5 Contoh Basa Lemah dan Persamaan Reaksinya

Meidi Yuwono

Apakah kamu pernah mendengar istilah asam dan basa dalam ilmu kimia? Tentu kamu sudah mempelajari istilah tersebut saat belajar di bangku SMP atau bahkan di SMA.

Nah taukah kamu jika keduanya dapat dikelompokan menjadi 2, yaitu lemah dan kuat. Namun fokus kita kali akan hanya pada salah satunya, yaitu basa lemah dan contohnya.

Apa itu Basa Lemah?

Basa lemah adalah senyawa yang ketika terlarut dalam air dapat menghasilkan sejumlah kecil ion hidroksida (OH) dalam larutan.

Penting untuk diingat bahwa basa lemah tidak menghasilkan ion hidroksida sepenuhnya seperti basa kuat. Sebaliknya, basa lemah hanya sebagian kecil dari molekulnya yang berdisosiasi menjadi ion hidroksida.

Contohnya amonia (NH3) dapat dianggap sebagai basa lemah karena ketika larut dalam air memberikan ion hidroksida dalam jumlah terbatas. Contoh lainnya dari basa lemah bisa kamu lihat di bawah ini!

5 Contoh Basa Lemah dan Persamaan Reaksinya

Berikut adalah contoh-contoh basa lemah:

  1. Amonia (NH3): Amonia merupakan gas yang dapat larut dalam air membentuk larutan basa lemah. Persamaan reaksinya adalah NH3 + H2O ⇌ NH4+ + OH.
  2. Anilina (C6H5NH2): Anilina adalah senyawa organik yang memiliki sifat basa lemah. Dalam larutan air anilina dapat menerima proton dari air dan menghasilkan ion hidroksida (OH). Persamaan reaksinya adalah C6​H5​NH2​ + H2​O ⇌ C6​H5​NH3+​ + OH.
  3. Asam asetat (CH3COOH): Meskipun asam asetat termasuk asam lemah, namun dalam larutan air dapat menunjukkan sifat basa lemah karena dapat menerima proton dari air, sehingga membentuk ion asetat (CH3COO-) dan ion hidroksida (OH). Persamaan reaksinya adalah CH3​COOH + H2​O ⇌ CH3​COO + H3​O+.
  4. Fenol (C6H5OH): Fenol adalah senyawa organik yang dapat menunjukkan sifat basa lemah. Dalam larutan air fenol dapat menerima proton dari air dan menghasilkan ion hidroksida (OH). Persamaan reaksinya adalah C6​H5​OH + H2​O ⇌ C6​H5​O + H3​O+.
  5. Karbonat (CO32-): Ion karbonat juga dapat dianggap sebagai basa lemah. Dalam larutan air ion karbonat dapat menerima proton, membentuk ion hidrogen karbonat (HCO3) dan ion hidroksida (OH). Persamaan reaksinya adalah CO32−​+H2​O ⇌ HCO3​+OH.

Itulah 5 contoh basa lemah beserta reaksinya yang bisa kamu ketahui sekaang. Dalam reaksi ini, masing-masing basa lemah memberikan kontribusi ion hidroksida (OH) ke dalam larutan saat berinteraksi dengan air.

Bagikan:

Related Post

Tinggalkan komentar