Apa Perbedaan Antara Kertas Saring Whatman 40 ,41 dan 42

Sering bingung saat mendengar kertas saring whatman 40, 41 dan 42? Sebenarnya apa arti nomer penyematan pada kertas saring tersebut? Apakah perbedaan nomer pada kertas saring whatman memiliki fungsi yang berbeda-beda?

Apa itu Kertas Saring?

Kertas saring adalah suatu lembaran kertas semi permeable berpori mikro yang sering kita gunakan saat proses filtrasi dan pemisahan suatu zat cair tersuspensi. Secara umum fungsi kertas saring adalah untuk memisahkan antara suspensi dari cairan, atau zat terlarut dari zat padat yang tercampur.

Perbedaan Kertas Saring Whatman 40 41 42

Perbedaan Kertas Saring Whatman 40 41 42
Perbedaan Kertas Saring Whatman 40 41 42

Lalu apa perbedaan antara kertas saring whatman tersebut yah? Sebenarnya penyematan nomer pada kertas saring ini tergantung dari pengujian dan metode yang digunakan. Artinya setiap jenis kertas saring memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan analisanya.

Namun dari jenis kertas saring yang kita bahas kali ini adalah kertas saring yang memiliki sifat kuantitatif, sehingga tidak akan banyak perbedaan dari fungsi dan kegunaan setiap jenisnya.

Berikut ini adalah perbedaan dan dari kertas saring whatman yang ada di laboratorium:

Kertas Saring Whatman 40 (Grade 40)

Kertas saring adalah jenis kertas saring yang memiliki kecepatan dan retensi sedang. Dalam pengujian laboratorium peneliti biasanya menggunakan kertas saring ini pada saat:

  • Analisis gravimetri untuk zat kontaminan dalam semen, tanah liat, besi, dan baja.
  • Pemisahan bahan padat dalam analisis tanah secara umum
  • Kuantitas sedimen dalam susu
  • Analisisi spektroskopi serapan atom

Kertas Saring Whatman 41 (Grade 41)

Grade 41 adalah jenis kertas saring kuantitatif tercepat yang cocok untuk menyaring partikel kasar dan endapan. Kertas saring jenis ini juga bekerja sangat baik dalam analisis polusi udara kuantitatif.

Kertas Saring Whatman 42 (Grade 42)

Grade 42 adalah jenis kertas saring yang sangat cocok digunakan untuk analisis gravimetri yang kompleks. Endapan yang dapat tersaring oleh kertas saring ini antara lain barium sulfate, asam stannat dan kalsium karbonat.

Itulah perbedaan antara masing-masing kertas saring berdasarkan labelnya yang bisa kamu ketahui. Sebenarnya masih banyak jenis kertas saring yang bisa kita temukan di laboratorium dan perlu untuk kita pelajari. Kami juga menyertakan sumber acuan yang lebih lengkap berikut, kunjungi link berikut ini!

Avatar

Meidi Y

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia yang Sedang Melanjutkan Kuliah S1 Teknologi Hasil Pertanian di Kota Pendidikan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar