Blogkimia – Peralatan gelas laboratorium ini sering kita jumpai di laboratorium, bentuknya silinder dan memanjang seperti piala. Tahukah kalian alat apakah itu? Ya, jawabannya adalah gelas ukur laboratorium.

Pada tulisan ini kita akan mengenal lebih banyak tentang alat gelas laboratorium yang satu ini.

Pengertian Gelas Ukur Laboratorium

Gambar Gelas Ukur

Gambar Gelas Ukur

Gelas ukur adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur volume cairan dengan cukup akurat. Alat ini banyak digunakan di berbagai laboratorium seperti laboratorium sekolah, laboratorium kimia, laboratorium lingkungan dan laboratorium kesehatan.

Alat ini berbentuk silinder dan memanjang dengan garis-garis sebagai penanda jumlah volume yang akan di ukur. Gelas ukur biasanya terbuat dari bahan polipropilena dan polimetilpentena karena tahan terhadap resistensi.

Namun gelas ukur berbahan kaca juga dapat ditemukan dibanyak laboratorium. Bahan kaca ini berfungsi untuk mengukur zat kimia yang sifatnya kuat dan reaktif terhadap alat yang berbahan plastik.

Fungsi Gelas Ukur Laboratorium

Sebagian besar bahan kimia yang ada di laboratorium adalah cairan dan untuk memastikan bahan tersebut digunakan dengan jumlah yang tepat maka perlu dilakukan pengukuran.

Pada intinya kegunaan gelas ukur adalah untuk mengukur volume cairan dengan cukup akurat. Artinya gelas ukur tidak dapat digunakan untuk mengukur volume dengan tingkat ketelitian yang tinggi seperti labu ukur.

Labu ukur sengaja dirancang dengan bentuk memanjang dengan diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan gelas beaker agar pengukurannya lebih akurat.

Hal ini dapat terjadi karena pengukuran terhadap volume gelas ukur dilakukan dengan mata telanjang. Sehingga memudahkan kita saat melihat garis volume dalam keadaan simetris atau sejajar.

Ukuran Gelas Ukur Laboratorium

Ukuran Gelas Ukur

Pada dasarnya gelas ukur memiliki skal volume yang berbeda-beda guna untuk memudahkan kita dalam melakukan pengukuran cairan. Skala volume yang umum di laboratorium biasanya 10 mL hingga 1000 mL.

Semakin besar skala volume gelas ukur maka semakin besar pula estimasi ketidakpastian dari alat tersebut. Nilai di bawah ini merupakan volume dan estimasi ketidakpastian dari berbagai ukuran gelas ukur.

  • Volume 5 mL memiliki skala estimasi ketidakpastian sebesar 0.1 mL
  • Volume 10 mL memiliki skala estimasi ketidakpastian sebesar 0.2 mL
  • Volume 25 mL memiliki skala estimasi ketidakpastian sebesar 0.5 mL
  • Volume 50 mL memiliki skala estimasi ketidakpastian sebesar 1 mL
  • Volume 100 mL memiliki skala estimasi ketidakpastian sebesar 1 mL
  • Volume 250 mL memiliki skala estimasi ketidakpastian sebesar 2 mL
  • Volume 500 mL memiliki skala estimasi ketidakpastian sebesar 5 mL
  • Volume 1000 mL memiliki skala estimasi ketidakpastian sebesar 10 mL
  • Volume 2000 mL memiliki skala estimasi ketidakpastian sebesar 20 mL

Terlihat bahwa semakin besar volume gelas ukur maka semakin kecil akurasinya, dan semakin besar kesalahan pembacaan yang diakibatkan oleh deviasi garis pandang mata.

Oleh karena itu, usahakan menggunakan gelas ukur terkecil yang dapat diukur dalam satu waktu. Misalnya, jika kalian mengambil 70 mL cairan, sebaiknya gunakan gelas ukur 100 mL.

Cara Menggunakan Gelas Ukur Laboratorium

Cara Membaca Skala Volume pada garis Miniskus

Seperti yang kita tahu bahwa cairan yang ada di dalam gelas ukur akan membentuk cekungan. Hal ini terjadi karena permukaan air terdistorsi akibat efek tekanan permukaan air.

Saat mengamati ketinggian fluida dalam gelas ukur biasanya kita akan mencocokan air senada dengan tinggi mata. Namun karena permukaannya terdistorsi menjadi bentuk cekung kalian perlu membacanya dengan benar.

Meskipun kesalahan dalam pengukuran masih tetap akan terjadi dan tidak dapat dihilangkan, kita dapat menguranginya dengan cara membaca skala volume pada bagian paling bawah cekungan air. Kemudian pandangan lurus untuk melihat pada berapa skala volume air yang dihitung. Kalian dapat melihatnya pada gambar di atas klik disini.

Harga Gelas Ukur Laboratorium

Sama seperti peralatan laboratorium volumetrik lainnya, gelas ukur memiliki harga yang beragam tergantung dari besaran volumenya. Pada tabel dibawah ini kami akan memberikan kisaran harga gelas ukur berdasarkan skalanya:

Nama BarangHargaToko
Gelas Ukur 5 mLRp 20.000-anBeli Disini
Gelas Ukur 10 mLRp 25.000-anBeli Disini
Gelas Ukur 25 mLRp 30.000-anBeli Disini
Gelas Ukur 50 mLRp 40.000-anBeli Disini
Gelas Ukur 100 mLRp 50.000-anBeli Disini
Gelas Ukur 250 mLRp 75.000-anBeli Disini
Gelas Ukur 500 mLRp 100.000-anBeli Disini
Gelas Ukur 1000 mLRp 150.000-anBeli Disini
Gelas Ukur 2000 mLRp 470.000-anBeli Disini

Tabel diatas adalah rincian harga dari gelas ukur laboratorium. Kalian juga bisa membelinya langsung melalui tombol beli yang sudah kami sediakan.

Kesimpulan

Setelah kita membaca tulisan diatas maka dapat disimpulkan bahwa gelas ukur adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur volume cairan. Diperlukan pembacaan skala volume yang tepat saat menggunakan gelas ukur agar kesalahan pengukuran dapat diminimalisir.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari referensi mengenai gelas ukur laboratorium dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.