5 Penyebab Kecelakaan Kerja di Laboratorium

Laboratorium merupakan tempat riset pengujian yang di dalamnya terdapat bahan kimia berbahaya. Sehingga dalam kegiatannya bisa terjadi kecelakaan kerja yang beresiko tinggi. Terdapat beberapa penyebab kecelakaan kerja di laboratorium, misalnya seperti kelalaian keamanan dan kurangnya pengetahuan operasional.

Pada artikel kali ini kami ingin mengulas beberapa faktor tersebut secara lebih jelas. Sehingga kesalahan yang bisa membuat terjadinya kecelakaan kerja di laboratorium bisa kita cegah sebaik mungkin.

Apa Itu Kecelakaan Kerja?

Terjadi Kecelakaan Kerja di Laboratorium

Kecelakaan kerja adalah kecelakaan yang terjadi saat seseorang sedang bekerja. Kecelakaan kerja dapat terjadi di berbagai tempat kerja, seperti kantor, pabrik, pertambangan, konstruksi, dan laboratorium. Secara umum, kecelakaan kerja dapat menyebabkan cedera fisik atau mental seseorang. Bahkan pada kondisi tertentu bisa menyebabkan cidera berat hingga kematian.

Oleh karena itu, penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dengan mematuhi semua prosedur keamanan sesuai dengan aturannya. Misalnya seperti menggunakan alat dan bahan yang sesuai dan memastikan bahwa semua orang yang bekerja memahami cara kerja alat dan prosedur keamanan yang berlaku.

Penyebab Kecelakaan Kerja di Laboratorium

Memperhatikan semua faktor yang dapat meyebabkan kecelakaan kerja adalah hal yang sangat penting. Terdapat 5 faktor penyebab kecelakaan kerja di laboratorium yang perlu kita ketahui, antara lain:

  1. Penggunaan alat yang tidak sesuai atau tidak aman. Alat yang tidak dipakai dengan benar atau tidak dilengkapi dengan pengaman yang sesuai dapat menyebabkan kecelakaan kerja.
  2. Tidak mematuhi prosedur keamanan. Mengabaikan prosedur keamanan yang sudah ditetapkan atau tidak mematuhi peraturan yang berlaku di laboratorium dapat menyebabkan kecelakaan kerja.
  3. Lingkungan kerja yang tidak aman. Lingkungan kerja yang tidak aman, seperti area kerja yang tidak bersih atau tidak terorganisir dengan baik, dapat meningkatkan risiko kecelakaan kerja.
  4. Kurangnya pelatihan praktikan. Kurangnya pelatihan yang tepat atau kurangnya pemahaman tentang cara kerja alat atau prosedur keamanan dapat menyebabkan kecelakaan kerja di laboratorium.
  5. Penggunaan obat-obatan atau bahan kimia yang tidak aman. Penggunaan obat-obatan atau bahan kimia yang tidak aman atau tidak sesuai dengan cara yang ditentukan dapat menyebabkan kecelakaan kerja di laboratorium.

Mematuhi semua prosedur penggunaan dan keamanan yang sudah ditetapkan menjadi faktor penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja di laboratorium. Oleh karena itu kita harus lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas di lingkungan kerja, khususnya di laboratorium.

Avatar

Meidi Y

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia yang Sedang Melanjutkan Kuliah S1 Teknologi Hasil Pertanian di Kota Pendidikan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar