Refraktometer: Fungsi, Prinsip Kerja dan Cara Menggunakan

Meidi Yuwono

Refraktometer menjadi alat yang tak tergantikan di berbagai industri kimia karena mampu mengukur konsentrasi suatu substansi dengan cepat dan akurat.

Refraktometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur indeks bias cahaya saat melewati suatu medium. Indeks bias adalah ukuran kemampuan medium dalam membelokkan cahaya, yang bervariasi sesuai dengan konsentrasi solut yang terlarut dalam medium tersebut.

Fungsi Refraktometer

Gambar Refraktometer

Refraktometer biasanya digunakan untuk mengukur konsentrasi zat terlarut dalam cairan, seperti larutan gula dalam air atau kadar brix dalam buah-buahan.

Dalam industri makanan dan minuman, refraktometer digunakan untuk mengukur kadar gula dalam minuman atau buah-buahan.

Sedangkan dalam bidang pertanian, refraktometer berguna untuk mengukur konsentrasi gula dalam buah matang sehingga dapat ditentukan waktu panen yang tepat.

Prinsip Kerja Refraktometer

Refraktometer bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya. Cahaya yang melewati suatu medium dengan indeks bias yang berbeda akan mengalami pembiasan yang juga berbeda.

Refraktometer umumnya menggunakan lensa dan prisma untuk mengukur sudut pembiasan cahaya. Sudut ini kemudian dikonversi menjadi nilai indeks bias atau skala konsentrasi yang sesuai.

Cara Menggunakan Refraktometer

Penggunaan refraktometer umumnya melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Bersihkan permukaan prisma atau lensa refraktometer.
  • Teteskan sedikit cairan yang akan diukur pada prisma atau lensa.
  • Tutup kembali prisma atau lensa dengan hati-hati untuk menghindari gelembung udara.
  • Melalui lensa atau prisma, lihat melalui eyepiece refraktometer dan sesuaikan fokus hingga garis pembagi jelas terlihat.
  • Baca skala pada refraktometer yang menunjukkan nilai indeks bias atau konsentrasi.

Bagian-Bagian Refraktometer Beserta Fungsinya

  • Prisma/Lensa: Tempat di mana cairan ditempatkan untuk diukur.
  • Eyepiece: Bagian di mana pengguna melihat garis pembagi cahaya.
  • Skala: Menunjukkan nilai indeks bias atau konsentrasi.
  • Pendulum: Membantu mengatur cairan agar merata di permukaan prisma/lensa.
  • Adjustment Screw: Digunakan untuk mengatur fokus garis pembagi.

Cara Membaca Skala Refraktometer

Skala refraktometer biasanya memiliki dua skala, yaito skala Brix dan skala indeks bias. Pengguna membaca nilai indeks bias atau konsentrasi pada skala tersebut melalui garis pembagi cahaya. Nilai yang terbaca menunjukkan konsentrasi zat terlarut dalam cairan.

Penentuan indeks bias dengan refraktometer dapat dilakukan dengan menggunakan standar indeks bias yang sudah diketahui. Setelah kalibrasi, refraktometer dapat langsung digunakan untuk mengukur indeks bias dari cairan yang diuji.

Kesimpulan

Refraktometer adalah alat laboratorium yang penting untuk mengetahui konsentrasi zat terlarut dalam cairan. Dengan prinsip pembiasan cahaya, alat ini mampu memberikan informasi tentang kualitas dan komposisi bahan yang dianalisis.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar