Pipet tetes adalah alat laboratorium yang paling sering kita jumpai di laboratorium. Keberadaan alat yang satu ini nyatanya sangat membantu kita dalam melakukan pengujian di laboratorium.

Agar kalian lebih mengenal pipet tetes, berikut ini ulasan mengenai pipet tetes dan fungsinya di laboratorium. Simak ulasannya ya…

Pengertian Pipet Tetes

Gambar Pipet Tetes Laboratorium

Gambar Pipet Tetes Laboratorium

Berbeda dengan pipet ukur dan pipet volume, pipet tetes adalah alat laboratorium yang digunakan untuk memindahkan cairan kimia dengan skala kecil dan tidak dapat dihitung. Namun perhitungan skala ukur dapat diganti dengan berapa tetes yang diperlukan dalam pengujian.

Biasanya bentuk pipet tetes meruncing dengan ujungnya yang ditutup dengan karet. Karet ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan pipet filler, yaitu untuk mengambil dan mengeluarkan cairan.

Fungsi Pipet Tetes

Terdapat 2 jenis pipet tetes yang bisa kita temukan di laboratorium, yaitu pipet berbahan kaca dan plastik. Kedua jenis pipet ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda beda di laboratorium.

Pipet tetes kaca biasa digunakan untuk larutan kimia yang reaktif atau pekat. Sedangkan pipet tetes plastik digunakan untuk larutan kimia yang tidak bereaksi terhadap plastik.

Jenis Pipet Tetes Laboratorium

Jenis Pipet Tetes Laboratorium

Ukuran dan Harga Pipet Tetes

Walaupun pipet tetes tidak memiliki skala ukur mL, namun alat ini memiliki spesifikasi ukuran dari panjangnya. Ada beberapa ukuran pipet tetes yang ada di laboratorium, mulai dari 15 cm hingga 40 cm.

Berikut ini adalah ukuran dan harga pipet tetes yang kami kumpulkan dari beberapa toko online:

Daftar diatas adalah kisaran harga dari pipet tetes yang kami temukan di toko oonline. Kalian bisa membelinya langsung melalui link yang sudah kami sediakan diatas atau kunjungi toko kimia terdekat di kota kalian.

Kesimpulan

Dari tulisan diatas bisa kita tarik kesimpulan, yaitu:

  • Pipet tetes adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengambil dan mengeluarkan sejumlah larutan kimia dengan jumlah kecil.
  • Ada 2 jenis pipet tetes yang sering kita temukan di laboratorium, yaitu pipet tetes kaca dan pipet tetes plastik.

Demikian artikel tentang pengertian dan fungsi pipet tetes di laboratorium. Semoga artikel ini bermanfaat untuk dijadikan referensi kalian semua.