kawat kasa kimia adalah alat pendamping dalam pengujian di  laboratorium. Kawat kasa laboratorium digunakan bersamaan dengan pembakar spiritus atau bunsen dan penyangga kaki tiga. Ketiga alat ini merupakan komponen ya ng tidak dapat dipisahkan begitu saja dalam proses pemanasan di laboratorium.

Apa itu Kawat Kasa Laboratorium?

Gambar Kawat Kasa

Gambar Kawat Kasa Laboratorium

Sesuai namanya kawat kasa terbuat dari selembaran kawat tipis yang teridiri dari beberapa susunan, yaitu rangkaian kawat dengan keramik dibagian tengahnya. keramik ini berguna sebagai penyuplai panas agar lebih merata ke semua sisi ketika melakukan pemanasan.

Harga kawat kasa bisa kamu lihat pada link berikut ini: Katalog Harga

Fungsi Kawat Kasa Laboratorium

Fungsi Kawat Kasa

Fungsi Kawat Kasa

Di dalam laboratorium kawat kasa memiliki peran dalam proses pemananasan sampel pengujian. Fungsi kawat kasa dalam laboratorium adalah sebagai tempat meletakan wadah sampel seperti gelas beaker ataupun erlenmeyer. Namun wadah lain juga dapat digunakan sebagai alternatif lain.

Ada 2 hal yang dapat dilakukan ketika menggunakan alat ini, yaitu pada proses pemanasan dan penguapan. Berikut adalah penjelasannya:

Pemanasan Larutan

Meskipun saat ini proses pemanasan sudah mengunakan alat yang lebih modern yaitu hotplate, nyatanya pemanasan sampel secara konvensional masih sering digunakan. Hal ini karena tidak semua laboratorium memiliki hotplate dengan jumlah yang banyak.

Proses pemananasan secara konvensional ini bisa dilakuka dengan meletakan kawat kasa diatas kaki tiga. Kemudian pemanasan bisa dilakukan dengan bantuan bunsen ataupun pembakar spiritus.

Penguapan Larutan

Selain digunakan untuk proses pemanasan, nyatanya kawat juga juga dapat digunakan untuk penguapan. Biasanya dalam proses penguapan ini akan digunakan cawan sebagai wadahnya.

Proses penguapan secara konvensional ini sering digunakan dalam proses pemurnian garam dan rekristalisasi. Cara menggunakan kawat kasa dalam penguapan ini juga hampir sama dengan proses pemanasan.

Kesimpulan

Setelah Mebaca artikel singkat di atas bisa ditarik kesimpulan jika:

  • Kawat Kasa adalah alat laboratorium yang terbuat dari bahan kawat dan keramik.
  • Fungsi kawat kasa adalah untuk penyangga dalam proses pemanasan dan penguapan secara konvensional.

Demikian artikel singkat mengenai kawat kasa laboratorium. Alat ini memamng memiliki peranan dan fungsi yang sederhana namun sangat membantu sekali dalam pengujian. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai alat-alat laboratorium.