Blogger kimia – Saat melakukan praktikum di laboratorium, seringkali Kita membutuhkan peralatan yang dapat menunjang pengujian agar lebih mudah. Salah satu alat yang dapat memudahkan kita untuk pengujian adalah kaki tiga laboratorium.

Nah, oleh karena itu pada tulisan kali ini mari kita mengenal lebih dekat mengenai alat kecil yang satu ini di laboratorium.

Apa Itu Kaki Tiga?

Gambar kaki Tiga Laboratorium

Gambar kaki Tiga Laboratorium

Kaki tiga didefinisikan sebagai suatu alat yang memiliki fungsi untuk menyangga pembakar spiritus. Alat ini biasa digunakan pada saat pemanasan sebagai alternatif apabila tidak ada hotplate di laboratorium.

Umumnya kaki tiga memiliki diameter lingkar 80 mm dan dilengkapi dengan 3 kaki yang panjangnya 8 cm. Ketiga kakinya biasanya memiliki diameter yang lebih besar dari diameter lingkar atas agar dapat menahan beban dengan sempurna saat pengujian di laboratorium.

Kaki tiga masuk sebagai salah alat laboratorium non gelas karena bahan kaki tiga laboratorium adalah besi murni. Kaki tiga memiliki peranan penting guna menahan berat bejana atau gelas ukur saat menjalankan percobaan reaksi kimia.

Fungsi Kaki Tiga Laboratorium

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai fungsi kaki tiga laboratorium. Sesuai namanya, kaki tiga berfungsi untuk menyangga ring pada saat proses pemanasan. Biasanya untuk menyangga sampel uji, kaki tiga membutuhkan kawat kasa sebagai penopangnya yang diletakan diatas ring.

Sesuai namanya kaki tiga memiliki tiga kaki yang sama simetrisnya. Ketiga kaki inilah yang mampu menjaga keseimbangan untuk bisa menahan beban yang mempunyai volume tertentu.

Selain itu kaki tiga mempunyai fungsi sebagai alat yang digunakan untuk meletakkan pembakar spiritus di bawahnya. Fungsi ini sama persis dengan hotplate yaitu pemanasan sampel yang dilakukan di laboratorium.

Namun perlu diperhatikan jika pemanasan menggunakan kaki tiga memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan hotplate, yaitu pada suhu pemanasan yang tidak dapat diatur sesuai kebutuhan kita. Alias tidak bisa konstan suhu panasnya.

Cara Menggunakan Kaki Tiga Laboratorium

Cara Menngunakan Kaki Tiga

Cara Menngunakan Kaki Tiga

Cara menggunakan kaki tiga sangatlah mudah. Pertama letakkan kaki tiga ditempat yang rata serta tidak menghantarkan api. Letakkan saja alat tersebut diatas lantai atau ubin, jangan meletakkan diatas kayu maupun meja besi ya karena bisa menyebabkan kebakaran akibat gesekan api dengan konduktornya.

Selanjutnya, tambahkan kawat kassa di lingkarannya agar bisa menyangga gelas ukur maupun gelas beaker saat dipanaskan. Gunakan pemanas spiritus atau pemanas bunsen pada saat melakukan pengujian yang membutuhkan proses pembakaran.

Ingat ya! Penggunaan alat pembakar yang asal-asalan atau tidak sesuai bisa sangat berbahaya karena gelas bisa hangus dan pecah hingga membuat isinya tumpah.

Harga Kaki Tiga Laboratorium

kaki tiga laboratorium bisa di dapatkan dengan kisaran harga antara 65 ribu – 100 ribu-an. Anda bisa mencarinya di toko online atau offline kepercayaan Anda, atau bisa klik Disini!

Kesimpulan

Setelah membaca tulisan diatas maka bisa disimpulkan jika kaki tiga merupakan peralatan laboratorium yang berfungsi sebagai penyangga peralatan kimia lainnya, seperti gelas beaker dan erlenmeyer pada proses pemanasan.

Kaki tiga terbuat dari bahan besi sehingga cukup kokoh untuk menyangga sampel yang berat. Dalam proses pemasanan biasanya alat ini di bantu dengan kawat kasa sebagai alas tempat penyangga.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi mengenai kaki tiga laboratorium dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.