pengertian dan fungsi akuades – Air akuades ini merupakan sesuatu yang sudah umum ditemukan, sudah banyak orang yang menggunakan air ini. Apalagi di ruang laboratorium. Jadi apa itu akuades?, akuades atau ada juga yang menyebutnya air akuades merupakan jenis air yang mana air ini dihasilkan melalui sebuah proses penyulingan.

Lalu apa fungsi akuades? Proses penyulingan disini adalah proses yang mana tujuannya adalah untuk menghasilkan air dengan kualitas yang sangat baik, yang mana nantinya agar hasil airnya dapat disetarakan dengan air mineral. Seperti apakah air mineral yang dimaksudkan?, yakni air yang didalamnya memiliki banyak sekali kandungan baik.

Contohnya seperti garam, sulfur, dan berupa gas-gas yang terlarut di dalam air.Air akuades merupakan jenis air yang kandungan didalamnya mampu sisetarakan dengan air mineral. Namun, air ini hanya bisa didapatkan dengan satu proses penyulingan saja. Tidak mencapai proses dua atau lebih.

Meskipun air ini hanya bisa didapatkan dengan satu proses penyulingan tetapi tetap saja kandungan yang terkandung bisa melebihi kandungan yang terdapat didalam air mineral. Jadi, air kandungan air mineral jauh lebih unggul dibandingkan air akuades. Hal ini tidak mengurangi penggunaan akan air akuades.

A. Pengertian Akuades

Gambar Akuades Murni

Air akuades merupakan air dari hasil proses penyulingan atau juga bisa disebut air distilasi adalah sebuah proses perebusan air yang nantinya akan didapatkan uap air. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan mineral yang ada didalam air. Dari proses perbusan inilah uap yang kemudian akan dipadatkan kembali dalam sebuah wadah yang berbeda.

Sehingga, setelah dilakukannya destilasi, maka yang terkandung di dalam air hanyalah H2O saja, dengan tanpa adanya unsur-unsur lain. Meski yang terkandung didalamnya hanya H2O saja, tetapi air ini masih bisa dikonsumsi. Berikut beberapa penjelasan dari keuntungan dan kerugian dari proses distilasi :

Kelebihan Air Akuades

Air akuades tentu memiliki banyak kelebihan dalam penggunaannya. Berikut berbagai macam kelebihan akuades:

  1. Dari beberapa hasil riset study, bahwa air ini dapat dikonsumsi untuk membantu dalam pencegahan penyakit arthiritis. Mengapa demikian?, hal ini dikarenakan air destilasi dipercaya dapat menyingkirkan endapan mineral yang terdapat didalam persendian manusia.
  2. Air destilasi juga dipercaya terbebas dari aneka ragam racun yang bersifat mikroskopis. Contoh halnya seperti baketeri, virus, serta aneka ragam mikroorganisme lainnya yang terdapat di dalam sebuah keran atau bak dan dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  3. Air distilasi juga terbebas dari aneka bahan campuran kimia lain. Seperti klorin, fluoride, dan bahan campuran lain yang kemungkinan besar bisa ditemukan didalam air kemasan biasa, atau bak mandi pada umumnya.
  4. Air distilasi bahkan sangat dipercaya sebagai alternatif sebagai pencegahan penyakit batu empedu. Air ini akan menghilangkan mineral yang terkandung didalam sel tubuh manusia. Sehingga resiko dari penyakit batu empedupun dapat dihindari.
  5. Air distilasi juga tidak memiliki berbagai kandungan yang terdapat didalam air keran atau kemasan pada umumnya. Mengapa demikian?, karena air ini telah menempuh proses destilasi terlebih dahulu.

Kekurangan Air Akuades

Tidak hanya memiliki kelebihan yang beragam, nyatanya air akuades juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut kekurangan akuades:

  1. Dengan mengonsumsi air distilasi dalam jangka panjang dan dalam jumlah yang terlalu banyak bisa berakibat pada kesehatan yang buruk. Hal ini dikarenakan air distilasi mampu menyerap zat karbon dioksida dalam jumlah yang sangat banyak.
  2. Jika terus menerus mengonsumsi air distilasi, maka hal ini berakibat menyebabkan cepat hilangnya elektrolit dalam tubuh orang yang mengonsumsinya. Hal ini jelas berbahaya bukan?.
  3. Jika tubuh telah mengalami kekurangan aneka ragam elektrolit yang sangat penting, contohnya seperti klorida, mineral, sodium, dan lain-lain. Hal ini dapat menyebakan tekanan jantung yang tidak teratur, selIn itu juga berakibat mengalami fluktasi tekanan darah.

B. Fungsi Akuades dan Berbagai Penggunaannya

Umumnya, sebagian orang mengonsumsi akuades sebagai alternatif untuk menyerap aneka ragam zat beracun yang berada didalam tubuh, kemudian akan membuangnya. Meskipun begitu, ada juga yang memanfa’atkan air ini di dalam berbagai bidang kehidupan lain yang jauh lebih penting.

