Singkatan Hasil Laboratorium Darah Lengkap: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Meidi Yuwono

Singkatan Hasil Laboratorium Darah Lengkap, Apa itu? – Saat mengunjungi dokter atau rumah sakit, dokter seringkali meminta kamu untuk melakukan tes darah. Tes darah adalah prosedur medis dimana sampel darah diambil dari tubuh untuk dianalisis di laboratorium. Tujuan dari tes darah adalah untuk membantu dokter dalam mendiagnosis masalah kesehatan atau memantau kondisi kesehatan pasien.

Setelah tes darah selesai, kamu akan menerima laporan laboratorium dari tes darah. Biasanya kamu akan menerima singkatan hasil laboratorium darah lengkap di dalam laporan tersebut. Namun, apa sebenarnya arti dari singkatan-singkatan yang ada di laporan laboratorium tersebut? Mari kita pelajari lebih lanjut pada artikel kali ini.

Apa itu Tes Darah Lengkap?

Tes darah lengkap, juga atau complete blood count (CBC), adalah tes medis yang paling umum pasien lakukan di laboratorium medis. Tes ini memberikan informasi penting tentang sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit dalam darah pasien. Hasil tes ini dapat membantu dokter dalam mendiagnosis masalah kesehatan seperti anemia, infeksi, atau penyakit darah lainnya.

Tes darah lengkap biasanya melibatkan pengambilan sampel darah dari lengan pasien menggunakan jarum suntik. Setelah itu, sampel darah akan dokter analisis di laboratorium sesuai dengan prosedur pengujian. Kemudian hasil tes ini akan dokter berikan di hari yang sama atau dalam beberapa hari, tergantung pada laboratorium dan jenis tes yang kamu lakukan.

Singkatan Hasil Laboratorium Darah Lengkap

Singkatan Hasil Laboratorium Darah Lengkap

Setelah selesai melakukan tes darah lengkap, kamu akan menerima singkatan hasil laboratorium darah lengkap dalam sebuah lembaran hasil tes laboratorium. Singkatan ini biasa dokter gunakan untuk mempermudah dalam membaca hasil tes darah. Namun, jika kamu tidak mengerti arti singkatan tersebut, mungkin artikel ini bisa membantu kamu untuk memahaminya.

Berikut adalah beberapa singkatan hasil laboratorium darah lengkap yang paling umum dan arti dari masing-masing singkatan tersebut:

  1. Hemoglobin (Hb): Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
  2. Hematokrit (Hct): Hematokrit adalah persentase volume sel darah merah dalam darah.
  3. Jumlah sel darah putih (WBC): WBC adalah ukuran dari jumlah sel darah putih yang terdapat dalam darah.
  4. Platelet (Plt): Trombosit adalah jenis sel darah yang membantu dalam pembekuan darah.
  5. Mean Corpuscular Volume (MCV): MCV adalah ukuran rata-rata dari ukuran sel darah merah.
  6. Mean Corpuscular Hemoglobin (MCH): MCH adalah ukuran rata-rata dari kandungan hemoglobin dalam setiap sel darah merah.
  7. Mean Corpuscular Hemoglobin Concentration (MCHC): MCHC adalah ukuran rata-rata dari konsentrasi hemoglobin dalam sel darah merah.
  8. Red Cell Distribution Width (RDW): RDW adalah variasi ukuran sel darah merah dalam darah. Sel darah merah yang sehat seharusnya memiliki ukuran yang seragam.
  9. Differential White Blood Cell Count (Diff): Diff adalah tes yang menghitung jumlah sel darah putih yang berbeda dalam darah.
  10. Neutrophil (Neu): Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang membantu melawan infeksi bakteri.
  11. Lymphocyte (Lym): Limfosit adalah jenis sel darah putih yang membantu melawan infeksi virus dan bakteri.
  12. Monocyte (Mon): Monosit adalah jenis sel darah putih yang membantu dalam melawan infeksi dan peradangan.
  13. Eosinophil (Eos): Eosinofil adalah jenis sel darah putih yang terlibat dalam respon alergi dan melawan parasit.
  14. Basophil (Bas): Basofil adalah jenis sel darah putih yang terlibat dalam respon alergi dan peradangan.
  15. Glukosa Darah: Tes glukosa darah dapat membantu dokter dalam mendiagnosis diabetes atau masalah kesehatan lain yang terkait dengan kadar gula darah.

Kesimpulan

Tes darah lengkap sangat penting untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang kesehatan seseorang. Dengan memeriksa komponen-komponen darah, dokter dapat mendiagnosis berbagai kondisi medis dan menyediakan pengobatan yang tepat. Terdapat beberapa singkatan dalam tes darah, dan masing-masing memiliki makna dan nilai diagnostiknya sendiri.

Namun, penting untuk diingat bahwa hasil tes darah harus dianalisis oleh dokter yang berpengalaman dan terlatih. Hasil tes darah akan menjadi pertimbangan dokter bersamaan dengan riwayat medis, gejala, dan tanda-tanda klinis lainnya untuk membuat diagnosis yang akurat.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar