Ilmu Pengetahuan
Home » Blog » Cara Membuat Reagen Folin Ciocalteu

Cara Membuat Reagen Folin Ciocalteu

Folin Ciocalteu adalah reagen kimia yang digunakan untuk mengukur kandungan polifenol dalam sampel tanaman atau bahan lainnya. Polifenol adalah kelompok senyawa yang meliputi flavonoid, tanin, dan asam fenolat. Senyawa Ini banyak kita temukan dalam tumbuhan dan berkontribusi pada warna, aroma, dan rasa. Selain itu, polifenol juga memiliki aktivitas biologis yang berguna, seperti antioksidan dan antiinflamasi.

Reagen Folin-Ciocalteu bekerja dengan mengubah polifenol menjadi senyawa yang dapat kita ukur dengan spektrofotometer. Proses ini melibatkan tiga tahap, yaitu pengenalan, hidrolisis, dan reaksi dengan natrium karbonat.

Hasil akhir adalah pembentukan kompleks antara polifenol dan natrium tiosulfat, yang memiliki nilai absorbansi yang dapat diukur pada panjang gelombang tertentu. Dengan demikian, kandungan polifenol dalam sampel dapat kita temukan dengan mengukur nilai absorbansi dan membandingkannya dengan kurva kalibrasi.

Cara Membuat Reagen Folin Ciocalteu

Ada beberapa tahapan yang perlu kita perhatikan ketika akan membuat reagen Folin Ciocalteu. Setidaknya kamu harus mempersiapkan beberapa bahan dan langkah-langkah yang tepat. Berikut adalah panduan singkat cara pembuatannya:

Bahan-bahan:

  • Sodium tiosulfat (Na2S2O3)
  • Natrium karbonat (Na2CO3)
  • Asam Folat (C19H19N7O6)
  • Akuades (air suling)

Langkah-langkah:

  1. Campurkan Na2S2O3 sebanyak 1 gram dan Na2CO3 sebanyak 1,5 gram dalam 100 mL akuades. Kemudian aduk campuran tersebut hingga larut dan homogen.
  2. Selanjutnya tambahkan asam folat sebanyak 0,1 gram dan aduk hingga larut dan homogen.
  3. Reagen Folin Ciocalteu siap untuk kita gunakan dalam pengujian.

Sebagai tambahan, sebaiknya reagen ini harus kita buat dan gunakan dengan segera untuk hasil pengujian yang akurat.

Meidi Yuwono

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia dan S1 Teknologi Hasil Pertanian yang memiliki minat menulis artikel bertema edukasi & pendidikan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.