Saat kamu berada di laboratorium pasti pernah mencoba kegiatan memisahkan larutan menjadi beberapa zat penyusunnya. Pemisahan larutan zat tersebut dapat dilakukan menggunakan bantuan alat yang bernama sentrifuse. Banyak orang yang masih belum paham mengenai pengertian dan fungsi sentrifuse dan juga cara kerjanya.

Sentrifuse ini bekerja sebagai alat pemisah beberapa zat pada satu larutan. Proses pemisahan tersebut dengan metode pengendapan. Alat ini dirancang untuk memudahkan proses pengendapan pada pemisahan zat dengan mekanisme mesin yang berputar didalamnya. Perputaran tersebut didasarkan pada gaya sentrifugal yang berpengaruh dengan gaya gravitasi.

Pengertian dan Fungsi Sentrifuse

Gambar Sentrifuse Laboratorium

Gambar Sentrifuse Laboratorium

Alat sentrifuse ini dapat di gunakan untuk penelitian biokimia di laboratorium. Misalnya untuk memisahkan sel darah manusia, baik sel darah putih maupun sel darah merah. Atau juga berguna untuk pemisahan larutan zat-zat lain. Untuk mengetahui informasi mengenai pengertian dan fungsi sentrifuse ini, anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini.

A. Mengenal Sentrifuse

Pada pengertian dan fungsi sentrifuse, di mana memiliki pengertian bahwa Sentifuse adalah sebuah alat atau mesin yang dibuat untuk memisahkan suatu zat tertentu yang ada dalam larutan. Alat ini sering ada pada laboratorium penelitian dan kesehatan. Sentrifuse ini pertama kali di temukan oleh ilmuwan asing yang bernama Benjamin Robins sekitar tahun 1700-an.

Sentrifuse ini bekerja dengan menggunakan tenaga listrik, yang mana dapat menggerakkan komponen didalamnya. Komponen utama yang dapat di gunakan untuk memisahkan suatu larutan adalah rotor. Rotor tersebut akan menghasilkan gerak mekanis berupa gerak memutar dengan kecepatan tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Desikator

B. Fungsi Sentrifuse

Fungsi Sentrifuse Laboratorium

Fungsi Sentrifuse

Alat sentrifuse ini dibuat dengan tujuan utama yakni membantu pekerjaan manusia dalam memisahkan beragam jenis larutan zat pada bidang penelitian laboratorium. Selain itu, sentrifuse juga memiliki beberapa fungsi turunan yang bisa anda simak sebagai berikut :

  1. Sebagai pemisah kandungan zat pada larutan tertentu. Baik yang bersifat zat kimia maupun zat biologi.
  2. Untuk memisahkan sel darah merah dengan sel darah putih yang akan diambil plasma selnya.
  3. Memisahkan urin dan darah untuk menganalisis atau mendiagnosa penyakit seseorang.
  4. Dapat di gunakan untuk memisahkan suatu kandungan makanan.
    5. Dapat di gunakan untuk memurnikan suatu sel.
    6. Dapat di gunakan untuk proses pemisahan pada susu hewan, yang mana memisahkan lemak dan kandungan susunya.

C. Jenis-jenis Sentrifuse

Setelah mengetahui fungsi sentrifuse secara lengkap, mari kita ketahui juga jenis-jenisnya. Dalam pengembangannya, sentrifuse ini dibuat menjadi beberapa jenis alat pemisah zat. Jenis-jenis tersebut berbeda pada masing-masing bentuk dan kegunaannya. Berikut ini adalah jenis-jenis sentrufuse yang perlu anda ketahui :

1. General Purpose Centrifuge

General Purpose Centrifuge

Mesin sentrifuse jenis ini merupakan sentrifuse yang sering di gunakan untuk berbagai kebutuhan di laboratorium. Yang mana memiliki bentuk yang biasa, dapat di taruh di meja. Mesin sentrifuse jenis ini memiliki rentang kecepatan antara 0 hingga 3000 rpm. Dapat menampung sampel larutan 5 hingga 100 ml per rotasiannya.

2. Microcentrifuge

Microcentrifuge

Micro centrifuge merupakan mesin sentrifuse yang berguna untuk memproses pemisahan larutan tertentu atau microtubes khusus. Mesin ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari pada general purpose centrifuge. Karena bentuknya yang lebih kecil, sehingga hanya bisa menampung microtube sekitar 0,5 hingga 2,0 ml.

