Alat Laboratorium
Home » Blog » Fungsi Sikat Tabung Reaksi di Laboratorium

Fungsi Sikat Tabung Reaksi di Laboratorium

Salah satu alat yang digunakan untuk pemeliharaan adalah sikat tabung reaksi yang memiliki fungsi sebagai alat pembersihan. Seperti yang sudah kita ketahui jika semua peralatan lab tentu membutuhkan perawatan agar bisa bertahan lama.

Pada artikel kali ini kita akan mengenal sebuah alat perawatan yang bernama sikat pembersih tabung reaksi.

Fungsi Sikat Tabung Reaksi

Fungsi Sikat Tabung Reaksi

Sesuai namanya, sikat tabung reaksi memiliki fungsi sebagai alat pembersihan yang penggunaannya khusus untuk tabung reaksi. Bentuk tabung reaksi yang kecil memang susah untuk kita bersihkan menggunakan busa biasa. Sehingga membutuhkan sikat khusus yang sangat mudah kita gunakan.

Namun sikat tabung reaksi juga bisa kita gunakan untuk membersihkan peralatan gelas lainnya, misalnya seperti erlenmeyer dan gelas ukur.

Cara menggunakan sikat tabung reaksi sangat mudah kita lakukan, cukup masukan bagian sikat yang ada bulunya ke dalam lubang tabung reaksi. Proses pembersihan tabung reaksi bisa kita lakukan dengan menggunakan sabun agar lebih bersih. Biasanya tempat pencucian alat laboratorium sudah tersedia sabun cair.

Sikat tabung reaksi terbuat dari kawat ulir yang dibalut dengan bulu-bulu halus. Terdapat beberapa panjang ukuran, mulai dari 10 cm hingga 30 cm. Masing-masing ukuran memiliki kisaran harga yang berbeda-beda. Harga sikat tabung reaksi berkisar antara Rp. 2.500 hingga Rp. 5.000, tergantung dari ukuran dan jenis bulu yang digunakan.

Kesimpulan

Setiap alat laboratorium juga memiliki cara perawatan yang berbeda-beda, tergantung dari spesifikasi alat laboratorium itu sendiri. Misalnya alat laboratorium yang terbuat dari gelas yang hanya perlu untuk kita cuci saja. Berbeda halnya dengan instrumen laboratorium yang memerlukan kalibrasi untuk menjaga alat tetap mutakhir dan handal.

Demikian ulasan mengenai sikat tabung reaksi dan fungsinya di laboratorium. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Meidi Yuwono

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia dan S1 Teknologi Hasil Pertanian yang memiliki minat menulis artikel bertema edukasi & pendidikan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.