Cara Alami Menghilangkan Zat Kapur Dalam Air – Air yang mengandung zat kapur dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Zat kapur dalam air dapat membuat rambut dan kulit kering, mengurangi efektivitas sabun dan deterjen, dan menimbulkan kerak pada peralatan rumah tangga. Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan zat kapur dalam air sebelum kita gunakan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai cara alami untuk menghilangkan zat kapur dalam air. Namun sebelumnya kita harus mengetahui apa itu zat kapur dan bagaimana cara kerjanya ketika di dalam air.

Apa itu Zat Kapur dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara Alami Menghilangkan Zat Kapur Dalam Air

Zat kapur adalah senyawa mineral yang terdiri dari kalsium dan karbonat. Zat ini biasanya ditemukan dalam sumber air bawah tanah dan dapat mengendap pada permukaan peralatan rumah tangga atau perpipaan air.

Saat air mengalir melalui saluran perpipaan, zat kapur dapat menempel pada permukaan pipa dan membentuk kerak kapur. Kerak kapur ini dapat menurunkan tekanan air, mempercepat keausan perpipaan, dan menyebabkan masalah dengan peralatan rumah tangga seperti mesin cuci atau pemanas air.

5 Cara Alami Menghilangkan Zat Kapur dalam Air

1. Gunakan Cuka

Cuka putih mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan kapur. Campurkan setengah cangkir cuka putih dengan setengah galon air dan gunakan campuran ini untuk membilas peralatan rumah tangga atau mandi. Untuk membersihkan kerak kapur pada permukaan, celupkan kain bersih ke dalam cuka dan gosokkan pada area yang terkena kapur.

2. Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Buah-buahan yang mengandung asam sitrat seperti lemon dan jeruk nipis juga dapat membantu menghilangkan kapur. Caranya dengan mengiris lemon atau jeruk nipis dan gosokkan pada permukaan yang terkena kapur. Kemudian diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Gunakan Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang dapat membersihkan dan menghilangkan kapur pada permukaan. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan setengah liter air. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk membersihkan kerak kapur pada permukaan peralatan rumah tangga atau kamar mandi.

4. Gunakan Air Kangen

Air Kangen adalah air alkali yang telah melalui proses ionisasi. Proses ionisasi pada air diklaim dapat membantu menghilangkan kapur dalam air dan meningkatkan kesehatan tubuh. Air Kangen juga memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan berbagai serangan penyakit.

5. Gunakan Filter Air

Filter air adalah alat yang dapat membantu menghilangkan zat kapur dalam air. Filter air bekerja dengan cara menahan partikel-partikel yang terdapat dalam air yang mengandung kapur dan mineral lainnya.

Dalam penggunaannya, filter air umumnya terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda, seperti pasir, karbon aktif, dan resin, yang mampu menangkap berbagai jenis partikel dalam air. Umumnya filter air tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran, dan dapat dipasang pada pipa air atau pada keran air.

Kesimpulan

Ada berbagai cara alami untuk menghilangkan zat kapur dalam air, termasuk menggunakan cuka, lemon atau jeruk nipis, baking soda, air Kangen, dan filter air. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga penting untuk memilih metode yang paling sesuai. Sehingga zat kapur dalam air bisa hilang dengan baik dan menjadikannya menjadi lebih sehat.