Blogkimia – Banyaknya peralatan laboratorium membuat kita harus mempelajari fungsi dan cara penggunaannya. Biasanya laboratorium lebih di dominasi oleh peralatan gelas, misalnya seperti batang pengaduk kaca.

Walaupun batang pengaduk ini terlihat sederhana, namun keberadaan alat ini nyatanya sangat membantu kita dalam pengujian di laboratorium. Oleh karena itu hari ini kita akan belajar tentang batang pengaduk kaca dan fungsinya di laboratorium.

Pengertian Batang Pengaduk

Gambar Pengaduk Kaca

Gambar Pengaduk Kaca

Batang pengaduk adalah alat laboratorium non volumetrik yang terbuat dari kaca. Sama seperti peralatan gelas lainnya, batang pengaduk terbuat dari kaca borosilikat yang tidak bereaksi dengan zat kimia di laboratorium.

Bentuk alat ini seperti batangan kaca yang hampir mirip seperti sedotan minuman. Biasanya ukuran batang pengaduk memiliki panjang 15 cm dengan diameter 7 mm dan disertai dengan salah satu ujungnya yang pipih.

Fungsi Batang Pengaduk Kaca

Sesuai dengan namanya, fungsi batang pengaduk kaca adalah untuk mengaduk suatu campuran zat kimia baik itu padatan atau cairan agar dapat tercampur secara merata.

Lebih lengkapnya, berikut ini adalah fungsi pengaduk kaca di laboratorium:

  1. Digunakan untuk mencampur larutan kimia, baik itu larutan pekat ataupun larutan tidak pekat.
  2. Dapat digunakan untuk proses dekantasi larutan kimia.
  3. Dapat digunakan unutuk menginduksi kristal dalam pengujian rekristalisasi.
  4. Dapat membantu memecahkan emulsi yang terjadi pada saat proses ekstraksi.

Cara Menggunakan Batang Pengaduk

Cara Menggunakan Pengaduk Kaca

Cara Menggunakan Pengaduk Kaca

Meskipun alat ini bukanlah alat yang memiliki skala ukur, namun penggunaanya juga harus diperhatikan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pengujian maka kita harus menggunakannya secara benar.

Berikut cara menggunakan batang pengaduk yang benar:

  1. Siapkan bahan kimia yang ingin dilarutkan dalam suatu wadah, biasanya wadah yang digunakan adalah gelas beaker.
  2. Campurkan kedua bahan kimia ke dalam gelas beaker.
  3. Larutkan atau homogenkan larutan dengan mengaduk campuran menggunakan batang pengaduk.
  4. Selesai, Cuci batang pengaduk dengan akuades jika sudah tidak digunakan lagi.
[alert-note]PENTING: Tidak disarankan mengaduk larutan dengan batang pengaduk dengan sangat kuat dan kasar karena dapat membuat percikan atau batang pengaduk mengalami patah.[/alert-note]

Harga Pengaduk Kaca

Harga dari batang pengaduk cukup bervariasi dan terbilang cukup murah. Harga biasanya ditentukan oleh ukuran dari kaca pengaduk ini. Umumnya harga yang sering di jumpai di pasar online berkisar Rp, 5000 hinga Rp. 10.000 saja. Kalian bisa mencarinya di toko online atau offline kepercayaan Anda, atau bisa klik Disini!

Kesimpulan

Dari tulisan yang sudah kita baca diatas bisa ditarik kesimpulan, diantaranya:

  1. Batang pengaduk adalah salah satu alat gelas laboratorium yang digunakan untuk keperluan pengujian lab guna membantu proses pencampuran zat kimia dengan cairan
  2. Cara menggunakan batang pengaduk tidak boleh secara kuat dan kasar agar larutan tidak terpercik keluar atau batang pengaduk mengalami patah.

Itulah ulasan mengenai batang pengaduk kaca dan fungsinya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi mengenai batang pengaduk dan fungsinya sebagai salah satu alat laboratorium.