Blogkimia – Dalam kegiatan penelitian di laboratorium tentu kita membutuhkan peralatan yang memadai untuk menunjang kegiatan tersebut. Entah itu untuk menyaring, memanaskan, ataupun memindahkan larutan.

Minggu lalu kita sudah belajar mengenai pipet ukur, dan sekarang kita akan membahas alat laboratorium yang hampir sama, yaitu pipet volume atau pipet gondok. Mari kita simak bersama ulasannya berikut ini:

Pengertian Pipet Volume

Gambar Pipet Volume

Gambar Pipet Volume

Pipet volume adalah alat laboratorium volumetrik yang ada di laboratorium. Pipet volume juga kerap di sebut dengan sebutan pipet gondok karena bentuknya yang mengembung seperti eceng gondok.

Sebagai salah satu alat ukur kuantitatif, pipet volume memiliki tingkat akurasi yang lebih baik apabila dibandingkan dengan pipet ukur biasa. Hal ini karena pipet volume hanya dapat mengukur satu ukuran volume saja.

Misalnya saja saat kalian ingin melakukan pemipetan larutan dengan volume 50 mL, maka gunakanlah pipet volume dengan ukuran 50 mL saja. Inilah yang membuat pipet volume memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Fungsi Pipet Volume

Setelah kita mengetahui apa itu pipet volume, maka sekarang kita akan belajar mengenai fungsi pipet volume di laboratorium. Kegunaan pipet volume sebenarnya hampir mirip dengan pipet ukur, yaitu memindahkan larutan.

Namun secara garis besar fungsi pipet volume adalah untuk mengambil cairan dengan satu ukuran tertentu dengan ketelitian yang tinggi.

Karena memiliki tingkat ketelitian yang tinggi maka pipet volume lebih baik digunakan pada pengujian yang bersifat kuantitatif, misalnya seperti pengujian yang menggunakan metode titrasi.

Cara Menggunakan Pipet Volume

Banyak yang bertanya bagaimana cara menggunakan pipet volume? Pada saat kita berada di laboratorium dan ingin menggunakan alat laboratorium, tentu sebaiknya kita membaca cara penggunaan alat tersebut agar tidak terjadi hal yang beresiko.

Berikut ini cara menggunakan pipet volume yang benar:

  1. Bilas pipet volume dengan akuades agar tidak ada kontaminasi dari bahan kimia lainnya.
  2. Pasangkan rubble buld di ujung pipet volume yang digunakan untuk menyedot larutan.
  3. Masukan ujung bawah pipet volume ke dalam wadah larutan yang ingin disedot. Tekan bagian S pada penghisap pipet untuk menyedot larutan kedalam pipet volume. Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar pipet volume dengan tisu agar tidak ada larutan yang menempel.
  4. Tepatkan volume pada garis miniskus dengan menekan bagian E pada penghisap pipet.
  5. Jika sudah tepat volume larutan yang berada di dalam pipet volume maka pindahkan larutan tersebut ke wadah yang akan dilakukan pengujian. Caranya bisa dengan menekan bagian E pada rubble buld atau bisa dengan cara di lepas rubble buld-nya.
  6. Cuci kembali pipet volume apabila sudah selesai digunakan dan kembalikan lagi ke rak perlatan laboratoriumyang tersedia.

Itulah cara menggunakan pipet volume yang benar. Walaupun terlihat mudah, namun kita harus membaca prosedur penggunaan alat ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di laboratorium. Lihat video dibawah ini agar kalian tidak bingung lagi.

Harga Pipet Volume

Ukuran Skala Pipet Volume

Ukuran Skala Pipet Volume

Karena pipet volume memiliki beberapa ukuran, maka harga pipet volume juga beragam. Berikut ini adalah perkiraan harga pipet volume yang ada di marketplace Indonesia:

  • Pipet volume 1 mL memiliki harga Rp. 30.000 -> Beli Disini
  • Pipet volume 5 mL memiliki harga Rp. 40.000 -> Beli Disini
  • Pipet volume 10 mL memiliki harga Rp. 50.000 -> Beli Disini
  • Pipet volume 25 mL memiliki harga Rp. 75.000 -> Beli Disini
  • Pipet volume 50 mL memiliki harga Rp. 100.000 -> Beli Disini
  • Pipet volume 100 mL memiliki harga Rp. 150.000 -> Beli Disini

Daftar diatas adalah informasi perkiraan harga pipet volume yang sudah kami kumpulkan dari marketplace.

Kalian bisa menggunakan daftar harga diatas sebagai referensi apabila ingin membeli pipet volume di toko kesayangan kalian. Atau bisa beli langsung melalui link yang sudah kami sediakan di atas.

Kesimpulan

Dari tulisan yang sudah kita baca di atas maka bisa ditarik kesimpulan bahwa:

  • Pipet volume adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengambil larutan kimia.
  • Ketelitian pipet volume sangat tinggi jika dibandingakan dengan pipet ukur biasa yang ada di laboratorium.
  • Pipet volume terbuat dari bahan kaca borosilikat yang tidak bereaksi terhadap bahan kimia.

Itulah pengertian dan fungsi pipet volume laboratorium. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari referensi mengenai pipet volume dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.