Cawan krusibel merupakan sebuah alat laboratorium yang mirip dengan gelas kecil namun terbuat dari bahan porselen. Alat ini biasa digunakan pada proses pemanasan dan peleburan sampel pada suhu yang sangat tinggi.

Pada artikel ini kita akan belajar mengenai krusibel dan fungsinya di laboratorium. Langsung saja:

Pengertian Krusibel?

Gambar Krusibel

Gambar Krusibel Laboratorium

Krusibel adalah alat laboratorium berbentuk cawan dan hampir mnyerupai gelas kecil. Krusibel terbuat dari tanah liat dan mampu menahan panas hingga 3000ºC. Alat ini memiliki penutup dibagian atasnya sesuai dengan ukuran wadahnya.

Macam-macam ukuran krusibel bisa kita temukan di laboratorium, namun dengan ukuran diameter yang tergolong kecil. Di laboratorium, krusibel juga dikenal dengan sebutan cawan lebur atau cawan tanur.  Alat laboratorium ini adalah salah satu alat pengujian yang sering ditemukan pada saat di laboratorium, baik itu laboratorium Sekolah atau laboratorium Universitas.

Apa Saja Fungsi Krusibel?

Seperti yang sudah kalian baca di atas jika alat ini mampu menahan suhu panas hingga 3000ºC. Tentu suhu yang ekstream itu memiliki peranan dalam pengggunaan cawan ini. Krusibel berfungsi sebagai tempat atau wadah sampel pada saat pengujian yang menggunakan proses pembakaran, baik itu hanya menguapakan cairan ataupun pengabuan sampel.

Apabila kita melakukan penguapan maka bisa dilakukan di dalam oven laboratorium dan jika itu pengabuan sampel maka bisa dilakukan di furnace laboratorium.

Krusibel juga tidak hanya digunakan pada proses pemanasan saja. Melainkan dapat digunakan sebagai tempat penumbukan obat dalam laboratorium farmasi.

Cara Menggunakan Krusibel

Fungsi Krusibel Alat Laboratorium

Fungsi Cawan Krusibel di Laboratorium

Sebenaarnya menggunakan cawan krusibel sangatlah mudah. Kita hanya perlu memasukan sampel kedalam alat ini. Selanjutnya kalian bisa memindahkannya kedalam alat pemanas, baik itu oven ataupun furnace.

Hal yang perlu kalian perhatikan adalah jangan pernah memindahkan krusibel kedalam oven dan furnace menggunakan tangan kosong. Sebaiknya gunakan tang penjepit logam yang panjang agar tangan kita tidak ikut terbakar pada saat memasukannya kedalam oven dan furnace.

Harga Cawan Krusibel

Cawan krusibel memiliki harga yang beraneka ragam tergantung dari ukuran diameternya. Biasanya semakin besar diameter alat ini maka harganya akan sedikit lebih mahal. Berikut ini adalah harga cawan krusibel yang kami temukan di pasaran:

Daftar di atas adalah perkiraan harga dari cawan krusibel yang kami temukan di beberapa toko online. Kalian bisa menjadikan harga diatas sebagai referensi atau beli langsung di link sudah kami sediakan di atas.

Kesimpulan

Dari tulisan yang sudah kita baca diatas maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  • Cawan krusibel adalah alat laboratorium yang terbuat dari porselain dan tahan terhadap suhu ekstream hingga 3000ºC.
  • Fungsi krusibel adalah sebagai tempat ata wadah sampel yang digunakan pada proses pemanasan, baik itu ketika menggunakan oven ataupun furnace. Cawan krusibel juga dapat digunakan sebagai tempat penumbukan obat pada laboratorium farmasi.

Demikian artikel tentang cawan krusibel dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.