Peraturan Laboratorium yang Perlu Dipatuhi

Laboratorium adalah tempat pengujian eksperimen yang memiliki aturan dalam operasi kegiatannya. Banyak peraturan laboratorium yang perlu kamu patuhi demi keselamatan kerja di laboratorium. Salah satu peraturan laboratorium adalah memakai APD yang safety.

APD atau alat perlindungan diri merupakan cara pengamanan terhadap kemungkinan kecelakaan kerja. Semua kegiatan di di laboratorium wajib untuk mengikuti aturan keselamatan kerja di laboratorium.

Nah lalu apa saja aturan tersebut? Apakah peraturan di laboratorium akan sama atau berbeda pada semua laboratorium? Untuk menjawab hal itu, Blog Kimia sudah merangkumnya pada artikel ini.

5 Peraturan Laboratorium yang Perlu Kamu Patuhi

Semua laboratorium biasanya akan menerapkan peraturan lab yang hampir sama pada masing-masing lab-nya. Tujuan diterapkan aturan kerja di laboratorium adalah demi terciptanya keselamatan kerja dan kesehatan kerja.

Berikut merupakan 5 aturan keselamatan kerja di laboratorium yang perlu kamu ketahui:

1. Menggunakan Alat Perlindungan Diri

Alat perlindungan diri atau APD akan meminimalkan kecelakaan kerja yang mungkin akan terjadi pada saat bekerja. Banyak bahan -bahan kimia berbahaya di Laboratorium dan bisa mengancam kesehatan dan keselamatan penggunanya.

Oleh karena itu kamu harus menggunakan APD yang lengkap. Berikut adalah alat perlindungan diri yang harus kamu gunakan pada saat di laboratorium:

Semua APD di atas adalah bentuk perlindungan umum yang harus kamu gunakan pada saat melakukan kegiatan di laboratorium. Namun terkadang peraturan penggunaan APD tambahan juga diperlukan, tergantung dari laboratorium itu sendiri.

2. Tidak Boleh Makan dan Minum di Laboratorium

Seperti yang kita ketahui jika laboratorium adalah tempat eksperimen yang menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu tingkat kontaminasi terhadap makanan dan minuman sangatlah tinggi.

Apalagi jika kamu sedang melakukan kegiatan eksperimen di laboratorium mikrobiologi. Biasanya lab mikro sering melakukan pengujian terhadap bakteri dan mikroorganisme. Beberapa bakteri dapat dengan mudah menempel pada tangan dan benda sekitar. Sehingga dapat mengakibatkan gangguan saluran pencernaan seperti diare dan sakit perut.

Nah, apabila ingin makan dan minum sebaiknya kamu lakukan di luar laboratorium yah. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

3. Menjaga Kebersihan Laboratorium

Laboratorium yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman pada saat melakukan pengujian. Salah satu cara agar laboratorium tetap bersih yaitu dengan mencuci peralatan laboratorium yang telah digunakan.

Praktikan juga harus memperhatikan kebersihan meja laboratorium dari tumpahan bahan kimia. Dengan begitu meja laboratorium akan terlihat bersih dan nyaman.

4. Mengambil Bahan Kimia Sesuai Tempatnya

Bahan kimia adalah komponen yang digunakan pada saat melakukan pengujian di laboratorium. Bahan kimia tersimpan di lemari penyimpanan dan sudah tertata rapih berdasarkan kelompoknya.

Praktikan wajib untuk mengambil bahan kimia sesuai dengan sifat bahan kimia yang akan digunakan. Apabila bahan kimia bersifat asam kuat dan basa kuat maka pengambilan dilakukan di lemari asam.

Nah, apabila ingin menuangkan larutan ke dalam buret sebaiknya dilakukan di bawah lantai agar sejajar dengan mata. Intinya lakukan pengambilan bahan kimia sesuai dengan prosedur laboratoium.

5. Mematuhi Peraturan Laboratorium Sesuai SOP

Setiap laboratorium pasti memiliki SOP yang dapat membantu kelancaran kegiatannya. SOP adalah singkatan dari standart operating sistem. SOP ini memiliki tujuan agar semua kegiatan di laboratorium berjalan dengan lancar.

Kegiatan dari mulai masuk ke laboratorium, melakukan kegiatan eksperimen hingga selesai kegiatan sudah diatur dalam SOP yang berlaku. Jadi kamu harus mematuhi SOP tersebut.

Itulah 5 peraturan di laboratorium yang perlu kamu ketahui. Sebagai praktikan tentu kamu harus mematuh segala aturan yang ada di laboratorium bukan? Sekian artikel ini Saya buat, semoga dapat bermanfaat.

Avatar

Meidi Y

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia yang Sedang Melanjutkan Kuliah S1 Teknologi Hasil Pertanian di Kota Pendidikan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar