Guest Post
Home » Blog » Muncul Flek Coklat Sebelum Haid, Apakah Normal?

Muncul Flek Coklat Sebelum Haid, Apakah Normal?

Banyak kaum hawa yang merasa bingung dan cemas dengan munculnya flek coklat sebelum menstruasi. Apalagi jika Mereka mempunyai jadwal haid yang selalu berubah-ubah setiap bulannya. Lalu apakah normal bagi perempuan jika muncul flek coklat sebelum haid?

Umumnya, flek coklat muncul empat hari atau bahkan ada yang muncul satu minggu sebelum haid. Bagi sebagian wanita, hal tersebut bisa membuatnya tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan munculnya flek coklat sebelum haid? Apakah hal tersebut berbahaya bagi kesehatan?

Penyebab Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Penyebab Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa penyebab munculnya flek coklat sebelum haid. Berikut ini penyebab yang sering menjadi pemicu munculnya flek coklat menjelang periode haid.

1. Gejala PMS

Flek cokelat yang muncul menjelang periode haid adalah hal yang wajar. Flek cokelat ini menandakan jika kamu akan mengalami haid dalam waktu yang dekat.

Rentang waktu menjelang haid sempurna akan berbeda-beda setiap wanita. Biasanya waktu normal untuk menunggu darah haid mengalir sekitar 1 hingga 2 hari, atau bahkan beberapa jam saja.

2. Stress

Saat stress, hormon yang mempengaruhi siklus haid akan terganggu. Hal tersebut bisa memicu munculnya flek coklat menjelang menstruasi.

Muncul flek coklat sebelum haid memang umum dialami bagi setiap wanita. Namun jika hal tersebut membuat Kamu menjadi tidak nyaman, tentu Kamu harus bisa menjaga mood Kamu dengan baik agar tidak stress. Istirahatlah yang cukup dan pahami kondisi tubuh Kamu saat beraktivitas sehari-hari.

3. Perimenopause

Pada saat perempuan berusia sekitar 40 tahun ke atas, flek coklat yang muncul sebelum haid bisa terjadi karena transisi menuju masa menopause. Penyebab utama dari perimenopause ini adalah penurunan jumlah hormon estrogen.

4. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Bagi wanita yang menggunakan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan seperti pil KB maupun alat kontrasepsi IUD ( Intrauterine Device) bisa menyebabkan munculnya flek coklat sebelum menstruasi.

Kondisi tubuh setiap orang tentu saja berbeda, oleh sebab itu, penggunaan alat kontrasepsi yang tidak sesuai dengan tubuh bisa menjadi penyebab munculnya flek coklat sebelum haid.

5. Infeksi

Infeksi yang terjadi pada organ kewanitaan seperti infeksi jamur, atau infeksi HPV bisa memicu munculnya flek coklat sebelum haid. Selain itu, kondisi yang sering terjadi yaitu disertai rasa gatal atau nyeri pada vagina, hingga nyeri setelah berhubungan seksual.

Jika gejala tersebut sedang Kamu alami, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara Mengurangi Resiko Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Kamu harus segera periksa kedokter jika sebelum haid muncul flek coklat disertai gejala yang mengganggu kesehatan tubuh. Selain itu, ada beberapa cara yang harus Kamu lakukan agar bisa mengurangi resiko munculnya flek coklat sebelum haid, antara lain:

1. Mengonsumsi Pil KB sesuai anjuran dokter

Jika Kamu ingin menunda kehamilan, pil KB merupakan salah satu cara yang sering diandalkan oleh perempuan. Agar tidak mengganggu masa menstruasimu, Kamu harus konsumsi pil KB sesuai anjuran dokter.

2. Mengganti alat kontrasepsi

Biasanya, flek coklat yang muncul akibat penggunaan kontrasepsi terjadi dalam waktu yang singkat.

Namun, jika terjadi secara terus-menerus, bisa mengindikasikan jika alat kontrasepsi tersebut tidak sesuai sengan kondisi tubuhmu.

Untuk itu, konsultasikan dengan dokter agar Kamu bisa mengganti alat kontrasepsi yang seuai dengan tubuhmu.

3. Jangan sampai stress

Selain membuat jadwal haid telat, stress juga bisa memicu munculnya flek coklat sebelum hid. Untuk itu, Kamu harus bisa menjaga mood Kamu dengan baik agar tidak mudah stress.

4. Rutin Melakukan Pemeriksaan Pap Smear

Pada wanita usia 21 tahun ke atas, pap smear dianjurkan untuk dilakukan setip 3 tahun sekali. Sementara, wanita yang berusia 30 sampai 65 tahun dapat melakukan pap smear 5 tahun sekali.

Nah, itulah penyebab dan cara mengurangi resiko munculnya flek coklat sebelum haid. Jika Kamu mengalami masalah tersebut secara terus-menerus, segera periksa dan konsultasi ke dokter.

Meidi Yuwono

Mahasiswa lulusan D3 Analisis Kimia dan S1 Teknologi Hasil Pertanian yang memiliki minat menulis artikel bertema edukasi & pendidikan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.