu yang sangat panas dan tidak akan mengalami keretakan. Sehingga cawan porselin berfungsi sebagai alat yang digunakan pada proses penguapan pelarut.

Penguapan pelarut adalah proses kimia yang menghilangkan bagian solusi bahan yang mudah menguap. Proses ini akan menghasilkan pelarut yang memiliki kandungan zat terlarut yang lebih tinggi, dengan kata lain menguapkan pelarut akan menghasilkan larutan yang lebih pekat.

[alert-announce]Menurut wikipedia, cawan porselain dapat diartikan sebagai cawan penguap. Alat laboratorium ni digunakan sebagai wadah atau tempat penguapan dari bahan yang tidak mudah menguap seperti garam dan gula. Selain digunakan untuk penguapan bahan kimia, cawan porselin juga dapat digunakan sebagai tempat pemisahan campuran atau rekristalisasi.[/alert-announce]

Selain itu, cawan porselain juga memiliki fungsi yang lainnya. Seperti untuk wadah sampel pada proses pengeringan atau penutup gelas beakar untuk mencegah terjadinya kondensai.

Proses Evaporasi Menggunakan Cawan Porselin

Beberapa aspek perlu diperhatikan pada saat proses evaporasi menggunakan alat ini. Agar kalain lebih paham berikut ini cara menggunakan cawan porselin pada proses evaporasi:

Proses Evaporasi Menggunakan Cawan Porselin

Proses Evaporasi

  • Siapkan beberapa peralatan evaporasi, diantaranya cawan porselin, kaki tiga, kawat kasa dan pembakar bunsen atau pembakar spiritus.
  • Lakukan penataan semua alat evaporasi sesuai dengan gambar diatas.
  • Nyalakan api untuk menguapkan solusi dari pelarut yang ada pada cawan porselin.
  • Proses ini akan menghasilkan pelarut yang lebih pekat.
  • Selesai.

Selain digunakan untuk proses penguapan, alat ini juga dapat digunakan untuk proses pengeringan sampel kimia. Proses pengeringan ini dapat dilakukan dengan bantuan alat yang disebut sebagai desikator. Silika yang ada pada desikator akan mengikat kadar air yang ada di dalam bahan kimia dengan sangat cepat.

Harga Cawan Porselin

Ukuran cawan porselin yang beraneka ragam membuat harga dari alat ini memiliki perbedaan. Biasanya harga akan sedikit mahal jika ukuran dari alat ini semakin besar.

Sebagai bahan referensi untuk kalian, berikut kami sertakan informasi kisaran harga cawan porselain yang kami dapatkan di toko online:

  • Cawan porselain 35 mL memiliki harga Rp. 9.600 -> Beli Disini
  • Cawan porselain 50 mL memiliki harga Rp. 14.000 -> Beli Disini
  • Cawan porselain 75 mL memiliki harga Rp. 16.000 -> Beli Disini
  • Cawan porselain 100 mL memiliki harga Rp. 25.000 -> Beli Disini
  • Cawan porselain 150 mL memiliki harga Rp. 22.500 -> Beli Disini
  • Cawan porselain 250 mL memiliki harga Rp. 33.000 -> Beli Disini
  • Cawan porselain 300 mL memiliki harga Rp. 40.000 -> Beli Disini
  • Cawan porselain 400 mL memiliki harga Rp. 42.000 -> Beli Disini
  • Cawan porselain 500 mL memiliki harga Rp. 14.000 -> Beli Disini

Daftar diatas merupakan rincian harga yang kami temukan di beberapa toko online. Kalian juga bisa membelinya langsung melalui link yang sudah kami sediakan.

Kesimpulan

Dari tulisan diatas kita dapat menarik kesimpulan bersama, yaitu sebagai berkut:

  • Cawan porselain adalah alat laboratorium yang terbuat dari bahan porselain dan tahan terhadapa panas.
  • Karena tahan terhadap panas cawan, fungsi cawan poselain di laboratorium cukup beragam. Alat ini dapat digunakan pada proses evaporasi atau penguapan, rekristalisasi, sebagai wadah pengeringan dan pencegah kondensasi.

Demikain artikel tentang cawan porselin dan fungsinya sebagai alat laboratorium. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.