Prinsip Kerja Mikropipet – Bagi kamu yang tertarik dengan laboratorium, pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan sebuah alat yang dinamakan dengan mikropipet? Ya, mikropipet ini adalah alat pengukuran dan juga pemindahan suatu cairan dalam jumlah volume yang terbilang cukup kecil. Untuk satuannya sendiri bisa mencapai satuan microliter. Oleh karena itu, alat ini biasa digunakan untuk berbagai penelitian yang berhubungan dengan kimia, mikrobioligi, forensik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu ingin melakukan sebuah penelitian yang membutuhkan alat laboratorium dengan tingkat keakuratan yang sangat tinggi, maka mikropipet adalah salah satu alat tersebut. Pada umumnya, alat ini memang sangat penting karena tidak dapat digantikan oleh alat lain seperti pipet ukur ataupun pipet gondok sekalipun.

Nah agar kamu bisa menggunakan mikropipet ini, tentu harus mengetahui bagian-bagian yang ada di antaranya yaitu pompa penarik atau plunger button, volume display, tip ejector button, batang dan ujung pipet. Untuk bisa mengetahui lebih jauh mengenai alat yang satu ini, maka dalam ulasan kali ini kita akan mengetahui tentang prinsip kerja mikropipet yang perlu diketahui. Berikut ulasannya!

Prinsip Kerja Mikropipet

Prinsip Kerja Mikropipet

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mikropipet ini memiliki beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing. Selain itu, sebenarnya adapula berbagai macam jenis mikropipet yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Tetapi, umumnya untuk prinsip kerjanya masih sama dimana bulb atau plunger yang ada di bagian atas pipet ini ditekan supaya udara yang ada di dalam ini akan terdorong keluar sehingga nantinya akan menjadi vakum.

Kemudian, apabila ujung pipet tersebut dimasukkan ke dalam sebuah cairan lalu dilepaskan, maka cairan tersebut akan masuk ke dalam pipet tersebut untuk dipindahkan. Apabila cairannya sudah masuk dengan takaran yang sudah ditentukan, setelah itu cairan tersebut pun telah siap untuk dipindahkan ke wadah yang lain. Cara mengeluarkan cairan tersebut pun terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu menekan plunger di bagian atas saja. Bagaimana cukup mudah bukan untuk memahami prinsip kerja mikropipet?

Perwatan Mikropipet

Cara Merawat Mikro Pipet

Setelah kamu memahami prinsip kerja dari mikropipet tersebut, alangkah baiknya juga harus mengetahui cara merawat alat ini. Memang tidak ada perlakuan khusus untuk bisa merawatnya. Kamu hanya perlu memerhatikan berbagai hal, termasuk kebersihan dari alat ini. Pertama, bersihkan alat ini setiap setelah digunakan baik itu menggunakan alkohol ataupun air. Kedua, pakailah autoclave untuk mensterilkan alat tersebut sehingga terhindar dari berbagai bakteri.

Itulah ulasan mengenai prinsip kerja mikropipet yang perlu kamu ketahui. Untuk cara perawatan yang harus diutamakan adalah kebersihan supaya tidak terkontaminasi oleh zat-zat lain yang bisa saja mengurangi tingkat keakuratan dari alat tersebut.