3. Speciality Centrifuge

Speciality Centrifuge

Speciality centrifuge ini merupakan salah satu jenis mesin sentrifuse yang hanya di gunakan untuk kebutuhan pemisahan zat yang lebih khusus. Contohnya di gunakan untuk microhematokrit yang dipakai untuk mengukur hematokrit pack cell. Dan juga bisa dipakai untuk bank darah, yang mana memisahkan serologis di dalam tabung.

4. Ultra and refrigerated centrifuge

Ultra and refrigerated centrifuge

Ultra and refrigerated centrifuge merupakan salah satu jenis mesin sentrifuse yang sering dipakai untuk meneliti di laboratorium biokimia. Jenis alat ini berbeda dari beberapa jenis sebelumnya, yang mana kecepatannya lebih tinggi yakni sekitar 50 ribu hingga 20 ribu rotasi per menit. Keunggulan alat ini yakni dilengkapi dengan pendingin sampel agar kondisi temperaturnya tetap terjaga dengan baik.

D. Komponen Sentrifuse

Sentrifuse memiliki beberapa komponen bagian yang dirancang menjadi satu kesatuan alat. Komponen tersebut ada komponen utama dan komponen pelengkap didalamnya. Untuk mengetahuinya, mari kita simak komponen-komponen sentrifuse sebagai berikut :

1. Rotor

Rotor adalah komponen utama penggerak alat sentrifuse ini. Yang mana didalamnya memiliki cara kerja yang dapat memutar dengan kecepatan tertentu. Kecepatan tersebut tergantung pada jenis alat sentrifuse yang dipakainya. Rotor sendiri memiliki dua jenis yaitu rotor fixed dan rotor swing out yang berbeda jenis perputarannya.

2. Drive Shaft

Drive shaft merupakan komponen lain yang terdapat di alat sentrifuse. Gunanya sebagai penopang komponen rotor. Drive shaft ini terhubung dengan komponen lain yakni bagian motor.

3. Motor

Motor adalah komponen pendukung pada alat sentrifuse. Motor sendiri berguna untuk menggerakkan fungsi rotor yang mana bersambungan dengan drive shaft. Agar motor ini bisa menggerakkan komponen di dalam sentrifuse maka dialirkan pada tombol power yang terhubung dengan aliran listrik.

4. Tabung Sentrifuse

Tabung sentrifuse adalah salah satu komponen yang berguna untuk meletakkan sampel zat tertentu untuk dilakukan proses pemisahan partikelnya. Tabung ini dibuat sedikit cekung dan runcing di bagian bawahnya agar partikel sampel dapat mengendap di bawah.

E. Cara Menggunakan Sentrifuse

Cara Menggunakan Sentrifuse Laboratorium

Sebagaimana peralatan laboratorium yang ada di dunia ini, pastinya ada cara penggunaan yang baik dan benar. Begitu juga pada alat sentrifuse yang memiliki prosedur penggunaan agar tidak keliru saat menggunakannya. Sehingga sampel yang berhasil di proses dapat di analisis lebih lanjut. Berikut ini adalah cara menggunakan sentrifuse:

  1. Pertama siapkan seluruh alat dan bahan sampel.
  2. Pastikan untuk mencolokkan steker pada aliran listrik agar sentrifuse dapat di jalankan.
  3. Sampel yang akan di proses harus di masukkan ke dalam tabung kaca, dan dapat di masukkan ke dalam mesin sentrifuse
  4. Sebelum memulainya, pastikan penutup pada alat sentrifuse ini dapat tertutupp rapat dan terkunci.
  5. Atur kecepatan dengan dengan mengaturnya di tompol rpm, dan mengatur waktu yang di butuhkan dengan mengaturnya di tombol timer.
  6. Tekan tombol utama untuk menjalankan mesin sentrifuse.
  7. Setelah selesai, anda bisa menekan tombol untuk berhenti atau bisa dengan membuka penutup sentrifuse tersebut.
  8. Lalu anda bisa mengeluarkan seluruh tabung sampel yang telah berhasil di proses.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai pengertian dan fungsi sentrifuse yang dapat anda ketahui. Sentrifuse ini sangat membantu berbagai penelitian laboratorium untuk memisahkan kandungan zat-zat tertentu.

Namun yang perlu di ketahui, bahwa alat sentrifuse ini tidak murah untuk di beli. Harga sentrifuse berkisar antara jutaan hingga ratusan juta rupiah. Sehingga hanya di tujukan untuk peneliti-peneliti yang sudah ahli di bidangnya.