Alat Laboratorium
Home » Blog » Perbedaan Tabung Reaksi dan Cawan Penguap

Perbedaan Tabung Reaksi dan Cawan Penguap

Perbedaan Tabung Reaksi dan Cawan Penguap – Laboratorium merupakan tempat penelitian dan eksperimen yang dilengkapi dengan banyak peralatan laboratorium. Misalnya seperti peralatan laboratorium dari gelas dan porselin.

Peralatan gelas dan porselin yang sering kita gunakan di laboratorium biasanya tabung reaksi dan cawan penguap. Meskipun kedua alat ini sering kita gunakan dalam proses penguapan, namun ada perbedaan mendasar pada fungsi dan penggunaannya.

Kira-kira apa itu? Mari kita bahas bersama mengenai perbedaan kedua alat in di ulasan berikut!

Apa itu Tabung Reaksi?

Gambar Tabung Reaksi

Tabung reaksi adalah salah satu alat laboratorium yang sering kita gunakan pada eksperimen kimia dan biologi. Alat ini berbentuk silinder dengan ujung terbuka dan dilengkapi dengan pangkal yang datar. Tabung reaksi biasanya terbuat dari kaca borosilikat yang tahan terhadap perubahan suhu dan bahan kimia. Fungsi tabung reaksi adalah untuk mencampur, memanaskan, dan mereaksikan berbagai zat kimia.

Selain itu, tabung reaksi juga sering digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara zat-zat kimia sebelum proses selanjutnya. Penggunaan penjepit tabung memungkinkan tabung reaksi diposisikan secara aman di atas rak penyangga, yang membantu menghindari kontaminasi atau bahaya lainnya.

Cawan Penguap

Gambar Cawan Penguap

Cawan penguap atau yang lebih kita kenal dengan nama cawan porselin adalah alat laboratorium berbentuk cekung yang digunakan untuk menguapkan pelarut dari sampel atau larutan. Biasanya cawan ponguap sering digunakan dalam analisis kuantitatif dan kualitatif, misalnya seperti pemisahhan senyawa dan kristalisasi.

Sesuai dengan namanya, cawan porselin terbuat dari bahan porselin yang tahan terhadap panas peleburan di dalam tanur dan oven laboratorium.

Perbedaan Tabung Reaksi dan Cawan Penguap

Meskipun tabung reaksi dan cawan poreselin terlihat mirip, namun keduanya memiliki perbedaan yang mendasar pada fungsi dan penggunaannya. Berikut ini beberapa perbedaannya:

  1. Tabung reaksi digunakan untuk mencampur, memanaskan, atau mereaksikan berbagai zat kimia, sedangkan cawan penguap digunakan untuk menguapkan pelarut dari sampel atau larutan.
  2. Tabung reaksi memiliki ujung terbuka dan pangkal datar, sedangkan cawan penguap berbentuk cekung.
  3. Tabung rekasi terbuat dari bahan kaca borosilikat yang tahan terhadap panas, sedangkan cawan penguap terbuat dari bahan porselin yang tahan terhadap suhu ekstream di dalam tanur.

Kesimpulan

Tabung reaksi dan cawan porselin adalah dua alat laboratorium yang berbeda fungsi dan penggunaannya. Pemahaman mengenai perbedaan antara keduanya memungkinkan kita sebaagai peneliti untuk memilih alat yang tepat sesuai dengan kebutuhan eksperimen dan analisis yang akan kita lakukan.

Sehingga hasil pengukuran dan akurasi data yang kita dapatkan pada pengujian yang kita lakukan bisa dipertanggungjawabkan.

Meidi Yuwono

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia dan S1 Teknologi Hasil Pertanian yang memiliki minat menulis artikel bertema edukasi & pendidikan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.