Blogkimia –  Labu ukur adalah salah satu peralatan laboratorium yang sering kita pakai dalam pengujian lab. Alat ini memiliki peran penting dalam pelarutan dan pengenceran larutan. Sehingga tentu kita harus paham mengenai labu ukur dan fungsinya di laboratorium.

Oleh karena itu, tulisan ini kami buat untuk membantu kalian yang sedang mencari informasi mengenai labu takar beserta fungsinya.

Pengertian Labu Ukur

Gambar labu Ukur

Gambar labu Ukur

Labu ukur atau labu takar merupakan alat gelas laboratorium yang digunakan untuk pengenceran suatu larutan di laboratorium. Alat ini terbuat dari bahan kaca yang tidak boleh untuk dipanaskan karena dapat terjadi pemuaian.

Apabila terjadi pemuaian terhadap labu takar maka dapat menyebabkan volume dari alat ini menjadi tidak akurat lagi. Sehingga akan mempengaruhi hasil dari konsentrasi larutan yang diencerkan menggunakan labu takar tersebut.

Namun apabila kalian menggunakan sampel larutan yang harus dipanaskan maka bisa menggunakan erlenmeyer sebagai wadah pemanasan terlebih dahulu, sebelum akhirnya dipindahkan ke dalam labu takar.

Fungsi Labu Ukur

Seperti yang sudah kami katakan di atas jika tulisan ini akan membahas mengenai labu ukur dan fungsinya. Maka dibawah ini adalah fungsi labu takar di laboratorium:

1. Mengencerkan Larutan

Proses pengenceran di laboratorium haruslah menggunakan labu ukur. Kalian bisa menggunakan rumus pengenceran yang biasa digunakan (M1.V1=M2.V2). Pastikan kalian menghitungnya dengan benar agar tidak salah konsentrasinya.

Rumus diatas bisa kalian gunakan untuk mencari berapa volume yang dibutuhkan untuk membuat larutan dengan konsentrasi yang diinginkan. Apabila belum paham caranya, kalian bisa melihat video cara mengitung menggunakan rumus pengenceran ini.

2. Membuat Larutan

Selain untuk mengencerkan larutan, kalian juga bisa menggunakan alat ini untuk membuat larutan dari sampel yang memiliki konsentrasi tinggi. Lakukan perhitungan untuk bahan yang akan digunakan saat membuat larutan. Pastikan kalian menghitungnya dengan benar.

Pipet atau timbang bahan yang digunakan dan encerkan menggunakan air akuades untuk mendapatkan konsentrasi yang kalian inginkan. Pastikan juga untuk mengencerkan larutan tepat pada garis miniskus yang ada di labu takar.

Cara Menggunakan Labu Ukur

Cara Mengunakan Labu Ukur

Cara Mengunakan Labu Ukur

Setelah mengetahui fungsi labu takar sekarang saatnya kita megetahui bagaimana cara menggunakan labu takar yang benar. Berikut ini adalah caranya:

  • Siapkan labu takar yang bersih, pastikan labu takar juga kering agar tidak ada kontaminasi zat lainnya.
  • Masukan sampel yang sudah kalian pipet ke dalam labu, kemudian encerkan menggunakan akuades hingga akan menyentuh batas garis miniskus.
  • Saat menambahkan sedikit aquades ke dalam labu ukur untuk mencapai garis batas sebaiknya menggunakan pipet tetes.
  • Kocok larutan agar homogen.
  • larutan sudah siap digunakan dan bisa disimpan di botol penyimpanan.

PENTING: Apabila kalian mengencerkan larutan dari larutan asam-basa kuat sebaiknya dilakukan di lemari asam. Hal ini perlu dilakukan agar gas yang keluar tidak mengkontaminasi ruangan laboratorium.

Ukuran Labu Ukur

Ukuran Labu Ukur

Ukuran Labu Ukur

Labu ukur adalah alat laboratorium volumetrik yang memiliki nilai angka, sehingga alat ini sering juga disebut dengan istilah labu volumetrik. Karena memiliki nilai angka maka banyak ukuran labu ukur yang ada di laboratorium, mulai dari 5 ml hingga 1 Liter.

Bahkan dalam kondisi tertentu ada ukuran yang lebih besar dari 1 Liter. Dengan ukuran yang beragam ini tentu dapat mempermudah kalian untuk menghasilkan larutan dengan volume yang kalian inginkan.

Misalnya saat kalian ingin membuat larutan NaOH 1M sebanyak 100 mL, maka kalian hanya perlu menggunakan labu ukur 100 mL saja, Bukan 50 mL ditambah 50 mL.

Harga Labu Ukur

Sama seperti alat laboratorium, labu takar memiliki beragam harga tergantung dari volume dan merk. Semakin besar volume labu takar maka semakin mahal pula harganya. Terlebih lagi jika merk yang digunakan merupakan merk terbaik seperti iwaki pyrex, tentu harganya akan lebih mahal lagi.

Namun kalaian tidak perlu khawatir, karena kami sudah merangkum rincian harga labu takar yang bisa kalian jadikan sebagai referensi nantinya. Kalian dapat melihatnya pada tabel di bawah ini:

NoNama BarangRentang HargaToko
1Labu Ukur 5 mLRp 30.000-anBeli Disini
2Labu Ukur 10 mLRp 35.000-anBeli Disini
3Labu Ukur 25 mLRp 40.000-anBeli Disini
4Labu Ukur 50 mLRp 45.000-anBeli Disini
5Labu Ukur 100 mLRp 50.000-anBeli Disini
6Labu Ukur 250 mLRp 60.000-anBeli Disini
7Labu Ukur 500 mLRp 150.000-anBeli Disini
8Labu Ukur 1000 mLRp 200.000-anBeli Disini

Tabel diatas adalah rincian harga dari labu takar. Kalian juga bisa membelinya langsung melalui tombol beli yang sudah kami sediakan.

Kesimpulan

Dari tulisan diatas kita bisa menarik kesimpulan jika labu ukur adalah peralatan gelas laboratorium yang digunakan untuk mengencerkan dan mebuat larutan. Alat gelas ini memiliki beragam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian saat pengenceran.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari referensi mengenai labu ukur dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.