Beberapa peralatan laboratorium memiliki wujud yang hampir sama dengan alat laboratorium lainnya. Contohnya seperti mortar dan alu yang sekilas hampir mirip dengan cawan porselen ataupun krusibel laboratorium.

Walaupun terlihat mirip tentu mortar dan alu memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda dari alat-alat tersebut. Nah agar kalian tidak salah dalam penggunaannya, berikut kami ulas kegunaan mortar dan alu beserta cara penggunaannya.

Pengertian Mortar dan Alu

Gambar Mortar dan Alu

Gambar Mortar dan Alu

Mortar dan alu adalah alat laboratorium yang bentuknya sangat mirip seperti lumpang. Mortar dan alu terbuat dari bahan porselin atau keramik yang membuatnya terlihat mirip dengan cawan porselin ataupun krusibel.

Mortar dan alu adalah sepasang alat laboratorium yang penggunaanya tidak dapat dipisahkan berdasarkan fungsinya.

Kegunaan Mortar dan Alu

Fungsi mortar dan alu adalah untuk menghaluskan sampel pengujian yang ada di laboratorium. Alat ini juga dapat digunakan untuk mencampurkan beberapa bahan menjadi satu dengan cara ditumbuk secara bersamaan.

Dalam laboratorium biologi mortar dan alu digunakan untuk menghancurkan dan menghaluskan bahan pengujian seperti DNA, RNA, Biji, daun, akar dan protein. Sementara di laboratorium farmasi lebih sering digunakan untuk menghaluskan obat-obatan berjenis tablet.

Cara Menggunakan Mortar dan Alu

Cara Menggunakan Mortar dan Alu

Cara Menggunakan Mortar & Alu

 Berikut adalah cara menggunakan mortar dan alu di laboratorium:

  • Pastikan mortar dan alu dalam keadaan bersih tanpa ada kontaminasi dari sisa-sisa bahan sebelumnya. Jika kotor maka bisa dibersihkan dengan menggunakan akuades dan tisu kering.
  • Masukan sampel kedalam mortar dan tumbuk dengan perlahan menggunakan alu.
  • Jika sampel sudah halus maka bisa digunakan untuk analisa pengujian selanjutnya.
  • Selesai.

Mudah sekali bukan? Jangan lupa untuk membersihkannya agar peralatan laboratorium selalu terjaga kebersihannya yah. Mengingat harga peralatan laboratorium yang lumayan mahal maka tidak ada salahnya merawatnya dengan sepenuh hati agar awet dan tahan lama.

Harga mortar dan alu sendiri juga sebenarnya terbilang mahal loh! Untuk ukuran mortar dan alu yang paling 6 cm saja harganya sekitar 30 ribu. Sementara untuk ukuran 13 cm harganya sekitar  65 ribu rupiah. Lumayan mahal kan?

Klik link berikut ini untuk melihat katalog harga mortar & alu : Lihat Katalog

Kesimpulan

Dari tulisan yang sudah kita baca diatas maka bisa ditarik kesimpulan jika:

  • Mortar dan alu adalah alat laboratorium yang terbuat dari bahan porselin dan keramik.
  • Fungsi mortar dan alu adalah untuk menghancurkan sampel pengujian yang ada di laboratorium. Contohnya seperti obat, akar, daun, protein, DNA dan RNA.

Demikian ulasan mengenai mortar & alu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.