Ilmu Pengetahuan
Home » Blog » Fungsi Jas Laboratorium untuk Keselamatan Kerja

Fungsi Jas Laboratorium untuk Keselamatan Kerja

Saat kamu sedang melakukan penelitian di laboratorium pasti akan membutuhkan APD yang lengkap, misalnya seperti jas laboratorium. Lalu apa sebenarnya fungsi dari jas laboratorium tersebut? Apakah sangat penting untuk kita gunakan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak ulasan Blog Kimia agar kamu lebih tau lebih banyak mengenai Alat Perlindungan Diri (APD) yang satu ini!

Apa itu Jas Laboratorium?

Gambar Jas Laboratorium
Gambar Jas Laboratorium

Jas laboratorium merupakan salah satu APD yang harus dipakai saat kamu sedang masuk ke area laboratorium. Alat ini sama pentingnya dengan APD yang lain seperti sepatu safety, masker, sarung tangan, helm serta kaca mata safety.

Biasanya standar jas laboratorium akan disesuaikan bahannya, tergantung dari bidang laboratorium itu sendiri. Namun bahan kain jas laboratorium lebih sering digunakan di laboratorium pengujian seperti kimia, fisika, farmasi dan kesehatan.

Terdapat 2 jenis jas laboratorium yang bisa kamu temukan, yaitu jas laboratorium sekali pakai dan jas laboratorium berkali-kali pakai. Jas laboratorium sekali pakai biasa digunakan di laboratorium biologi dan hewan, sedangkan jas laboratorium berkali-kali pakai digunakan di laboratorium kimia, fisika, farmasi, dan kesehatan.

Fungsi Jas Laboratorium

Fungsi Jas Laboratorium

Apa fungsi jas laboratorium? dan mengapa kita perlu memakai jas laboratorium saat bekerja di laboratorium?

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas jika jas laboratorium merupakan salah satu alat perlindungan diri (APD). Artinya fungsi jas laboratorium adalah untuk melindungi penelti atau praktikan dari kemungkinan kecelakaaan kerja, misalnya terkena percikan larutan atau bahan kimia berbahaya.

Berikut ini merupakan poin-poin dari kegunaan jas laboratorium sebagai alat perlindungan diri saat bekerja di laboratorium:

  • Melindungi dari cairan dan bahan kimia berbahaya
  • Melindungi tubuh dari pecahan alat gelas jika ada kecelakaan kerja
  • Mencegah masalah kontaminasi
  • Menghindari noda di pakaian
  • Menjaga profesionalisme sebagai peneliti

Perlu kamu ketahui pemakaian jas laboratorium haruslah benar sesuai dengan SOP laboratorium. Cara menggunakan jas laboratorium yang benar adalah dengan mengkancingkan semua kancing jas laboratorium. Jangan pernah membuka kancing laboratorium saat berhadapan dengan bahan-bahan kimia, karena bagian depan tubuh tidak akan terlindungi nantinya.

Itulah fungsi dan alasan mengapa kita perlu menggunakan jas laboratorium saat bekerja di laboratorium. Sekaran tidak ada alasan lagi buat kamu untuk tidak menggunakan jas laboratorium yah. Utamakan keselamatan kerja saat kamu sedang berada di laboratorium dengan menggunakan APD yang lengkap.

Meidi Yuwono

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia dan S1 Teknologi Hasil Pertanian yang memiliki minat menulis artikel bertema edukasi & pendidikan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.