Alat Laboratorium
Home » Blog » Fungsi Labu Iodium di Laboratorium

Fungsi Labu Iodium di Laboratorium

Labu iodium merupakan salah satu alat gelas laboratorium yang fungsi dan kegunaannya sangat menunjang proses pengujian di laboratorium.

Alat ini memiliki bentuk yang sama seperti labu erlenmeyer, bedanya hanya pada bagian atas labu iodium terdapat penutup agar sampel tidak menguap.

Fungsi Labu Iodium Laboratorium

Gambar Labu Iodium Laboratorium

Fungsi labu iodium yaitu untuk merekasikan zat atau larutan yang menghasilkan iodium. Oleh karena itu alat ini sering kita sebut sebagai labu iod atau labu iodium.

Prinsip kerja labu iodium didasarkan pada uap zat iodium yan terjerap di dalam labu. Sifat iodium yang mudah menguap membuat labu ini memiliki penutup asah agar uap yang ada di dalamnya tidak keluar.

Labu iodium terbuat dari kaca borosilikat/kuarsa yang tahan terhadap reaksi, khususnya larutan iodium. Kaca borosilikat merupakan bahan yang paling sering digunakan pada alat gelas laboratorium pada umumnya. Misalnya seperti gelas beaker, erlenmeyer, labu ukur dan sebagainya.

Cara Menggunakan Labu Iodium

Berikut ini cara penggunaan labu iodium di dalam laboratorium:

  • Pertama siapkan labu iodium yang bersih dan masukan larutan yang akan kamu reaksikan.
  • Selanjutnya tutup tabung hingga tidak terdapat gelembung udara di dalamnya.
  • Terakhir lakukan pengujian, biasanya menggunakan titrasi iodium untuk analisanya.

Penggunaan labu iodium pada proses titrasi akan membutuhkan buret dan alat laboratrium lainnya. Hasil dari titrasi ini akan menghasilkan reaksi iodometri menggunakan larutan standar natrium tiosulfat.

Harga Labu Iodium?

Harga dari labu iodium cukup bervariasi, tergantung dari ukuran dan merk dagang yang ada di pasaran. Namun merk iwaki adalah merk yang paling umum kita temukan di semua peralatan gelas lainnya.

Berikut harga labu iodium iwaki sesuai dengan volumenya:

  • 100 mL = 200 ribuan.
  • 250 mL = 300 ribuan.
  • 500 mL = 350 ribuan

Harga ini akan berbeda-beda tergantung toko alat kimia yang ada di daerah tempat tinggalmu. Jadi silahkan datang dan tanyakan langsung pada toko alat kimia terdekat.

Itulah fungsi dan kegunaan labu iodium di dalam laboratorium. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Meidi Yuwono

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia dan S1 Teknologi Hasil Pertanian yang memiliki minat menulis artikel bertema edukasi & pendidikan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.