Botol Semprot Laboratorium dan Fungsinya

Meidi Yuwono

Botol semprot merupakan salah satu alat penunjang di laboratorium. Botol ini memiliki kegunaan yang sangat banyak dalam membantu proses pengujian dan analisa di laboratorium karena penggunaannya yang masif. Oleh karena itu kita harus mengetahui fungsi dari botol yang satu ini!

Botol Semprot Laboratorium?

Gambar Botol Semprot Laboratorium
Gambar Botol Semprot Laboratorium

Botol semprot memiliki bentuk layaknya botol biasa yang sering kita lihat. Hanya saja tutup dari botol ini memiliki selang yang digunakan untuk meneluarkan cairan dari dalam dalam.

seperti alat lab lainnya, ukuran botol semprot juga cukup beragam. Mulai dari ukuran kecil, sedang dan besar. Botol semprot biasanya terbuat dari bahan plastik yang sangat elastis atau mudah untuk ditekan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan penggunanya dalam mengeluarkan cairan yang ada di dalam botol.

Kegunaan Botol Semprot Laboratorium

Sebagai salah satu peralatan laboratorium yang sederhana, nyatanya botol semprot memiliki fungsi yang sangat membantu. Salah satu fungsi botol semprot adalah sebagai wadah akuades, yaitu air penyulingan yang bebas dari zat pengotor.

Saat akuades berada di botol semprot maka proses pengenceran dan pembersihan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kamu bisa bayangkan jika pengenceran larutan tidak dilakukan dengan botol semprot. Bisa-bisa akuades akan tumpah dan berceceran di meja laboratorium Kamu.

Perlu di ingat jika botol semprot terbuat dari bahan plastik yang elastis. Artinya botol ini mudah bereaksi dengan bahan kimia. Oleh karena itu botol ini sebaiknya hanya digunakan untuk menyimpan air suling akuades saja.

Cara Menggunakan Botol Semprot Laboratorium

Menggunakan Botol semprot sangat mudah dan sederhana. Kita hanya perlu mengisinya dengan air akuades saja. Namun sebelum di isi dengan air akuades pastikan botol dalam keadaan yang bersih dari kontaminasi apapun. Ini perlu dilakukan agar hasil pengujian tidak mengalami kegagalan yang diakibatkan oleh zat pengotor.

Kamu bisa membuka tutup botol semprot dengan memutarnya dan isi botol dengan akuades hingga penuh. Kemudian tutup kembali botol semprot dengan rapat agar tidak bocor. Botol semprot telah siap digunakan. Lihat cara peggunaan botol semprot pada video di bawah ini :

Kesimpulan

Dari uraian singkat di atas bisa kita tarik kesimpulan bersama jika botol semprot adalah alat laboratorium sederhana yang berfungsi sebagai tempat air suling akuades. Botol ini biasa digunakan dalam proses pengenceran dan pembersihan alat laboratorium lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai botol semprot laboratorium dan fungsinya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar