Viskometer Ostwald: Pengertian, Fungsi dan Prinsip Kerjanya

Meidi Yuwono

Viskometer ostwald adalah salah satu jenis viskometer yang dapat kita gunakan untuk mengukur tingkat kekentalan suatu zat cair. Alat ini lebih banyak kita lihat di laboratorium jika dibandingkan dengan jenis viskometer lainnya karena lebih sederhana.

Lalu apa itu viskometer ostwald? Mari kita belajar untuk mengenal alat viskositas ini secara lebih dalam pada artikel berikut!

Apa Itu Viskometer Ostwald?

Gambar Viskometer Ostwald

Viskometer Ostwald adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur viskositas suatu cairan. Viskositas adalah sifat fisik yang mengukur sejauh mana suatu cairan mengalir atau melawan aliran. Semakin tinggi viskositasnya, maka semakin lambat cairan tersebut mengalir.

Viskometer Ostwald biasanya terbuat dari kaca borosilikat yang tahan panas. Alat ini memiliki leher yang sangat panjang dan sempit, yang membuatnya cocok untuk mengukur viskositas cairan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Rumus yang digunakan dalam viskometer Ostwald adalah rumus Poiseuille:

Di mana:

  • η adalah viskositas cairan (dalam poise)
  • ΔP adalah perbedaan tekanan antara dua ujung leher viskometer (dalam pascal)
  • r adalah jari-jari leher viskometer (dalam meter)
  • L adalah panjang leher viskometer (dalam meter)
  • Q adalah laju aliran cairan (dalam meter kubik per detik)

Harga viskometer Ostwald bervariasi tergantung pada merek dan modelnya, tetapi umumnya berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Fungsi Viskometer Ostwald

Sama seperti jenis viskometer lainnya, viskometer Ostwald memiliki fungsi utama untuk mengukur viskositas suatu cairan. Pengukuran ini sangat penting dalam berbagai bidang, termasuk kimia, farmasi, makanan dan minuman, serta industri minyak dan gas.

Sehingga dengan mengetahui viskositas suatu cairan, peneliti atau laboran dapat mengoptimalkan proses produksi, mengukur kualitas produk, dan merancang formula yang sesuai.

Prinsip Kerja Viskometer Ostwald

Prinsip kerja viskometer Ostwald didasarkan pada hukum aliran fluida yang ditemukan oleh Jean-Louis Poiseuille. Cairan yang akan diukur viskositasnya dimasukkan ke dalam leher viskometer yang panjang dan sempit. Kemudian, tekanan diterapkan pada cairan sehingga cairan mengalir melalui leher tersebut.

Selama aliran cairan, perbedaan tekanan antara dua ujung leher diukur, dan dari data ini, viskositas cairan dapat dihitung menggunakan rumus Poiseuille yang telah disebutkan sebelumnya.

Cara Menggunakan Viskometer Ostwald

Cara menggunakan viskometer ostwald cukup mudah dan sederhana. Kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama pastikan viskometer bersih dan kering sebelum digunakan.
  • Kemudian isi leher viskometer dengan cairan yang akan diukur viskositasnya.
  • Setelah itu terapkan tekanan pada cairan agar mengalir melalui leher.
  • Selanjutnya ukur perbedaan tekanan antara dua ujung leher.
  • Terakhit hitung viskositas cairan menggunakan rumus Poiseuille.

Kemudahan dalam penggunaan viskometer ostwald membuat alat laboratorium ini hampir selalu ada di laboratorium, bahkan di laboratorium tingkat sekolah seperti SMP dan SMA.

Kelebihan dan Kekurangan Viskometer Ostwald

Setiap alat laboratorium dengan skala ukur pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk juga viskometer ostwald. Viskometer Ostwald memiliki kelebihan pada tingkat akurasi yang tinggi dalam mengukur viskositas cairan, serta kemampuannya untuk mengukur cairan dengan berbagai viskositas.

Namun, kekurangan utamanya adalah bahwa alat ini memerlukan penggunaan yang hati-hati dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan hasil yang akurat dibandingkan dengan viskometer modern seperti viskometer brookfield dan viskometer bola jatuh.

Kesimpulan

Viskometer Ostwald adalah alat laboratorium yang berfungsi untuk mengukur viskositas suatu cairan. Prinsip kerja dari viskometer ostwald didasarkan pada hukum aliran fluida. Penggunaan alat viskositas ini cukup mudah dan sederhana, sehingga banyak ditemukan di semua jenis laboratorium.

Viskometer ostwal memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa untuk dipertimbangkan dalam penggunaannya. Kelebihan dari viskometer ostwald terletak pada pengukuran dengan tingkat akurasi yang tinggi. Namun alat ini memerlukan penggunaan yang hati-hati dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan hasil yang akurat.

Bagikan Artikel Ini:

Meidi Yuwono

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia yang Sedang Melanjutkan Kuliah S1 Teknologi Hasil Pertanian di Kota Pendidikan.

Tinggalkan komentar