Desikator dan Fungsinya
Desikator dan Fungsinya

Kemarin kita sudah membahas beberapa peralatan gelas di laboratorium. Sekarang kita akan membahas alat laboratorium yang tidak kalah familiar, yaitu desikator laboratorium.

Pokok bahasan yang akan kita bahas pada artikel ini meliputi, pengertian desikator, fungsi desikator, cara menggunakan desikator dan harga desikator laboratorium. Berikut ini ulasannya:

Pengertian Desikator

Gambar Desikator
Gambar Desikator

Desikator adalah salah satu alat laboratorium yang terbuat dari kaca ataupun gelas. Desikator biasanya memiliki bentuk yang hampir mirip dengan toples makanan di rumah kita.

Alat ini tersusun dari wadah, penutup dan silica gel. Bagian tutup desikator biasanya terdapat rongga lubang yang sangat berguna dalam pengeringan sampel di dalamnya.

Fungsi Desikator

Fungsi Desikator
Fungsi Desikator

Desikator berfunsi untuk menghilangkan kadar air dalam suatu sampel uji. Alat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan kristal dalam sampel pengujian.

Desikator sering digunakan dalam analisa pengujian kadar air dengan bantuan silika gel di dalamnya. Silika gel ini berfungsi sebagai zat penguap yang dapat mengikat air yang ada dalam sampel.

Prinsip Kerja Desikator

Prinsip atau cara kerja desikator adalah mengikat kadar air yang ada pada sampel. Silika gel akan mengikat H2O sebelum akhirnya sampel benar-benar hilang kadar airnya.

Sampel uji yang dimasukan ke dalam desikator dan memiliki kelembaban karena air akan di ikat oleh silika gel yang berada di dalamnya. Silika gel kemudian akan mengalami perubahan warna yang menandakan bahwa air sudah terikat.

Apabila silika sudah berubah warna sebaiknya keringan silikia di dalam oven dengan suhu 105 derajat celsius atau ganti dengan silika yang baru jika perlu.

Macam Macam Desikator

Sama seperti alat laboratorium lainnya, ternyata terdapat 2 jenis desikator yang berbeda, yaitu:

  1. Desikator Biasa : Desikator biasa merupakan desikator yang hanya terdiri dari wadah, penutup dan silika gel saja.
  2. Desikator Vacum : Berbeda dengan desikator biasa, desikator vacum terdiri disusun dengan tambahan alat vacum. Vacum pada desikator ini berguna untuk menghisap semua kadar air yang ada pada sampel.

Harga Desikator Laboratorium

Seperti yang sudah kami singgung pada tulisan di atas, bahwa terdapat 2 jenis desikator yang sering ada di laboratorium. Tentu saja kedua jenis desikator ini memiliki perbedaan harga.

Umumnya desikator vacum akan sedikit lebih mahal jika daripada desikator biasa. Berikut ini adalah perkiraan harga desikator yang ada di pasaran:

  • Harga desikator biasa 15 cm memiliki harga Rp. 425.000
  • Harga desikator vacum 15 cm memiliki harga Rp. 750.000

Kesimpulan

Setelah membaca tulisan di atas maka ada beberapa poin yang bisa kita jadikan kesimpulan terhadap desikator ini, yaitu:

  • Desikator adalah wadah yang terbuat dari gelas dan kedap terhadap udara di dalamnya.
  • Desikator adalah alat laboratorium yang berfungsi untuk mengeringkan sampel uji dengan bantuan silika gel.
  • Silika gel pada desikator berfungsi untuk mengikat kadar air yang ada dalam sampel.

Itulah pengertian dan fungsi desikator laboratorium. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari referensi mengenai desikator dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.

Avatar

Meidi Y

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia yang Sedang Melanjutkan Kuliah S1 Teknologi Hasil Pertanian di Kota Pendidikan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar