Tips dan Trik Menulis Esai IISMA, Mulai Persiapanmu!

Meidi Yuwono

Siapa yang masih kesusahan bikin esai IISMA? Meski kelihatan sepele, bagian menulis esai ini tidak boleh kamu lewatkan, lho!

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) kembali membuka pendaftaran untuk mahasiswa Indonesia yang ingin mencoba pengalaman belajar selama satu semester di universitas luar negeri.

Nah, kalau mau kesempatan lolos lebih besar, kamu harus menyiapkan esai dengan baik. Masih bingung bagaimana cara membuatnya? Simak informasi berikut ini, yuk!

Sekilas tentang IISMA

IISMA merupakan program beasiswa dari pemerintah Indonesia yang membiayai mahasiswa Indonesia program Sarjana atau Diploma merasakan kuliah di universitas luar negeri selama satu semester.

IISMA terbuka untuk mahasiswa semester 4 dan 6 dari perguruan tinggi terdaftar di Indonesia, baik institut, universitas, maupun politeknik.

Pendaftaran IISMA untuk tahun 2024 sudah dibuka mulai 23 Januari sampai 14 Februari.

Cara Menulis Esai IISMA

Selain IPK dan skor bahasa Inggris, esai jadi salah satu syarat yang tidak boleh kamu anggap enteng. Esai IISMA terdiri dari empat pertanyaan yang harus dijawab dalam formulir aplikasi daring.

Ini dia pertanyaannya:

  1. Discuss your academic and non-academic achievements (for undergraduate and vocational students), and industrial experience (for vocational students only) including the process and skills involved in your previous or current degree programs.
  2. Please outline your plans to engage with local and international communities during the IISMA program using clear examples.
  3. Discuss the time when you faced a difficult challenge or hurdle during your study and how you navigated through it.
  4. Explain your physical and mental health condition (i.e dental and oral treatment/medical treatment/COVID-19/mental health therapy/counseling.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus menemukan kata kunci dari setiap pertanyaan. Pahami kata kunci dan catat poin-poin penting yang akan kamu masukkan dalam jawaban esai.

Ingat, setiap jawaban dari masing-masing pertanyaan harus padat dan jelas menyampaikan maksudmu. Jangan terlalu panjang atau bertele-tele hingga tidak jelas apa yang mau disampaikan.

Tips dan Trik Menulis Esai IISMA

1. Fokus Menceritakan Pengalaman dan Kepemimpinan Kamu

IISMA mencari mahasiswa yang aktif selama mengikuti perkuliahan. Kamu bisa menceritakan pengalaman dalam bidang akademis maupun non-akademis. 

Misalnya, pengalaman berorganisasi, mengikuti kegiatan volunteering, magang, atau lomba.

Jika pernah berperan sebagai pemimpin dalam organisasi atau kegiatan kampus, lebih baik diceritakan agar kamu bisa menonjol di antara pelamar lain.

2. Menggunakan Metode Menulis

Metode menulis lebih memudahkan kamu dalam menyusun kalimat, lho! Untuk menulis esai, kamu bisa menggunakan metode STAR (Situation, Task, Action, Result) atau Past-Present-Future.

Metode STAR cocok digunakan untuk menceritakan pengalaman yang menunjukkan keterampilan dan pencapaian kamu.

Mulai dari menjelaskan situasi, kemudian fokuskan pada tugas spesifik apa yang kamu dapatkan. Selanjutnya, jelaskan aksi yang kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan. Terakhir, jelaskan hasil atau pencapaian dari aksi tersebut.

3. Membuat Kerangka Tulisan

Buat kerangka tulisan agar kamu lebih mudah dalam menyusun esai. Catat poin-poin penting terlebih dahulu, kemudian susun menjadi padu.

Setelah itu, kamu bisa mulai menulis berdasarkan kerangka yang kamu buat sebelumnya. Kerangka juga menjadi panduan agar tulisanmu tidak keluar jalur.

4. Minta Feedback dan Revisi

Sudah selesai menulis? Jangan langsung submit!

Minta masukan dari orang lain, seperti mentor, dosen, atau teman. Gunakan masukan itu untuk memperbaiki esai kamu.

Periksa juga tata bahasa dan ejaan yang digunakan. Kamu bisa minta bantuan jasa proofreading profesional agar hasilnya semakin ciamik!

Nah, itulah dia sekilas informasi mengenai esai IISMA biar kesempatan lolosmu semakin besar.

Mau daftar beasiswa ke luar negeri, tapi masih bingung harus cari informasi dari mana? Coba kunjungi situs Kobi Education aja!

Kobi Education memberikan informasi lengkap tentang persiapan beasiswa, program mentoring, jasa proofreading dokumen beasiswa, hingga persiapan IELTS. Lengkap banget, kan?

Langsung kunjungi laman resmi mereka dan raih beasiswa impianmu!

Semoga bermanfaat, ya!

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar