Blogkimia – Selama proses pengujian di laboratorium kita selalu menggunakan alat yang disebut gelas arloji. Walaupun alat ini terlihat sangat sederhana, namun memiliki peranan yang cukup besar.

Oleh karena itu, tulisan hari ini blogkimia ingin mengajak kalian semua untuk mengenal gelas arloji dan fungsinya di laboratorium. Berikut ulasannya:

Pengertian Gelas Arloji

Gambar Gelas Arloji

Gambar Gelas Arloji

gelas arloji atau kaca arloji adalah alat laboratorium yang yang memiliki bentuk seperti piring kecil. Sesuai namanya kaca arloji terbuat dari bahan kaca dan masuk kedalam klasifikasi alat gelas laboratorium.

Gelas arloji terbuat dari bahan kaca tipis yang mudah sekali untuk pecah. Oleh karena itu perlu kehati-hatian pada saat menggunakan alat gelas yang satu ini.

Sebagai peralatan laboratorium, kaca arloji tersedia dalam beberapa ukuran. Ukuran kaca arloji tersedia dari yang kecil hingga besar. Alat ini merupakan peralatan dasar yang harus ada disetiap laboratorium.

Fungsi Gelas Arloji

Fungsi Gelas Arloji Laboratorium

Fungsi Gelas Arloji Laboratorium

Secara umum kegunaan gelas arloji adalah sebagai tempat menimbang bahan kimia di laboratorium. Namun selain menimbang, alat ini juga memiliki fungsi lainnya, diantaranya:

1. Tempat Menimbang Bahan Kimia

Pada saat kita menimbang di neraca analitik tentu kita membutuhkan wadah sampel. Nah inilah fungsi utama dari kaca arloji ini yang dapat digunakan sebagi tempat atau wadah bahan kimia.

Namun sebelum memasukan bahan kimia kedalam neraca kita perlu melakukan kalibrasi terhadap neraca analitik agar penimbangan tidak salah.

Caranya cukup masukan kaca arloji kedalam neraca dan tekan tombol “tare” agar neraca menunjukan angka 0 mg. Selanjutnya baru lakukan penimbangan terhadap bahan kimia yang akan digunakan.

2. Penutup Gelas Beaker

Kaca arloji juga dapat digunakan sebagai penutup gelas beaker. Gelas beaker perlu ditutup menggunakan kaca arloji karena ada beberapa bahan kimia yang memiliki sifat volatil atau mudah menguap.

Apabila suatu bahan kimia yang memiliki sifat volatil dan higroskopis dibiarkan berinteraksi dengan udara di lingkungan maka dapat menyebabkan sampel menguap habis dan habis. Oleh karena itu perlu ditutup untuk meminimalisir kontaminasi dengan lingkungan disekitar.

3. Tempat Mengeringkan Bahan

Kaca arloji juga dapat digunakan sebagai tempat untuk mengeringkan bahan kimia. Caranya dengan menaruh sampel dan kaca arloji ke dalam desikator laboratorium. 

Desikator akan mengeringkan bahan kimia dengan cara mengikat kadar air yang ada dalam bahan kimia tersebut dengan sangat cepat.

4. Menguapkan Zat Cair Dalam Jumlah Kecil

Bentuk melingkar dengan cekungan membuat gelas arloji dapat menampung bahan kimia dengan jumlah kecil. Alat ini juga dapat menampung sekaligus menguapkan zat cair dengan jumlah yang kecil.

Berbeda dengan proses pengeringan yang menggunakan desikator, proses penguapan ini hanya menggunakan interaksi dengan lingkungan disekitar. Namun karena ukuran kaca arloji yang kecil, maka proses penguapan ini juga hanya bisa digunakan dalam skala volume yang sedikit.

Harga Gelas Arloji

Kaca arloji memiliki beberapa ukuran seperti peralatan gelas lainnya. Ukuran ini dibedakan berdasarkan diameter dari alat tersebut. Semakin besar diameter gelas arloji maka semakin mahal juga harganya.

Berikut ini perkiraan harga gelas arloji yang kami temukan di marketplace online:

  • Kaca arloji diameter 40 mm memiliki harga Rp. 9.000 -> Beli Disini
  • Kaca arloji diameter 75 mm memiliki harga Rp. 13.000 -> Beli Disini
  • Kaca arloji diameter 80 mm memiliki harga Rp. 15.000 -> Beli Disini
  • Kaca arloji diameter 100 mm memiliki harga Rp. 20.000 -> Beli Disini

Itulah perkiraan harga kaca arloji yang kami temukan di beberapa toko online. Kalian juga bisa langsung membelinya pada link yang sudah kami sediakan diatas.

Kesimpulan

Setelah membaca tulisan diatas maka dapat ditarik kesimpulan jika:

  • Gelas arloji adalah alat gelas laboratoriun non volumetrik yang berbentuk pipih menyerupai piring kecil.
  • Alat ini terbuat dari kaca yang sangat tipis dan mudah sekali untuk pecah.
  • Gelas arloji berfungsi sebagai tempat bahan kimia pada saat penimbangan, penutup gelas beaker, temat mengeringkan bahan kimia dan tempat penguapan bahan cairan.

itulah pengertian dan fungsi kaca arloji di laboratorium. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai gelas arloji dan fungsinya sebagai salah satu peralatan laboratorium.