Fungsi dan Cara Kerja Bahan Aktif Klorotalonil

Meidi Yuwono

Klorotalonil adalah salah satu bahan aktif yang telah lama digunakan dalam pertanian sebagai fungisida untuk melindungi tanaman dari serangan penyakit jamur. Penggunaannya yang luas dan efektif membuat klorotalonil menjadi pilihan utama petani dalam mengendalikan infeksi jamur yang dapat merusak hasil panen.

Pada artikel ini Blog Kimia ingin mengakak kalian untuk mengenal lebih dalam tentang bahan aktif klorotalonil, mulai dari fungsi, cara kerja, contoh fungisida berbahan aktif klorotalonil, dan beberapa merek dagang yang mengandung bahan aktif tersebut.

Apa itu Bahan Aktif Klorotalonil

Bahan Aktif Klorotalonil

Klorotalonil merupakan senyawa kimia berbentuk kristal yang masuk dalam kelompok ditiokarbamat. Senyawa ini memiliki sifat yang stabil dan tahan terhadap degradasi sehingga mampu memberikan perlindungan jangka panjang bagi tanaman.

Klorotalonil umumnya digunakan sebagai bahan aktif dalam berbagai produk fungisida yang dapat diaplikasikan pada berbagai tanaman, termasuk tanaman pangan, tanaman hortikultura, dan tanaman kehutanan.

Fungsi Bahan Aktif Klorotalonil

Fungisida berbahan aktif klorotalonil berperan penting dalam melindungi tanaman dari serangan penyakit jamur. Klorotalonil bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan dan perkembangan jamur patogen.

Selain itu, bahan aktif ini juga memiliki sifat protektif, artinya dapat membentuk lapisan pelindung di permukaan tanaman. Sehingga menghalangi masuknya spora jamur dan mencegah infeksi pada tanaman di awal pertumbuhannya. Selain itu, dengan adanya klorotalonil tanaman dapat tumbuh dengan lebih sehat dan produktif.

Cara Kerja Bahan Aktif Klorotalonil

Klorotalonil bekerja dengan mengganggu proses metabolisme dalam sel jamur. Senyawa ini merusak enzim yang penting bagi perkembangan jamur, seperti enzim peroksidase dan katalase.

Akibatnya pertumbuhan dan reproduksi jamur terhambat, sehingga infeksi tidak dapat berkembang dan menyebar ke seluruh tanaman. Cara kerja ini menjadikan klorotalonil sebagai salah satu fungisida paling efektif dalam mengendalikan berbagai jenis penyakit jamur.

Contoh Fungisida Berbahan Aktif Klorotalonil

Beberapa contoh produk fungisida yang mengandung bahan aktif klorotalonil adalah “Daconil” dan “Chlorothalonil 720 SC”. Produk-produk ini umumnya tersedia dalam bentuk larutan konsentrat yang dapat diencerkan sebelum digunakan.

Keberadaan berbagai merek fungisida ini memberikan opsi yang luas bagi petani dalam memilih perlindungan terbaik untuk tanaman mereka. Adapun beberapa merek dagang yang mengandung bahan aktif klorotalonil adalah sebagai berikut:

  • Daconil™
  • Chlorothalonil 720 SC™
  • Bravo™
  • Echo™
  • Weather Guard™

Beberapa merek pada daftar di atas bisa kita dapatkan di beberapa toko fungisida ataupun di beberapa toko online.

Kesimpulan

Klorotalonil merupakan bahan aktif yang efektif dalam mengendalikan penyakit jamur pada tanaman. Fungisida berbahan aktif klorotalonil bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur patogen serta membentuk lapisan pelindung di permukaan tanaman. Beberapa produk-produk fungisida yang mengandung klorotalonil antara lain Daconil™ dan Chlorothalonil 720 SC™.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar