Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan – Pembelajaran akan ilmu kimia telah diperkenalkan sejak anak usia SMP, bahkan sebagian ada yang mulai dari SD. Namun ilmu kimia hanya diperkenalkan dalam bentuk dasar. Hal ini bertujuan agar dasar-dasar pemahaman akan ilmu kimia dapat terus menerus diingat sampai kejenjang yang lebih jauh.

Segala bentuk unsur materi yang ada dialam semesta telah dipelajari dan dikaji secara rinci dalam ilmu kimia. Lewat pembelajaran ilmu kimia, ada banyak sekali pemahaman akan alam yang bisa diperoleh. Bahkan bagi sebagian orang, ilmu kimia telah dinobatkan menjadi suatu kebutuhan. Sehingga, dari situ lahirlah istilah peran ilmu kimia dalam kehidupan.

Peran Ilmu Kimia Dalam Kehidupan

Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan

Didalam berbagai hal, cakupan akan ilmu kimia memang sudah sangat luas. Hal ini bisa mencakup segala hal yang ada dimuka bumi, bisa berbentuk material, maupun nonmaterial. Nah, sudahkah kalian merasa bahwa setiap kegiatan keseharian manusia itu ternyata memiliki keterkaitan akan ilmu kimia loh?. Untuk lebih jelasnya maka disinilah akan dijelaskan.

Ilmu kimia kini telah menjadi corong menuju terbukanya jalan kemajuan dalam kehidupan manusia. Nah, berbicara ilmu kimia, tidak hanya meliputi apa yang terjadi saat ini, tetapi bahkan meliputi segala hal yang sudah dihasilkan di masa lalu, untuk peradaban masa yang akan mendatang. Hal ini dapat dicontohkan dengan adanya kemajuan teknologi dari masa kemasa.

A. Peran Ilmu Kimia di Berbagai Bidang

Ilmu kimia telah mampu menciptakan peradaban baru, serta menjadi resolusi bagi kehidupan untuk generasi yang lebih maju. Dengan hadirnya ilmu kimia, segala bentuk ketidaktahuan akan teknologipun menjadi semakin berkembang. Ketika alam sulit difungsikan, maka lewat peran ilmu kimia semua menjadi lebih mudah.

Penjelasan tersebut memiliki artian singkat, yaitu peran ilmu kimia dalam kehidupan merupakan suatu hal yang dinilai penting dan berharga. Peran ilmu kimia tidaklah hanya bisa dianggap remeh, hal ini dikarenakan ada banyak manfa’at yang dapat diperoleh dari ilmu kimia. Sehingga, kedudukan ilmu kimia saat ini telah disejajarkan dengan ilmu-ilmu lainnya. Berikut beberapa peran ilmu kimia di berbagai bidang :

1. Bidang Kesehatan, Kedokteran dan Farmasi

Peran Ilmu Kimia di Bidang Kesehatan

Melalui ilmu kimia, tumbuhan bisa diracik dan dijadikan obat-obatan, pekerjaan para dokter dan para ilmuanpun dipermudah. Pemanfa’atan hasil alam juga lebih meningkat. Berbagai kebutuhan yang dibutuhkan tubuhpun bisa diketahui. Hal ini dikarenakan adanya peran ilmu kimia.

Dibidang ini ilmu kimia dikembangkan dalam pembuatan berbagai macam jenis obat, analis kesehatan, pemberian vaksin, dan bahkan masih banyak lagi. Proses yang dipelajari di sini berkaitan tentang berbagai hal, yakini tentang seperti apa saja racikan pembuatanan obat, perhitungan dosis, dan juga dalam penentuan jenis obat-obatan.

2. Bidang Pertanian

Peran Ilmu Kimia di Bidang Pertanian

Pemanfa’atan kotoran ayam yang dijadikan juga merupakan hasil dari adanya peran ilmu kimia dalam kehidupan. Sudah diketahui bahwa penggunaan pupuk dibidang pertanian merupakan hal yang sangat penting. Tanpa adanya peran ilmu kimia, entah akan seperti apa nantinya.

Dengan adanya ilmu kimia kesuburan akan tanah akan terus terjaga. Berbagai pestisida yang dihasilkan oleh ilmu kimia juga dapat menangkal berbagai hama yang akan menyerang tanaman. Dengan begitu, tanaman dapat terus dilindungi dan dijaga dalam pelestariannya. Sehingga hasil panen yang didapatkan sangatlah memuaskan.

3. Bidang Teknologi

Teknologi yang bisa kita nikmati saat ini dengan berbagai fitur serta kemajuan yang ada, yang bukan hanya dalam bentuk gadget saja, tapi juga bahkan berbagai mesin yang digunakan diberbagai perusahaan. Teknologi yang sudah menjadi sarang bagi banyak masyarakat dibelahan dunia manapun.

Untuk memudahkan dalam pembuatan serta penggunaan teknologi baru itu, dibutuhkan adanya pemahaman dalam bidang ilmu kimia. Mengapa demikian?, karena segala bentuk material yang dibutuhkan dalam pembuatan teknologi itu dihasilkan oleh alam, dan agar bisa dijadikan produk baru, maka perlu diketahui strukturnya terlebih dahulu.

4. Bidang Industri

Produk yang dikembangkan di dunia perindustrian sangatlah banyak. Tanpa adanya pengkajian terlebih dahulu, maka semua produk baru tidak akan dapat terciptakan. Berbagai alat seperti mesin industri dengan ukuran yang besar-besar, semua itu membutuhkan bahan dengan kualitas baik.

Bahan yang diperlukan bisa berbentuk besi, timah, ataupun bahan lainnya. Nah, agar mengetahui kadar atau kondisi dalam suatu baja atau timah maka diperlukan peranan ilmu kimia. Karena tanpa memastikan kualitas bahan yang hendak dibuat terlebih dahulu, kemungkinan mesin tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

5. Bidang Biologi

Ternyata selain sama-sama merupakan cabang ilmu IPA, ilmu kimia dan juga biogi saling membutuhkan. Contoh seperti penjelasan akan hal yang bersifat kimiawi didalam tubuh manusia, atau makhluk hifup lainnnya itu tetap membutihkan ilmu kimia sebagai penjelasnya.

6. Bidang Geologi

Contoh dari hasil akan peran ilmu kimia dalam bidang ini berupa pengetahuan yang dihasilkan dari pengamatan struktur dan atom-atom yang tersusun dalam sebuah batuan. Hal ini juga membantu para ilmuan dalam menentukan berapa jumlah kadar komposisi yang berada dalam sebuah batuan itu.

7. Fografi dan Seni

Dalam pembuatan sebuah karya seni layaknya film, dan juga media untuk menuangkan seni contoh halnya kertas foto merupakan sesuatu yang bukan cuma-cuma. Tetapi, hal ini merupakan hasil dari senyawa kimia yang berupa perak (Ag Br dan AgI). Nah, perak inilah yang digunakan dalam pembuatan film, foto dan juga kertas foto.

Jadi, peran ilmu kimia dalam kehidupan sangatlah banyak, terlebih lagi bagi kesejahteraan manusia. Namun, tidak hanya membawa dampak yang baik (positif), ilmu kimia juga bisa menjadi membawa dampak yang buruk entah itu bagi manusia, alam sekitar, dan apa-apa saja yang berada di dalam alam.

B. Dampak Dari Penggunaan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan

Penyalahgunaan Ilmu Kimia dalam Pembuatan Bahan Peledak

1. Dapat Menimbulkan Penyalahgunaan Terhadap Peran Ilmu Kimia

Dengan adanya ilmu baru ini berbagai hal dapat diciptakan, contohnya seperti pengawet makanan, formalin, dan berbagia zat kimia yang bisa membahayakan tubuh manusia. Hal ini ternyata malah jadi petaka bagi manusia.

Karena sudah maraknya kasus yang menyatakan penyalahgunaan bahan-bahan ini. Dengan pembuatan makanan-makanan atau produk-produk kecantikan palsu dan ilegal. Maka dari itu, kewaspadaan akan penggunaan berbagai produk baru yang mengandung banyak sekali bahan kimia haruslah ditingkatkan.

2. Menimbulkan Peperangan dan Banyak Kejahatan

Berbagai kejahatan dilakukan, seperti proses pembunuhan yang menggunakan bahan-bahan kimia beracun. Karena dengan adanya ilmu kimia bom pun dapat terciptakan, maka kebanyakan orang justru malah menggunakannya untuk kepentingan-kepentingan pribadi dan kelompoknya.

Peperangan yang sudah marak terjadi di mana-mana, hal dikarenakan akses untuk bisa melakukan peperangan kini bertambah banyak. Sehingga angka kejahatan dari tahun ke tahunpun semakin meningkat. Dan telah banyak sekali orang-orang yang menjadi korbannya.

3. Dapat Merusak Alam

Jika penggunaan akan ilmu kimia tidaklah bijak maka tidak hanya manusia, tetapi alampun bisa mendapatkan dampaknya. Lapisan ozon yang berada di atmosfer akan semakin menipis dan lingkunganpun dapat tercemar karena limbah yang dihasilkan dari berbagai bahan kimia beracun.

Itulah bahasan mengenai peran ilmu kimia dalam kehidupan. Jadi, tidak selamanya ilmu kimia mampu memberikan kesejahteraan. Kadang kala ilmu kimia juga malah merusak. Hal itu bergantung kepada kebijakan siapa pun yang menggunakan dan memanfa’atkannya. Kita harus pandai memilah dan memilih berbagai hal yang mana memiliki nilai positif dan mana yang memiliki nilai negatif.