Karena sejatinya dengan mengonsumsi air akuades ini justru tidak selamanya menguntungkan. Penggunaan lain dari air ini bisa digunakan di ruang laboratorium. Yakni sebagai bahan campuran zat-zat larutan kimia. Berikut beberapa penjelasan mengenai pemanfa’atan air akuades :

1. Fungsi Akuades Di Laboratorium

Fungsi akuades di dalam laboratorium ialah sebagai bahan campuran zat kimia, manakala sedang melakukan penelitian. Selain itu, air akuades juga digunakan untuk membersihkan alat-alat laboratorium sebelum atau sesudah digunakan. Setelah ini gunakanlah air akuades sebagai alternatif untuk membantu dalam penelitian.

2. Fungsi Akuades Dalam Pengolahan Baja

Selain digunakan di ruang laboratorium, akuades juga bisa digunakan dalam pengolahan baja. Pengolahan apa yang dimaksudkan?, yakni dimanfa’atkan dalam proses pemotongan baja dan pendinginan mesin. Hal ini diketahui sangatlah manjur bisa menghambat adanya kerak dan lumut.

3. Fungsi Akuades Di Bidang Kimia

Fungsi Akuades untuk Melarutkaan Bahan Kimia

Fungsi Akuades untuk Melarutkaan Bahan Kimia

Dalam bidang kimia akuades sudah jelas bisa dimanfa’atkan. Seperti apa yang sudah dijelaskan bahwa air akudes digunakan sebagai bahan campuran atau bahan pelarut zat kimia, atau larutan tertentu. Air ini bisa digunakan pada saat meneliti suatu konsentrasi atau senyawa.

4. Fungsi Akuades Sebagai Air Aki

Ternyata air akuades yang sangat populer ini, juga populer digunakan sebagai pengganti dari air aki. Tahukah kamu seberapa penting air aki digunakan dalam kendaraan bermotor? Jawabannya pasti sangatlah penting. Jadi hal ini menunjukan bahwa air akuades bisa menjadi alternatif lain sebagai pengganti air aki.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pemanfa’atan air akudaes dalam kehidupan sehari-hari. Apakah air akuades terbilang penting dan bermanfa’at?, dilihat dari penjelasan di atas dan banyaknya manfa’at yang dapat di peroleh dari akuades, maka air akuades terbilang sangat penting dan bermanfa’at.

Cara Membuat Air Akuades?

Seberapa pentingkah hal ini diketahui? Hal ini merupakan bahan pengetahuan yang harus benar-benar digali informasi yang sebenar-benarnya. Meski banyak di jumpai jenis air distilasi ini ternyata memiliki harga yang relatif mahal.

Hal ini dikarenakan prosesnya yang cukup memakan waktu yang lama. Serta jenis airnya yang tidak biasa. Berikut tata cara pembuatan air suling berdasarkan dari keumuman proses pembuatannya :

  • Hal yang pertama di lakukan adalah mengisi panci dengan air keran. Jenis pancinya boleh berukuran bebas untuk airnya harus setengah dari ukuran panci
  • Setelah itu, memasukkan sebuah mangkuk kaca kedalam berisikan Hal terpenting adalah harus memastikan mangkuk kaca mengambang diatas air. Alias mangkuknya tidak boleh menyentuh dasar panci. Jika mangkuknya tidak mengambang, bisa digunakan alternatif seperti penyaringan panci agar mangkuk kaca tidak menyentuh dasar panci.
  • Setelah itu panaskan panci sampai air yang ada didalam panci mendidih. Hal ini bertujuan agar air menguap dan zat-zat yang ada didalam air bisa di lepaskan.
  • Membuat efek pengembunan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membalikan tutup panci.
  • Biarkanlah air terus mendidih dan menghasilkan lebih banyak uap. Hal ini bisa berlangsung sampai air yang berada didalam mangkuk sudah mencapai kebutuhan.
  • Hal yang penting untuk di perhatikan ialah jangan sampai air yang tersimpan kedalam mangkuk menjadi mendidih. Nah, untuk mengantisifasi hal itu bisa dilakukan dengan mengecilkan suhu panas kompor gas
  • Matikan api kompor gas. Kemidian bukalah tutup panci.
  • Ambillah mangkuk yang berisi air suling dari panci yang berisi air mendidih. Berhati-hatilah saat melakukan hal ini sehingga Anda tidak terkena air mendidih. Anda dapat membiarkan airnya mendingin sebelum mengeluarkan mangkuknya, jika Anda menginginkannya
  • Membiarkan air hasil sulingan untuk mendingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ataupun digunakan.

Itulah beberapa hal penting yang harus diketahui dari pengertian dan fungsi akuades. Untuk lebih memantapkan pengetahuan, maka beberapa penjelasan lain ikut dibeberkan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah para pembaca dalam mendapatkan pemahaman.