10 Contoh Asam dan Basa dalam Kehidupan Sehari-hari

Meidi Yuwono

Bagi kamu yang belajar ilmu sains atau kimia pasti pernah mendengar istilah asam dan basa pada suatu larutan. Larutan asam dan basa ternyata banyak berada disekitar kita loh! Contohnya seperti larutan sabun, minuman dan produk pembersih. Lalu apa itu larutan asam dan larutan basa? dan apa saja contoh larutan asam dan basa?

Larutan asam adalah suatu campuran homogen yang terbentuk saat suatu senyawa atau zat dilarutkan dalam air dan menghasilkan ion hidrogen (H+) sebagai kation utama. Sedangkan larutan basa adalah suatu campuran homogen yang terbentuk saat suatu senyawa atau zat dilarutkan dalam air dan menghasilkan ion hidroksida (OH) sebagai anion utama.

Nah bagi kamu yang belum paham apa itu larutan asam dan basa bisa baca pengertiannya di bawah ini!

Apa Itu Larutan Asam?

Larutan asam adalah suatu campuran homogen yang terbentuk saat suatu senyawa atau zat dilarutkan dalam air dan menghasilkan ion hidrogen (H+) sebagai kation utama. Sifat asam larutan ini ditentukan oleh keberadaan ion hidrogen tersebut. Asam dapat dihasilkan dari senyawa-senyawa yang memiliki afinitas tinggi untuk melepaskan ion hidrogen dalam air. Sehingga pada larutan asam, ion hidrogen dapat berinteraksi dengan molekul air untuk membentuk ion hidronium (H3O+).

Sifat asam larutan dapat diukur menggunakan skala pH menggunakan pH meter, di mana larutan asam memiliki nilai pH di bawah 7. Semakin rendah nilai pH, semakin tinggi konsentrasi ion hidrogen, dan semakin kuat sifat asamnya. Misalnya pada larutan asam seperti asam klorida (HCl), asam sulfat (H2SO4), dan asam asetat (CH3COOH).

Apa Itu Larutan Basa?

Larutan basa adalah suatu campuran homogen yang terbentuk saat suatu senyawa atau zat dilarutkan dalam air dan menghasilkan ion hidroksida (OH) sebagai anion utama. Sifat basa larutan ini ditentukan oleh keberadaan ion hidroksida tersebut. Basa dapat dihasilkan dari senyawa-senyawa yang memiliki afinitas tinggi untuk melepaskan ion hidroksida dalam air, misalnya seperti logam alkali.

Larutan basa dapat diukur sifatnya menggunakan skala pH menggunakan pH meter, di mana larutan basa memiliki nilai pH di atas 7. Semakin tinggi nilai pH, semakin tinggi konsentrasi ion hidroksida, dan semakin kuat sifat basanya. Misalnya pada senyawa seperti natrium hidroksida (NaOH), kalium hidroksida (KOH), dan kalsium hidroksida (Ca(OH)2).

10 Contoh Asam dan Basa dalam Kehidupan Sehari-hari

Larutan asam dan basa memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan dapat ditemui dalam berbagai situasi. Berikut adalah beberapa contoh larutan asam dan basa dalam aktivitas sehari-hari:

10 Contoh Larutan Asam dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah 10 contoh larutan asam yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Lemonade atau Jeruk Nipis: Minuman lemonade atau air jeruk nipis mengandung asam sitrat, memberikan rasa asam yang menyegarkan.
  2. Cuka dalam Masakan: Cuka digunakan dalam masakan sebagai bahan penyedap yang memiliki sifat asam.
  3. Tomat dan Produk Tomat: Buah tomat mengandung asam organik dan produk turunannya mengandung larutan asam.
  4. Soft Drinks: Minuman ringan atau soda mengandung asam fosfat dan asam karbonat, memberikan rasa asam pada minuman tersebut.
  5. Asam Askorbat dalam Buah-buahan: Asam askorbat atau vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan memberikan sifat asam pada buah-buahan.
  6. Cairan Baterai: Baterai seperti baterai asam timbal-suret mengandung larutan asam sulfat sebagai elektrolitnya.
  7. Yogurt: Yogurt yang mengalami proses fermentasi oleh bakteri asam laktat dapat menghasilkan larutan asam laktat.
  8. Kopi: Kopi mengandung asam klorogenat dan asam kafein memberikan rasa asam pada minuman kopi.
  9. Asam Asetat dalam Cuka: Asam asetat yang merupakan komponen utama cuka memberikan sifat asam pada cairan ini.
  10. Vitamin C dalam Suplemen Makanan: Suplemen makanan yang mengandung vitamin C dapat membentuk larutan asam ketika larut dalam air.

Keberadaan larutan asam dalam berbagai bahan dan produk sehari-hari mencerminkan keragaman penggunaannya baik dalam makanan, minuman maupun benda sehari-hari lainnya.

Selain itu, larutan asam memberikan kontribusi penting terhadap rasa, pengawetan, dan karakteristik lain dari banyak produk yang kita konsumsi atau gunakan setiap hari.

10 Contoh Larutan Basa dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah 10 contoh larutan basa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Air Sabun: Sabun baik dalam bentuk cair atau padat mengandung larutan basa seperti hidroksida natrium atau kalium yang membantu membersihkan kotoran dan minyak dari permukaan.
  2. Pembersih Lantai: Banyak pembersih lantai mengandung larutan basa untuk melarutkan lemak dan kotoran, sehingga menjaga kebersihan lantai.
  3. Obat Antasida: Obat antasida mengandung larutan basa seperti hidroksida aluminium atau magnesium untuk menetralkan kelebihan asam lambung dan meredakan gangguan pencernaan.
  4. Air Kapur Sirih: Air kapur sirih mengandung hidroksida kalsium dan digunakan dalam tradisi pengobatan untuk membersihkan luka dan menjaga kebersihan.
  5. Pembersih Toilet: Banyak pembersih toilet mengandung larutan basa untuk menghilangkan noda dan kotoran yang melekat di permukaan.
  6. Soda Kue: Soda kue (baking soda) atau natrium bikarbonat adalah contoh larutan basa yang sering digunakan dalam pembuatan adonan roti dan kue.
  7. Shampoo: Shampoo dan produk perawatan rambut lainnya dapat mengandung larutan basa yang membantu membersihkan dan menjaga kesehatan rambut.
  8. Pembersih Oven: Pembersih oven seringkali mengandung larutan basa yang kuat untuk mengatasi lemak dan residu yang sulit dihilangkan.
  9. Pupuk Cair: Beberapa jenis pupuk cair mengandung larutan basa yang membantu meningkatkan pH tanah, memfasilitasi penyerapan nutrisi oleh tanaman.
  10. Pasta Gigi: Pasta gigi dapat mengandung larutan basa seperti fluoride yang membantu melindungi gigi dari kerusakan dan memperkuat enamel.

Keberadaan larutan basa dalam berbagai produk dan bahan sehari-hari menunjukkan beragamnya penggunaan sifat basa dalam kehidupan kita, termasuk dalam kebersihan, kesehatan, dan perawatan diri.

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari, larutan asam dan basa memainkan peran penting dalam berbagai kebutuhan, mulai dari bahan makanan hingga produk perawatan dan kebersihan.

Larutan asam yang mengandung ion hidrogen dapat ditemui dalam buah-buahan, minuman, dan bahkan dalam baterai elektronik. Sementara larutan basa yang mengandung ion hidroksida dapat ditemui dalam produk pembersih, obat antasida, dan bahan-bahan kecantikan.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar