Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari – Sejatinya, mengapa ilmu kimia telah diperkenalkan dan diciptakan?. Ilmu ini bertujuan agar terciptanya suatu kemajuan dalam kehidupan, baik secara individu maupun kelompok. Oleh karena itu, peran serta ilmu kimia sangatlah penting. Berikut pembahasan peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Ilmu kimia dapat berjaya dan mengalami revolusi sampai sejauh ini itu berkat temuan dan pemikiran para kimiawan muslim. Hal ini didasarkan cetusan para kimiawan non muslim. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ilmu kimia telah lahir sejak tahun 1400 masehi, karena ilmu kimia ternyata telah dilahirkan sejak masa kekhilafahan.

Peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari

Ilmu kimia merupakan salah satu ilmu yang telah didirikan atau dicetuskan oleh kimiawan pertama yang juga diberi gelar bapak kimia modern (The Father Of Modern Chemistry) yakni Jabir Ibnu Hayyan. Dan hasil dari berbagai penelitian itu kini menjadi peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari.

A. Pengenalan Ilmu Kimia

Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari di Berbagai Bidang

Sebelum mengetahui pemanfa’atan ilmu kimia tentu perlu diketahui dasar dari ilmu kimia, yaitu hal-hal mendasar tentang ilmu kima, seperti apa itu ilmu kimia?, apa saja yang dipelajari didalamnya?, sejak kapan ilmu kimia itu ada?, siapa saja ilmuan pencetus ilmu kimia?, dan juga hal lainnya. Berikut beberapa uraiannya.

1. Pengertian ilmu kimia dasar

Ilmu kimia di artikan sebagai ilmu yang mempelajari hal-hal atau material-material yang ada didalam bumi. Material-material seperti apa sajakah yang dipelajari?, yakni berbentuk senyawa, ion, larutan, yang digali bahkan sampai pada molekul paling kecil.

Sehingga dengan begitu dapat diketahui seperti apa itu struktur atau ion terkecil dari suatu materi yang terdapat di alam. Entah itu benda hidup ataupun benda mati. Segala bentuk material yang ada dimuka bumi ini akan dibahas dan dipelajari melalui ilmu kimia.

2. Ilmuan-ilmuan kimia

Jumlah kimiawan yang berada diseluruh belahan dunia sudah dapat dipastikan dengan jumlah yang sangat banyak. Apalagi jika dirangkum dari kimiawan-kimiawan terdahulu yang lebih dulu telah melahirkan dan menciptakan ilmu kimia dasar, atau yang disebut denga istilah alkimia. Berikut nama beberapa kimiawan yang sudah terangkum :

a. Dmitri Mendeleev (18034-1907)

Merupakan seorang ahli kimia yang dilahirkan dengan berkembangsaan Rusia ini telah mencetuskan tenemuannya yakni berupa tabel periodik unsur. Penciptaan tabel ini didasarkan pada perubahan bilangan atom. Bahkan sampai detik ini tabel periodik unsur masih aktif digunakan sebagai media pembelajaran struktur ilmu kimia.

b. Abu Musa Jabir Bin Hayyan (721 M-813 M)

Seorang kimiawan muslim yang juga dikenal sebagai bapak kimiawan modern telah melahirkan banyak sekali temuan-temuan baru. Tidak hanya seorang kimiawan, beliau juga seorang ahli astronomi, fisika, apoteker dan masih banyak lagi. Beliau dilahirkan di Kuffah Irak.

c. John Dalton

Seorang kimiawan terkenal dengan teori atom yang telah iya kemukakan, dan bahkan teori atom itu sering disebut dengan istilah teori atom dalton. Tidak hanya ahli dibidang kimia, beliau juga ahli dibidang fisika dan meteorologi. Beliau dilahirkan berkebangsaan Inggris.

d. John Tyndal (1820-1893)

Seorang kimiawan asal Inggris ini telah mengemukakan peristiwa oenghamburan cahaya oleh partikel koloid. Sampai-sampai pernyataan ini dikenal dengan istilah efek tyndal. Pernyataan ini bisa digunakan untuk membedakan sistem koloid dan larutan sejati.

e. Svante Arhenius (1859-1927)

Ilmuan asal swedia ini telah mengemukakan bahwasanya senyawa dalam larutan dapat terurai menjadi ion-ion. Sedangkan kekuatan asam larutan aqua itu bergantung pada konsentrasi ion-ion hidrogen yang ada di dalamnya. Dari pernyataan inilah beliau mendapatkan sebuah penghargaan berupa nobel.

B. Penerapan Atau Pemanfa’atan Ilmu Kimia

Secara sederhananya tanpa harus mengulas lebih jauh, ilmu kimia digunakan pertama kali oleh diri kita pribadi, selanjutnya oleh keluarga atau orang-orang terdekat, entah itu keluarga, kerabat, tetangga, atau teman sekolah. Jadi, intinya pemanfaatan ilmu kimia sudah sangat meluas.

Seberapa sering detergen digunakan untuk mencuci?, sudah tentu setiap hari, dan seberapa banyak jenis kebutuhan rumah tangga yang diperlukan setiap harinya?, serta berapa banyakkah teknologi yang kini telah digunakan oleh masyarakat banyak?. Baik teknologi, kebutuhan sehari-hari, kosmetik, semua merupakan hasil rekayasa ilmu kimia.

1. Pemanfaatan ilmu kimia di lingkungan keluarga

Lingkungan keluarga adalah ruang lingkup awal yang bisa diamati dalam pemanfa’atan ilmu kimia. Contohnya meliputi penggunaan detergen, sabun mandi, dan bahkan hampir setiap kebutuhan memiliki keterkaitan tersendiri dengan ilmu kimia.

Mengapa bisa ada berbagai jenis jajanan berupa snack dan minuman?, hal ini juga dikarenakan adanya rekayasa dari ilmu kimia. Mengapa begitu?, karena segala bentuk materi yang ada dibumi adalah lebih dulu dikaji oleh ilmu kimia, sehingga aneka ragam produk barupun dapat digunakan.

2. Pemanfaatan ilmu kimia di lingkungan masyarakat

Pemafa’atan ilmu kimia dilingkungan masyarakat meliputi banyak sekali kegiatan dan aneka ragam bidang. Pernahkah kamu tahu perihal sampah yang diuraikan oleh mikroorganisme?, nah hal ini juga memiliki keterkaitan dengan ilmu kimia.

Diberbagai bidang ilmu kimia telah bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari bidang farmasi dengan hasil produknya berupa obat-obatan dan vaksinasi, bidang pertanian dengan hasil produk berupa pupuk, baik yang organik maupun anorganik, pestisida dan lain-lain. Serta diberbagai bidang yang sangat bermanfa’at bagi kehidupan.

3. Pemanfaatan ilmu kimia di lingkungan sekolah

Apalagi dilingkungan sekolah, pembelajaran akan ilmu kimia sangatlah dibutuhkan dan ditekankan. Karena di sekolah, tidak jarang kita sering diperkenalkan dengan berbagai material alam. Dituntut untuk memahami strukturnya. Serta aneka ragam energi yang mempengaruhi kinerja alam.

Oleh karena itu, pemahaman yang didapatkan akan mendorong pola pikir seseorang tentang peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Permikiran ini didasari oleh sebuah pertanyaan berikut : mengapa harus mempelajari ilmu kimia lebih dalam?, dan adakah manfaat yang didapatkan?

Setelah mengenal ilmu kimia secara mendasar, maka ada banyak sekali manfaat yang akan diperoleh. Setiap kejadian baik energi yang didapatkan ataupun yang dilepaskan, maka peran ilmu kimia ada dan menyertai proses itu. Setiap perubahan yang ada dialam dalam wujud zat, maka ada rekayasa ilmu kimia didalamnya. Berikut contoh produk-produk hasil dari pemanfaatan ilmu kimia :

  • Produk jajanan atau makanan ringan
  • Aneka ragam produk kosmetik
  • Produk obat-obatan
  • Produk minuman
  • Aneka kebutuhan rumah tangga
  • Pupuk bagi para petani
  • Aneka jenis pewarna baik pewarna makanan maupun pewarna pakaian, baik yang bersifat alami maupun yang bersifat buatan.

Nah, itulah beberapa hasil dari penjelasan mengenai peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Sejatinya peran yang ilmu kimia sangatlah banyak. Tetapi disini hanya dijelaskan dalam bentuk sederhananya saja. Untuk lebih memahami seperti apa peran ilmu kimia?, dibutuhkan pemahaman serta keseriusan dalam pembelajaran kimia. Oleh karena itu diperlukan kebijakan dalam segala sesuatu halnya termasuk peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.