Bahan Kimia untuk Menghilangkan Zat Besi dalam Air

Air dapat terkontaminasi oleh zat besi yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Salah satu upaya untuk menghilangkan kadar zat besi dalam air adalah menggunakan bahan kimia. Namun penggunaan bahan kimia juga harus dibatasi agar tetap aman dan efektif.

Air yang terkontaminasi zat besi dapat memberikan rasa dan bau yang tidak sedap, membuat air terlihat keruh, dan meninggalkan noda pada pakaian dan peralatan rumah tangga. Sehingga kita perlu untuk mencari cara agar air yang kita gunakan bersih dan aman.

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk menekan zat besi dalam air yang kita gunaka? Berikut Blog Kimia coba ulas pada artikel ini!

Kenapa Air Mengandung Zat Besi

Bahaya Air yang Mengandung Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang ditemukan secara alami dalam tanah dan air. Biasanya, air mengandung sedikit zat besi, tetapi dalam beberapa kasus, kadar zat besi dalam air bisa sangat tinggi. Kadar zat besi dalam air bervariasi tergantung pada lokasi geografis, jenis tanah, dan faktor lingkungan lainnya.

Mengonsumsi air yang mengandung zat besi secara teratur dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti ganggunan pencernaan, kerusakan organ tubuh hingga resiko kanker.

Bahan Kimia untuk Menghilangkan Zat Besi dalam Air

Ada beberapa cara untuk menghilangkan zat besi dalam air, termasuk penggunaan bahan kimia. Berikut daftar bahan kimia yang bisa digunakan untuk menghilangkan kadar Fe di dalam air:

1. Zeolit

Zeolit adalah mineral alam yang mengandung silika dan alumina. Bahan ini dapat digunakan untuk menghilangkan zat besi dari air dengan cara mengikatnya ke permukaannya. Zeolit tersedia dalam bentuk granul atau bubuk dan dapat digunakan dalam filter air.

Cara menggunakan zeolit yaitu dengan menambahkannya kedalam filter air. Kemudian biarkan air mengalir melalui filter. Penggunaan filter juga harus diperhatikan dengan mengganti zeolit secara teratur untuk menjaga efektivitasnya.

2. Klorin

Klorin adalah bahan kimia yang umum digunakan untuk menghilangkan zat besi dari air. Bahan kimia ini dapat mengoksidasi zat besi dan membuatnya terendap di dasar wadah. Klorin juga dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme lain yang berbahaya dalam air.

Cara menggunakan klorin yaitu dengan menambahkannya ke dalam wadah air dan biarkan selama beberapa jam. Kemudian zat air yang terkontaminasi akan mengendap ke bagian bawah wadah, sehingga air yang ada di bagian atas aman untuk digunakan.

3. Kalium Permanganat

Kalium Permanganat adalah bahan kimia yang kuat yang digunakan untuk menghilangkan zat besi dari air. Bahan ini dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi air yang sangat terkontaminasi dengan zat besi. Namun, penggunaan kalium permanganat harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata.

Cara menggunakan kalium permanganat yaitu dengan menambahkannya kedalam wadah yang berisi air. Kemudian biarkan untuk beberapa jam agar zat besi teroksidasi dan terendap ke bagian dasar wadah, sehingga yang ada pada bagian atas aman untuk digunakan.

4. Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida adalah bahan kimia yang dapat digunakan untuk menghilangkan zat besi dari air. Bahan ini mengoksidasi zat besi dan membentuk partikel yang lebih besar sehingga mudah dihilangkan. Hidrogen peroksida juga dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme lain dalam air.

Cara menggunakan hidrogen peroksida yaitu dengan menambhakannya kedalam wadah yang berisi air. Kemudian biarkan selama beberapa jam agar zat besi teroksidasi dan membentuk partikel yang lebih besar. Gunakan filter air untuk menghilangkan partikel-partikel besar yang terbentuk, sehingga air akan aman untuk digunakan.

5. Asam Askorbat

Asam Askorbat adalah bahan kimia yang digunakan sebagai antioksidan dan nutrisi tambahan. Namun, asam askorbat juga dapat digunakan untuk menghilangkan zat besi dari air. Bahan ini mengoksidasi zat besi dan membentuk partikel yang lebih besar sehingga mudah dihilangkan.

Cara menggunakan asam askorbat yaitu dengan menambahkannya ke dalam wadah yang berisi air. Kemudian diamkan selama beberapa jam agar zat besi teroksidasi dan membentuk partikel yang lebih besar. Gunakan filter air untuk menghilangkan partikel-partikel besar yang terbentuk, sehingga air akan aman untuk digunakan.

Kesimpulan

Penggunaan air yang bebas dari kontaminan seperti zat besi sangalah penting untuk menhaga kesehatan dan keersihan. Berbagai bahan kimia dapat digunakan untuk menghilangkan zat besi dari air, seperti zeolit, klorin, kalium permanganat, hidrogen peroksida, dan asam askorbat.

Setiap bahan kimia memiliki cara penggunaan yang berbeda, oleh karena itu penting untuk membaca instruksi penggunaan dengan seksama sebelum menggunakannya.

Avatar

Meidi Y

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia yang Sedang Melanjutkan Kuliah S1 Teknologi Hasil Pertanian di Kota Pendidikan.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar