Fungsi Labu Destilasi dan Cara Menggunakannya di Laboratorium

Meidi Yuwono

Labu destilasi merupakan salah satu peralatan gelas yang sering kita jumpai di laboratorium karena fungsi dan kegunaannya yang sangat menunjang penelitian. Sebenarnya labu destilasi memiliki bentuk yang hampir sama seperti labu alas bulat, tetapi memiliki pipa penghubung di sisinya.

Lalu apa fungsi dari pipa tersebut? Apakah ada hubungannya dengan fungsi atau kegunaan labu destilasi ini? Mari baca artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Apa Itu Labu Destilasi?

Gambar Labu Destilasi
Gambar Labu Destilasi

Sebelum kita berbicara mengenai fungsi dan cara penggunaan alat ini, alangkah baiknya kita untuk mengetahui pengertian labu destilasi ini. Jika kita perhatikan dengan sekilas pasti akan ada perbedaan yang mencolok anatara labu destilasi dengan labu lainnya, yaitu pada bagian sisi yang ada pipanya. Pipa tersebutlah yang akan menghubungkan antara labu satu dengan labu lainnya.

Labu destilasi terbuat dari bahan kaca borosilikat yang tahan terhadap panas. Sehingga pada saat proses destilasi yang menggunakan suhu panas labu tidak akan meleleh. Sementara untuk ukuran labu destilasi cukup bervariasi, mulai dari 100 mL hingga 1 Liter.

Fungsi Labu Destilasi

Fungsi Labu Destilasi

Labu destilasi sering digunakan untuk alat penyulingan di laboratorium. Prinsip kerja labu destilasi ini didasarkan pada perbedaan titik didih atau volatilitas sampel larutan. Sehingga larutan yang tercampur akan terpisah berdasarkan titik didihnya.

Pada prinsipnya fungsi labu destilasi adalah untuk memisahkan komponen senyawa yang ada pada sampel dengan memfokuskan pada perbedaan titik didih masing-masing komponen penyusunnya. Zat yang bersifat volatil maka akan memiliki titik didih yang rendah yang kemudian akan masuk ke dalam pipa kondensator secara menetes dan masuk ke dalam labu destilat.

Cara Menggunakan Labu Destilasi

Sebenarnya cara mengunakan labu destilasi terbilang cukup mudah bagi kamu yang terbiasa melakukan penelitian di laboratorium. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah memasukan larutan sampel ke dalam labu destilasi, kemudian hubungkan pipa yang ada di sisi labu dengan alat laboratorium lain seperti gelas beaker atau erlenmeyer. Cara menghubungkan alat ini bisa menggunakan alat yang namanya pipa kondensor.

Harga Labu Destilasi

Harga labu destilasi tergantung dari ukuran dan merk yang ada di pasaran. Berikut adalah kisaran harga dari labu destilasi yang kami temukan di Marketplace online:

Volume Labu DestilasiHarga Labu Destilasi
Labu Destilasi 100 mLRp. 150.000-an
Labu Destilasi 200 mLRp. 200.000-an
Labu Destilasi 250 mLRp. 250.000-an
Labu Destilasi 500 mLRp. 350.000-an
Labu Destilasi 1000 mLRp. 400.000-an

Harga pada tabel di atas akan berbeda-beda tergantung dari lokasi dan merk yang dijual. Silahkan tanyakan terlebih dahulu pada toko alat laboratorium yang ada di kotamu.

Itulah ulasan mengenai labu destilasi laboratorium. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan kalian tentang alat-alat laboratorium.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar