Alat Laboratorium
Home » Blog » Mengapa Kita Perlu Memakai Jas Laboratorium Saat Bekerja di Laboratorium?

Mengapa Kita Perlu Memakai Jas Laboratorium Saat Bekerja di Laboratorium?

Mengapa kita perlu memakai jas laboratorium saat bekerja di laboratorium? Tentu karena jas laboratorium termasuk salah satu alat perlindungan diri yang dapat kita gunakan sebagai pencegahan kecelakan kerja.

Namun alasan tersebut hanya salah satunya loh! Ada beberapa alasan kenapa kita perlu memakai jas laboratorium. Berikut alasannya!

Pengertian Jas Laboratorium

Gambar Jas Laboratorium

Jas laboratorium adalah pakaian pelindung khusus yang dirancang untuk digunakan di laboratorium. Biasanya, jas ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia berbahaya dan dapat melindungi pengguna dari percikan, tumpahan, dan bahaya fisik lainnya.

Biasanya jas laboratorium memiliki kancing atau resleting depan, lengan panjang, dan kerah yang dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap paparan bahan berbahaya. Selain itu, jas laboratorium juga dilengkapi dengan kantong saku tambahan untuk menyimpan peralatan kecil yang dibutuhkan dalam pengujian laboratorium.

Fungsi Jas Laboratorium

Jas laboratorium memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting dalam lingkungan laboratorium, antara lain sebagai berikut:

  1. Perlindungan dari Bahan Kimia Berbahaya: Laboratorium seringkali berisiko tinggi karena berbagai bahan kimia berbahaya digunakan. Jas laboratorium dapat memberikan lapisan pelindung tambahan di atas pakaian biasa, sehingga mengurangi risiko kontaminasi atau cedera akibat tumpahan kimia.
  2. Melindungi Diri Sendiri dan Orang Lain: Jas laboratorium juga bertujuan untuk melindungi pengguna dari bahaya yang dapat timbul akibat tumpahan bahan kimia atau bahaya fisik lainnya. Selain melindungi diri sendiri, ini juga membantu melindungi orang lain di laboratorium.
  3. Mengurangi Risiko Kontaminasi: Jas laboratorium dapat membantu mengurangi risiko kontaminasi silang antar-sampel atau eksperimen. Pengurangan kontaminasi ini sangat penting dalam penelitian yang memerlukan tingkat ketelitian tinggi.

Cara Menggunakan Jas Laboratorium yang Benar

Penggunaan jas laboratorium yang benar sangatlah mudah. Berikut adalah beberapa panduan untuk penggunaan yang benar:

  • Kenakan dengan Benar: Pastikan jas laboratorium dipakai dengan benar, dengan semua kancing atau resleting terpasang. Pastikan jas harus menutupi seluruh tubuh dengan rapat.
  • Periksa Kondisi Jas: Sebelum menggunakannya, periksa jas laboratorium untuk memastikan tidak ada kerusakan atau lubang. Jas laboratorium yang rusak dapat mengurangi efektivitas pelindungan.
  • Gunakan Sarung Tangan: Selalu gunakan sarung tangan ketika memakai jas laboratorium untuk melindungi tangan dari paparan bahan kimia berbahaya.
  • Jangan Bawa Bahan Keluar: Setelah selesai bekerja di laboratorium, jangan membawa jas laboratorium yang terkontaminasi dengan bahan kimia keluar dari laboratorium. Langkah ini dapat menghindari kontaminasi lintas area.

Jenis-Jenis Jas Laboratorium

Ada berbagai jenis jas laboratorium yang tersedia, dan pemilihan jenis yang tepat tergantung pada jenis risiko yang dihadapi dan pekerjaan yang akan dilakukan. Beberapa jenis jas laboratorium yang umum antara lain:

  1. Jas Kimia: Jas laboratorium ini dirancang khusus untuk melindungi penggunanya dari bahan kimia berbahaya. Biasanya jas laboratorium jenis ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia.
  2. Jas Api: Jas laboratorium ini cocok untuk pekerjaan dengan risiko terbakar karena tahan terhadap panas dan api.
  3. Jas Biologi: Jas laboratorium ini digunakan dalam penelitian biologi untuk menghindari kontaminasi silang dan melindungi dari risiko biologis dari bakteri dan mikroorganisme.
  4. Jas Radiasi: Jas laboratorium ini dirancang untuk melindungi dari radiasi ionisasi dan sering digunakan dalam laboratorium radiologi.

Pemilihan jenis jas laboratorium yang sesuai sangat penting untuk menjaga keamanan dan kesehatan pengguna di lingkungan laboratorium.

Mengapa Kita Perlu Memakai Jas Laboratorium Saat Bekerja di Laboratorium?

Laboratorium adalah tempat eksperimen yang di dalamnya terdapat berbagai jenis bahan kimia, mikroorganisme, radiasi, dan bahaya potensial lainnya. Oleh karena itu, memakai jas laboratorium saat bekerja di laboratorium adalah langkah yang sangat penting.

Berikut ini alasan mengapa kita perlu menggunakan jas laboratorium saat bekerja di laboratorium, yaitu:

1. Perlindungan Dari Bahaya Kimia

Laboratorium seringkali menggunakan bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi, luka bakar, atau keracunan jika terpapar pada kulit atau pakaian. Jas laboratorium dirancang khusus untuk melindungi pengguna dari tumpahan, percikan, atau kontak langsung dengan bahan kimia berbahaya. Jas laboratorium juga terbuat dari bahan yang tahan terhadap kimia tertentu dan dapat mencegah penetrasi zat berbahaya ke dalam pakaian.

2. Penghalang Terhadap Kontaminasi

Pakaian yang digunakan di luar laboratorium bisa membawa kotoran, debu, atau mikroba yang dapat mengkontaminasi sampel atau eksperimen di dalam laboratorium. Jas laboratorium memiliki peran sebagai penghalang fisik yang dapat mencegah kontaminasi silang dan menjaga integritas eksperimen.

3. Melindungi Dari Bahaya Fisik

Selain bahaya kimia, laboratorium juga bisa memiliki bahaya fisik seperti panas, api, atau potensi tumpahan bahan berbahaya. Jas laboratorium dirancang untuk tujuan tertentu seperti jas api atau jas radiasi, dapat memberikan perlindungan terhadap risiko fisik ini.

4. Keselamatan Pribadi

Keselamatan pribadi adalah prioritas utama saat bekerja di laboratorium. Jas laboratorium, dengan kantong dan desain yang sesuai, dapat membantu pengguna menyimpan peralatan kecil seperti alat pengukur, pensil laboratorium, atau catatan penting, sehingga mengurangi risiko kehilangan atau cedera.

5. Kepatuhan Terhadap Peraturan dan Standar

Penggunaan jas laboratorium adalah persyaratan wajib untuk mematuhi peraturan keselamatan dan standar laboratorium. Memakai jas laboratorium adalah tindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa laboratorium beroperasi sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Pemakaian jas laboratorium adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan ketika bekerja di laboratorium. Jas laboratorium berguna untuk memberikan perlindungan dari berbagai risiko, termasuk bahaya kimia, fisik, biologis, dan radiasi.

Selain melindungi penggunanya, jas laboratorium juga berkontribusi pada integritas eksperimen dan kebersihan lingkungan laboratorium. Oleh karena itu, pemakaian jas laboratorium sebaiknya menjadi kebiasaan yang tidak boleh diabaikan dalam setiap aktivitas di laboratorium.

Meidi Yuwono

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia dan S1 Teknologi Hasil Pertanian yang memiliki minat menulis artikel bertema edukasi & pendidikan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.