Cara Kalibrasi pH Meter Menggunakan Larutan Buffer

Meidi Yuwono

Kalibrasi pH meter adalah langkah penting untuk menjaga akurasi pengukuran saat melakukan pengujian di laboratorium. Salah satu cara kalibrasi ph meter dapat kita lakukan dengan bantuan larutan buffer.

Larutan buffer merupakan larutan kimia yang dibuat khusus untuk kalibrasi pH meter karena sifatnya yang stabil dan akurat.

Lalu mengapa pH meter perlu untuk dilakukan kalibrasi menggunakan larutan buffer? Berikut ini ulasannya!

Apa Itu pH Meter?

Ilustrasi Gambar pH meter

pH meter adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan dari suatu larutan. Biasanya pH meter sering digunakan dalam berbagai bidang, seperti laboratorium kimia, laboratorium pangan, laboratorium pertanian dan bidang lain yang memerlukan pengukuran pH.

Pengukuran pH menjadi sangat penting, karena pH merupakan parameter kunci dalam mengontrol dan memahami sifat-sifat kimia dan biologis dari larutan.

Kenapa pH Meter Perlu Dikalibrasi?

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, jika kalibrasi pH meter merupakan langkah yang sangat penting untuk memahami sifat fisik kimia dan biologis dari larutan sampel.

Selain itu juga kalibrasi pH meter perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pH meter memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Ada beberapa alasan mengapa kalibrasi pH meter diperlukan sebelum digunakan, antara lain:

  1. Perubahan kondisi alat: Penggunaan pH meter yang berulang dapat memengaruhi kinerja alat seiring waktu. Pemakaian yang intensif atau pengaruh lingkungan tertentu dapat menyebabkan perubahan sensor pH.
  2. Perubahan elektroda: Elektroda pH, bagian utama dalam pH meter, dapat mengalami degradasi seiring waktu. Kalibrasi membantu memperbaiki ketidakstabilan ini.
  3. Penggunaan di berbagai larutan: pH meter sering digunakan di berbagai larutan dengan pH yang berbeda. Kalibrasi memastikan bahwa alat ini dapat memberikan hasil yang akurat untuk setiap jenis larutan.

Apa Itu Larutan Buffer?

Larutan buffer adalah larutan yang memiliki pH yang stabil dan diketahui dengan baik. Larutan ini digunakan sebagai referensi saat mengkalibrasi pH meter.

Biasanya larutan bufer yang digunakan untuk proses kalibrasi adalah larutan buffer asam, netral dan basa. Pada kondisi asam larutan buffer akan berada pada rentang pH 4, pada kondisi netral larutan buffer akan berada pada rentang pH 7, sedangkan pada kondisi basa larutan buffer akan berada pada rentang pH 10.

Dengan menggunakan ketiga jenis pH larutan buffer ini, maka kita dapat memastikan bahwa pH meter telah dikalibrasi dengan benar untuk memberikan hasil yang akurat.

Cara Membuat Larutan Buffer

Membuat larutan buffer melibatkan pemilihan asam lemah dan basa lemah yang tepat serta perhitungan cermat untuk mencapai pH yang diinginkan. Berikut ini adalah langkah-langkah umum untuk membuat larutan buffer:

Bahan yang Digunakan:

  • Asam lemah (misalnya, asam asetat) atau basa lemah (misalnya, natrium hidroksida).
  • Air akuades (deionized water).
  • Gelas ukur atau labu ukur.
  • pH meter atau kertas indikator pH.

Langkah-langkah Membuat Larutan Buffer:

  1. Pertama adalah menentukan pH target larutan buffer yang ingin dibuat. Sebagai contoh, mari kita buat larutan buffer asetat dengan pH 4.75.
  2. Selanjutnya pilih asam lemah dan basa lemah yang ingin digunakan. Karena kita ingin membuat larutan buffer asam asetat jadi mari kita gunakan asam asetat (CH3COOH).
  3. Kemudian hitung jumlah asam yang diperlukan untuk membuat larutan buffer dalam volume tertentu. Gunakan persamaan Henderson-Hasselbalch untuk menghitung jumlah asam lemah (HA) dan basa lemah (A-) yang diperlukan untuk mencapai pH yang diinginkan.
  4. Campurkan asam asetat dengan akudes menggunakan air akuades pada labu ukur yang digunakan dan aduk hingga homogen. Pastikan untuk memeriksa pH larutan dengan pH meter atau kertas indikator pH, dan sesuaikan jika perlu dengan menambahkan lebih banyak asam.
  5. Langkah terakhir adalah kalibrasi menggunakan larutan buffer yang telah dibuat.

Cara Kalibrasi pH Meter Menggunakan Larutan Buffer

Cara Kalibrasi pH Meter

Setelah larutan buffer sudah kita buat, selanjutnya adalah kalibrasi pH meter menggunakan larutan buffer. Berikut ini adalah langkah-lagkahnya:

  1. Pertama siapkan larutan buffer dan tuangkan pada gelas beaker.
  2. Kemudian nolkan pH meter dan pastikan pH meter dalam kondisi bersih dan kering.
  3. Selanjutnya masukkan elektroda pH ke dalam larutan buffer. Biasanya larutan buffer yang digunakan memiliki pH 7, pH 4 dan pH 10.
  4. Selanjutnya atur pH meter hingga membaca pH larutan buffer yang digunakan secara akurat.
  5. pH meter yang sudah dikalibrasi sudah siap untuk digunakan untuk pengukuran sampel.

Setelah proses kalibrasi selesai, kita dapat menyimpan larutan buffer dalam lemari penyimpanan untuk digunakan pada proses kalibrasi pH meter selanjutnya.

Kesimpulan

Kalibrasi pH meter menggunakan larutan buffer sangatlah penting untuk memastikan keakuratan pengukuran pH pada sampel. Larutan buffer digunakan sebagai referensi untuk menjaga kualitas dan keakuratan hasil pengukuran.

Dengan melakukan kalibrasi pH meter secara berkala, kita dapat memastikan bahwa pH meter tetap memberikan hasil yang andal dalam berbagai pengukuran di laboratorium.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar