Kandungan Zat Kimia Dalam Tinta Spidol

Meidi Yuwono

Tinta spidol adalah salah satu media yang sering digunakan untuk menulis pada berbagai macam permukaan, seperti kertas, plastik, dan whiteboard. Namun, tahukah kamu jika dalam tinta spidol memiliki kandungan zat kimia yang berbahaya?

Jika kamu belum mengetahuinya mari lihat apa saja zat kimia berbahaya yang ada di dalamnya!

Apa itu Tinta Spidol?

Kandungan Zat Kimia Dalam Tinta Spidol

Sebelum membahas kandungan zat kimia dalam tinta spidol, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu tinta spidol. Tinta spidol adalah tinta berbasis air atau pelarut yang digunakan untuk menulis pada permukaan yang halus dan tidak menyerap tinta seperti kertas, plastik, atau whiteboard.

Tinta spidol memiliki warna yang lebih terang dan tajam daripada tinta biasa, sehingga cocok digunakan untuk presentasi, papan tulis, atau tulisan yang memerlukan ketegasan dan ketajaman.

Kandungan Zat Kimia dalam Tinta Spidol

Meskipun tinta spidol umumnya dianggap tidak berbahaya, namun tinta spidol mengandung beberapa zat kimia yang sebaiknya diwaspadai. Berikut adalah beberapa zat kimia yang umumnya terkandung dalam tinta spidol:

1. Resin

Resin adalah zat kimia yang umumnya digunakan sebagai bahan pengikat pada tinta spidol. Beberapa dampak yang dapat ditimbulkan jika terkena resin antara lain iritasi pada kulit dan mata, serta dapat menyebabkan masalah pernapasan jika terhirup dalam jumlah yang banyak.

2. Pewarna

Pewarna dalam tinta spidol adalah zat kimia yang memberikan warna pada tinta. Beberapa pewarna yang umum digunakan dalam tinta spidol adalah zat warna azo, phthalocyanine, dan antraquinone.

Beberapa zat warna ini diketahui bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan mata, serta dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang.

3. Pelarut

Pelarut digunakan dalam tinta spidol untuk melarutkan zat pewarna dan bahan pengikat lainnya. Beberapa pelarut yang umum digunakan dalam tinta spidol adalah alkohol, xylene, dan toluene.

Beberapa pelarut ini diketahui bisa menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, ginjal, hati, dan paru-paru jika terhirup dalam jumlah yang banyak.

Kesimpulan

Kandungan zat kimia dalam tinta spidol yang dapat berdampak pada kesehatan manusia. Meskipun tinta spidol umumnya dianggap aman, namun sebaiknya kita perlu waspada terhadap beberapa zat kimia yang terkandung dalam tinta spidol seperti resin, pewarna, dan pelarut.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari paparan zat kimia tersebut dengan menghindari kontak langsung dengan tinta spidol atau menggunakan tinta spidol dengan sirkulasi udara yang baik.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar