Apa Itu Meniskus Pada Alat Laboratorium

Meidi Yuwono

Pasti kamu sering melihat garis meniskus pada alat laboratorium saat sedang melakukan eksperimen di laboratorium kan? Sebenarnya apa itu meniskus? dan bagaimana cara pembacaan miniskus yang benar?

Nah pada artikel kali ini kita akan coba belajar mengenai garis miniskus dan cara membaca garis miniskus yang benar pada alat-alat laboratorium. Simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Meniskus?

Apa itu Meniskus

Apa yang dimaksud dengan meniskus? Garis meniskus adalah adalah sebuah garis yang ada pada peralatan gelas laboratorium yang memiliki skala volume tertentu. Garis ini adalah tanda baca volume yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar volume larutan yang ada pada alat gelas laboratorium.

Biasanya meniskus akan membentuk cekungan kebawah, sehingga sangat berguna bagi para praktikan dan laboran dalam menentukan skala pembacaan volume larutan. 

Cara Membaca Garis Meniskus

Pembacaan garis miniskus pada peralatan laboratorium sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu mensejajarkan antara mata dan cekungan larutan yang ada pada alat laboratoium.

Lebih jelasnya, berikut kami paparkan cara pembacaannya:

  • Pertama, siapkan alat ukur yang ingin kita gunakan. Pada contoh ini kita akan menggunakan buret.
  • Kedua, agar buret dapat berdiri tegak maka kita membutuhkan alat yang bernama klem dan statif.
  • Ketiga, Tuangkan larutan kedalam buret dengan bantuan corong agar tidak mnumpahi area sekitar.
  • Terakhir, tepatkan skala volume larutan yang ada pada buret sesuai dengan ukuran volume buret yang kita gunakan.

Kamu bisa lihat gambar di bawah ini agar lebih paham lagi. 

Cara Membaca Skala Volume pada garis Miniskus

Gambar di atas menunjukan jika cekungan berada pada volume 32.0 mL. Jika kamu perhatikan pembacaan mata terhadap garis penanda buret sudah tepat karena presisi dan sejajar. Pembacaannya juga tepat pada cekungan garis paling bawah.

Kesimpulan

Dari tulisan di atas kita bisa menarik kesimpulan jika garis meniskus merupakan sebuah garis penanda yang ada pada peralatan gelas laboratorium. Garis ini hanya ada peralatan gelas laboratorium yang memiliki skala ukur seperti buret, pipet, gelas beaker dan sebagainya.

Fungsi garis miniskus adalah untuk mengetahui seberapa besar volume larutan yang terambil dan terkeluarkan pada alat ukur. Sehingga dengan adanya garis penanda ini akan memudahkan praktikan dalam melakukan penelitian di laboratorium.

Itulah ulasan mengenai apa itu meniskus pada peralatan laboratorium. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar